Cara Menyembuhkan Vitiligo Secara Medis

Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan hilangnya pigmen pada kulit seseorang. Gejalanya adalah munculnya bercak putih pada kulit yang dapat menyebar. Walaupun bercak-bercak tersebut dapat menyebar, namun penyakit ini tidaklah menular bagi orang lain. Vitiligo bukanlah penyakit berbahaya, namun banyak yang ingin mengobatinya karena mengganggu penampilan. Berikut adalah cara menyembuhkan vitiligo.

Cara Menyembuhkan Vitiligo

Untuk memastikan penyakit vitiligo, dokter perlu melakukan tes sinar ultraviolet pada kulit pasien untuk melihat bercak vitiligo dengan jelas. Pasien juga harus melakukan tes darah untuk memeriksa apakah ada penyakit autoimun yang dimiliki. Setelah vitiligo terkonfirmasi dokter akan melakukan beberapa jenis pengobatan sesuai kondisi pasien seperti pengobatan dengan:

Read More

1. Dengan Obat Oles

Untuk vitiligo yang masih dalam tahap awal dan tidak terlalu parah, penggunaan obat oles biasanya akan diresepkan. Ada beberapa krim oles untuk menyembuhkan vitiligo yang dapat diberikan pada penderita vitiligo tahap awal :

Baca Juga : Manfaat Undur Undur Untuk Kesehatan Yang Jarang Disadari

Krim Kortikosteroid

Krim oles ini diberikan kepada pasien penderita vitiligo yang masih belum meluas dan belum menyebar pada wajah. Dengan menggunakan krim ini berguna untuk mengembalikan pigmen pada kulit yang terserang. Beberapa krim yang akan diberikan adalah krim betametason dan hydrocortisone.

Lotion Hydroquinone

Vitiligo yang sudah menyebar luar, dokter akan meresepkan lotion yang mengandung hydroquinone. Lotion ini dioleskan pada kulit pasien yang tidak terserang vitiligo untuk menyamakan warna kulitnya dengan warna vitiligo.

Beberapa apotek memperbolehkan konsumennya untuk membeli obat-obat oles tersebut tanpa resep. Namun demi hasil yang maksimal, penderita vitiligo dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

2. Fototerapi

Fototerapi adalah cara menyembuhkan vitiligo untuk bercak yang sudah menyebar dan kebal terhadap obat oles yang diberikan sebelumnya. Terapi ini dilakukan selama 6 hingga 12 bulan dengan intensitas hingga 3 kali dalam sepekan. Terapi ini dilakukan dengan memaparkan sinar pada kulit vitiligo.

Selain harganya yang tinggi, terapi ini juga membutuhkan kesehatan imunitas pasien dikarenakan prosesnya yang intens. Obat-obatan pendukung dibutuhkan pula untuk membantu efektifitas terapi ini dan mempertahankan daya tahan tubuh. Obat-obatan tersebut diantaranya adalah asam folat, vitamin c dan B12.

3. Operasi Bedah

Selanjutnya, cara mengobati vitiligo adalah dengan melakukan operasi bedah. Ada beberapa macam operasi bedah yang bisa dilakukan, diantaranya:

Operasi Cangkok Kulit

Tahapan terakhir dalam cara menyembuhkan vitiligo sementara ini adalah prosedur bedah. Metode ini akan dilakukan apabila metode sebelumnya tidak berhasil dan hanya pada kasus tertentu saja.

Baca Juga : 5 Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Operasi cangkok kulit adalah operasi untuk menutupi kulit yang terkena vitiligo dengan kulit sehat dari bagian tubuh lainnya. Dalam prakteknya dokter akan mengambil sel kulit campuran dari kulit sehat pasien yang mampu menghasilkan pigmen sendiri. Kemudian kulit campuran tersebut diletakkan di atas kulit vitiligo dengan perekat khusus.

Blister Grafting

Blister grafting adalah metode transplantasi epidermis dimana dokter akan mengambil sebagian kulit sehat pasien lalu diletakkan pada kulit vitiligo. Namun sebelum dicangkokkan, kulit tersebut akan dilelehkan terlebih dahulu. Prosedur ini dapat dilakukan apabila vitiligo terjadi pada sebagian kecil bagian tubuh dan selama 1 tahun terakhir tidak ada penyebaran.

Mikropigmentasi

Mikropigmentasi adalah operasi kulit dimana dokter akan menanamkan pigmen pada kulit yang terserang vitiligo. Proses operasi ini tergolong operasi perawatan tidak langsung sehingga proses operasi dan penyembuhan umumnya tidak akan lama. Namun sayangnya metode ini harus diulang setiap beberapa tahun sekali untuk mempertahankan pigmen kulit penderita vitiligo.

Setelah operasi berhasil dilakukan dan proses pemulihan telah berakhir, pasien diminta untuk secara disiplin merawat kulit bekas operasi. Hal itu karena tidak dapat dipastikan hasil operasi tersebut akan permanen. Untuk mengurangi kemungkinan kembalinya vitiligo pasien dianjurkan untuk memakai sunscreen, menggunakan pelembab dan mengurangi paparan sinar mata hari.

 

Related posts