5 Cara Memperbaiki Hp Lemot Dengan Mudah

Hp yang mengalami masalah lemot dan sulit digunakan akan sangat mengganggu dalam penggunaan Hp sehari-hari. Maka dari itu perlu diketahui cara memperbaiki Hp lemot agar menjadi nyaman ketika digunakan. Sehingga pengguna tidak akan terganggu lagi dengan Hp yang lemot.

Saat ini Hp sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan layanan yang sangat berguna. Hal inilah yang membuat Hp menjadi barang yang sangat penting untuk digunakan sehari-hari, untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki Hp lemot simak langkahnya berikut :

Read More

1. Gunakan Aplikasi Penghapus Cache Dan Bersihkan Memori Internal Hp

Salah satu hal yang sering menjadi penyebab pada Hp lemot biasanya karena memori Hp yang terlalu penuh atau cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan. Cara mengatasi hal tersebut sangatlah mudah pengguna Hp hanya perlu menginstal aplikasi penghapus cache atau menghapus secara manual cache melalui setting aplikasi.

Selain membersihkan cache pengguna Hp juga harus membersihkan memori yang terdapat pada Hp. Karena memori inilah yang biasanya terlalu banyak menyimpan foto video juga akan membuat Hp menjadi lemot. Hapuslah file-file yang sudah lama atau yang sudah tidak digunakan melalui file manager atau galeri. Jika merasa sayang untuk menghapus file foto dan video cobalah untuk melakukan backup terlebih dahulu pada flashdisk kemudian hapus file aslinya pada Hp.

Baca Juga : Cara Mengatur Aplikasi Yang Terbuka Otomatis Saat Startup Windows 10

2. Update Software

Hp android sendiri memiliki kebutuhan untuk update setiap bulannya. Hal ini karena operasi sistem yang terdapat pada Hp selalu mengalami proses pemutakhiran dan upgrade untuk menghindari terjadinya bug dan masalah-masalah lainnya pada Hp.

Namun terkadang pengguna Hp lebih memilih untuk tidak melakukan update karena merasa akan menambah berat pada memori. Padahal sebenarnya update software ini akan mengurangi beban pada memori karena sudah dimutakhirkan fitur-fiturnya.

3. Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal biasanya juga menjadi penyebab Hp menjadi sangat lelet, segera hapus dan seleksi aplikasi-aplikasi mana yang memang jarang digunakan. Simpan saja aplikasi yang memang sangat penting untuk digunakan apalagi jika mempunyai Hp yang RAM-nya kecil.

Selain menghapus aplikasi yang jarang dipakai, menonaktifkan aplikasi bawaan Hp juga bisa menjadi alternatif cara memperbaiki Hp agar tidak lemot. Terkadang ada aplikasi yang tidak bisa dihapus namun jarang digunakan, aplikasi tersebut bisa dinonaktifkan untuk memberikan ruang lebih pada Hp.

4. Restart Hp

Cara memperbaiki Hp lemot yang selanjutnya adalah dengan melakukan restart Hp secara berkala, biasanya hal ini bisa menjadi alternatif jika HP mengalami lemot. Dengan melakukan restart, HP akan merefresh kembali sistem dan membuat Hp kembali normal dan tidak lemot.

Biasanya untuk beberapa Hp cara ini bisa memperbaiki kondisi Hp yang lemot karena terlalu banyak digunakan. Apalagi jika mempunyai Hp dengan RAM kecil, disarankan untuk selalu merestart Hp jika mengalami gangguan seperti lag atau ketika Hp terasa panas.

Baca Juga : 7 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi yang Wajib Diketahui

5. Reset Hp

Ini menjadi cara yang terakhir dan cara yang paling mutakhir diantara cara-cara sebelumnya. Karena dengan melakukan reset maka Hp akan kembali ke pengaturan awal dan semua cache, semua data yang membebani HP akan terhapus. Membuat Hp menjadi terasa seperti baru dan tidak akan lemot ketika digunakan.

Reset Hp menjadi cara yang paling mutakhir untuk mengatasi berbagai macam masalah pada Hp, khususnya cara memperbaiki Hp lemot. Disarankan jika tidak ingin mendapatkan Hp yang lemot maka sebaiknya memilih Hp dengan RAM yang besar dengan kapasitas penyimpanan minimal 32GB.

 

Related posts