7 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi yang Wajib Diketahui

Keyboard menjadi salah satu hardware yang bekerja keras setiap harinya. Oleh karena itu, tak jarang keyboard akan mengalami penurunan fungsi bahkan kerusakan. Ada beberapa penyebab keyboard tidak berfungsi yang bisa di cek sendiri tanpa bantuan teknisi. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Papan Keyboard Kotor

Penyebab keyboard tidak berfungsi paling umum adalah kemungkinan tombol keyboard terhalang debu. Keyboard memiliki sela-sela yang memungkinkan masuknya debu hingga hewan kecil. Bisa jadi keyboard saat ditekan tidak berfungsi karena terhalang debu yang menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan pada setiap bagian keyboard.

Read More

Tidak hanya debu, keyboard yang kotor juga bersumber dari cairan yang tidak sengaja tertumpah ke atas keyboard. Dibanding debu, cairan lebih cepat meresap dan bisa membuat keyboard tidak berfungsi. Selain itu, jika kemasukan cairan, keyboard bisa menjadi lembab dan tombolnya tidak bisa memantul kembali ke atas.

2. Kerusakan pada Driver

Selain keyboard kotor, penyebab lain keyboard tidak berfungsi yakni driver keyboard mengalami gangguan. Hal ini kebanyakan terjadi pada keyboard yang masa usianya sudah lama. Semakin sering digunakan, maka keyboard semakin sering terjadi gangguan pada driver.

Baca Juga : Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah Tanpa Ribet

Gangguan pada keyboard juga bisa jadi adanya software pihak ketiga yang diinstal dan mengandung virus di dalamnya. Software pihak ketiga tersebut yang mengganggu kinerja driver keyboard. Hal ini mengakibatkan keyboard menurun fungsinya bahkan tidak merespon saat ditekan.

3. Gangguan Pada Baterai

Meski ini adalah gangguan pada keyboard, tetapi biasa jadi penyebabnya adalah pada baterai laptop. Pengaruhnya adalah ketika baterai dalam keadaan panas yang bisa berdampak buruk pada keyboard karena kerja keyboard juga bersumber dari baterai. Dampaknya jika baterai laptop panas bisa membuat kinerja keyboard menurun bahkan tidak merespon saat ditekan.

4. Sistem Windows Belum Di Update

Windows menjadi pusat bekerjanya seluruh perintah dalam laptop termasuk pada keyboard. Ketika keyboard mengalami error atau tidak berfungsi bisa jadi ada masalah pada sistem Windows. Sistem Windows yang selalu mengalami perkembangan membuatnya perlu dilakukan update. Jadi mungkin ketika keyboard tidak berfungsi bisa dilakukan pengecekan pada Windows apakah sudah dilakukan update.

5. Sambungan Keyboard Bermasalah

Penyebab keyboard tidak berfungsi bisa juga disebabkan karena salah satu kabel atau komponen penghubung laptop terjadi masalah. Masalah ini bisa diketahui dengan membongkar body keyboard. Jika terdapat salah satu komponen yang tidak terhubung dengan baik. Maka bisa jadi ini salah satu penyebab keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik.

6. Laptop Hang

Sedang mengetik sekian banyak pekerjaan dan tiba-tiba laptop berhenti berfungsi. Ini biasanya disebabkan laptop dalam kondisi hang. Laptop hang disebabkan karena banyak program yang berjalan bersamaan dan processor laptop tidak bisa merespon. Jika hal ini terjadi, tidak hanya program berjalan yang berhenti merespon tetapi laptop juga seketika tidak bisa berfungsi.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Flyer di HP Menggunakan Canva dengan Mudah

7. Keyboard dan Laptop Sudah Berumur

Penyebab keyboard tidak berfungsi yang terakhir yakni karena laptop dan keyboard sudah berumur. Tidak hanya laptop, semua elektronik yang berumur juga akan menurun fungsinya. Oleh sebab itu, laptop yang sudah berumur membuat beberapa fungsinya menurun termasuk pada keyboard. Hal ini bisa menjadi alarm untuk mengganti keyboard baru.

Itulah tujuh penyebab keyboard tidak berfungsi yang banyak ditemui sehari-hari. Jika sudah tau penyebabnya maka bisa dilanjutkan untuk penanganan servis lebih lanjut. Penanganan servis yang dibutuhkan tentunya bisa lebih sesuai dengan penyebabnya.

 

Related posts