Aplikasi Perekam Layar Terbaik Untuk PC dan HP

Fitur perekam layar biasanya digunakan oleh orang untuk keperluan live streaming, konten YouTube, presentasi, dan lain-lain. Fitur ini menjadi salah satu fitur yang dicari-cari orang generasi sekarang ini. Saat ini sudah terdapat banyak aplikasi perekam layar yang dapat pengguna gunakan di berbagai jenis perangkat. Aplikasi perekam layar terbaik bisa diunduh sesuai dengan device masing-masing pengguna.

Namun, tidak semua aplikasi perekam layar memiliki fitur-fitur yang lengkap dan memadai. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dikarenakan itu, pengguna harus pandai-pandai mencari aplikasi yang cocok agar dapat menunjang kegiatan pengguna nantinya. Untuk itu, inilah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik yang tersedia untuk perangkat HP ataupun PC.

Bacaan Lainnya

Aplikasi Perekam Layar PC

Untuk perangkat PC biasanya digunakan saat ingin merekam kegiatan Zoom meeting, live streaming, dan saat bermain game. Fitur yang tersedia juga menyesuaikan dengan kebutuhan PC. Aplikasi perekam layar pada PC ada yang gratis dan berbayar, dengan keunggulannya masing-masing. Di bawah ini beberapa rekomendasinya:

1. HitPaw Screen Recorder

Aplikasi HitPaw Screen Recorder ini merupakan aplikasi perekam layar untuk PC yang memiliki interface atau antarmuka yang sederhana dan mudah untuk digunakan pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan adanya berbagai fitur unik yang sangat menarik untuk digunakan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Perekam Layar dan Suara untuk Pengguna Smartphone iOS

Salah satu fitur unggulannya yaitu pengguna dapat mengatur resolusi sesuai keinginan. Aplikasi ini tersedia gratis dengan watermark, pengguna dapat menghilangkannya dengan membayar biaya langganan.

2. VideoProc

Jika pengguna mencari aplikasi tanpa batas lama merekam, ini sangat cocok untuk pengguna. Aplikasi perekam layar PC satu ini tidak mempunyai batasan durasi merekam. Aplikasi VideoProc ini tidak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi, sehingga dapat digunakan di berbagai jenis PC. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu kualitas perekamannya yang stabil dan bagus.

3. Bandicam

Aplikasi perekam layar Bandicam ini hanya tersedia untuk pengguna device OS Windows. Walaupun begitu, fitur yang diberikan tidak kalah bagus dari aplikasi lain. Hasil perekamannya menghasilkan rekaman yang tajam dan jernih.

Salah satu fiturnya yaitu pengguna dapat memilih jenis format yang akan disimpan. Fitur unggulan lainnya yaitu pengguna dapat menggambar pada video saat perekaman berjalan. Cukup membantu segala aktivitas, bukan?

Baca Juga: Cara Merekam Layar Laptop, Mudah dan Praktis!

Aplikasi Perekam Layar HP

Untuk aplikasi perekam layar perangkat HP mempunyai ukuran yang lebih kecil dan fiturnya yang lebih mudah digunakan. Seperti halnya di perangkat PC, aplikasi perekam layar pada HP ada yang gratis dan berbayar. Namun masih banyak aplikasi yang kurang bagus dan banyak bug. Oleh karena itu, berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

1. Xrecorder

Aplikasi ini selain merekam video juga dapat merekam suara dengan hasil yang bagus. Pengguna dapat langsung membagikan hasil rekaman ke berbagai media sosial. Banyak fitur unggulan yang tersedia, pengguna dapat merekam tanpa batasan waktu.

Selain itu, aplikasi yang tersedia gratis ini tidak ada watermark untuk semua pengguna. Tampilan interface yang sederhana memudahkan dalam penggunaannya. Bahkan bagi para pemula pun bisa mengoperasikannya.

2. Mobizen

Pernah memenangkan penghargaan Aplikasi Terbaik 2016, tentunya aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Terdapat fitur facecam yang memungkinkan pengguna dapat merekam layar dan wajah bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki fitur editing untuk hasil rekaman yang lebih bagus. Pengguna juga dapat membuat watermark versi buatan sendiri sesuai dengan keinginan guna mencegah rekaman dicuri orang lain.

3. AZ Screen Recorder

Aplikasi perekam layar terbaik untuk HP lainnya yaitu AZ Screen Recorder. Aplikasi ini terbilang lebih ringan daripada aplikasi sejenis lainnya. Tampilan interface nya sederhana dan dapat dikustomisasi sesuai dengan selera pengguna.

Baca Juga: Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Terlengkap!

Pemakaiannya ringan, sehingga cocok dipakai di berbagai perangkat dan kalangan. Selain itu, aplikasi ini bebas dari watermark, membuat hasil rekaman terlihat lebih profesional. Tertarik mencobanya?

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk pengguna perangkat PC dan HP. Dengan fitur dan berbagai keunggulan yang tersedia, pengguna dapat menyesuaikan dengan perangkat dan kebutuhan masing-masing. Jika sudah menemukan aplikasi yang cocok, pengguna dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan atau aktivitas yang ingin dijalankan, sekaligus sebagai penunjang kegiatan pengguna tersebut.

Pos terkait