Tempat Wisata di Kebumen Pantai yang Paling Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Kebumen Pantai yang Paling Wajib Dikunjungi!

Berada di sisi selatan Pulau Jawa, ada banyak pantai yang dijadikan tempat wisata di Kebumen. Mayoritas pantai di Kebumen memiliki karakteristik berombak besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, mayoritas pantai memiliki karakter geografis batuan berkarang.

Keindahan pantai-pantai yang ada pun tak kalah dari di garis selatan Jawa lainnya. Bahkan bisa disandingkan dengan indahnya pantai eksotis lainnya. Yang lebih menariknya, mayoritas pantai yang ada di Kabupaten Kebumen masih relatif sepi pengunjung. Bagi yang tertarik untuk menilik pantai yang ada, berikut beberapa di antaranya:

1. Pantai Logending/Pantai Ayah

sumber gambar: pinhome.id

Satu tempat wisata di Kebumen yang bisa didatangi bersama keluarga adalah Pantai Logending atau sering disebut juga sebagai Pantai Ayah. Lokasinya ada di Desa Ayah yang berada di kawasan administratif Kecamatan Ayah, jaraknya lebih kurang sekitar 53 Km dari pusat kota. Agar pengunjung bisa masuk ke lokasi wisata ini, per orang dikenai biaya 5 ribu rupiah.

Harga tersebut belum termasuk biaya untuk menikmati atraksi yang ada di lokasi ini, seperti naik kuda dan naik ATV. Untuk naik kuda, dikenai biaya 15 ribu rupiah dan menyewa ATV seharga 25 ribu rupiah per 15 menit.

Selain kedua atraksi tersebut, Pantai Logending juga memiliki pemandangan menakjubkan khas pantai selatan. Pantai berpasir lembut yang sekelilingnya masih dikelilingi oleh pepohonan. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan ini dari perahu wisata yang dikelola oleh warga setempat.

2. Pantai Menganti

sumber gambar: okezone.com

Tak kalah dengan keindahan pantai di garis selatan Pulau Jawa, Pantai Menganti memiliki pesona yang sama. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini memiliki permukaan air yang biru cerah.

Sama seperti Pantai Logending, pantai ini juga masih terletak di Kecamatan Ayah, tepatnya di Desa Karangduwur. Tarif yang dikenakan bagi pengunjung dewasa sebesar 2 ribu rupiah, dan cukup bayar separuhnya untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

3. Pantai Pecaron

sumber gambar: jejakpiknik.com

Kecamatan Ayah di Kabupaten Kebumen memang terkenal memiliki garis pantai yang mempesona. Satu lagi pantai Logending dan Menganti, masih ada Pantai PecaronĀ  yang masih menyimpan keindahan alami. Pantai ini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan dua pantai yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk bisa menikmati suasana layaknya di pantai pribadi yang tersembunyi ini, pengunjung hanya perlu membayar 2.500 rupiah per orang. Harga ini jelas sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan yang nantinya bisa disaksikan di pantai ini.

4. Pantai Karang Agung

sumber gambar: pantainesia.com

Tempat wisata di Kebumen yang satu ini masih segaris pantai dengan Pantai Menganti dan sama-sama terletak di Desa Karangsuwung, Kecamatan Ayah. Seperti sudah digambarkan dari namanya, pantai ini dipenuhi karang-karang besar yang memenuhi pantainya.

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan laut lepas berwarna biru dengan dari ketinggian tebing karang. Di sekeliling pantai juga masih bisa ditemukan pepohonan hijau yang memberikan kesan tenang dan damai. Pengunjung dikenai biaya 5 ribu rupiah untuk bisa masuk yang sudah termasuk ongkos parkir.

5. Pantai Wedi Putih

sumber gambar: pantainesia.com

Jika hanya menilik namanya, pasti dikira pantai ini didominasi oleh pantai pasir. Sayangnya, secara geografis, justru sebaliknya. Pantai Wedi Putih yang juga masih terletak di Kecamatan Ayah ini dipenuhi oleh bebatuan karang besar. Hanya saja, memang pasir yang ada di pantai ini berwarna putih bersih.

Dengan 5 ribu rupiah saja, pengunjung bisa menikmati suasana sepi dan tenang di pantai ini. Akses pantai ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki menuruni tebing karang dari Pantai Karang Agung.

6. Pantai Laguna Puring

sumber gambar: pantainesia.com

Berbeda dari pengertian laguna pada umumnya, Laguna Puring menjadi titik pertemuan antara air tawar dengan air laut. Warga setempat menyebut laguna ini sebagai Kali Gajah, karena bentuknya yang memanjang dan berkelok, menyerupai belalai gajah.

Lokasinya ada di Jl. Lintas Selatan, Tepatnya di Desa Waluyorejo yang masuk wilayah administratif Kecamatan Puring. Pengunjung diminta membayar 3-5 ribu rupiah sebagai biaya masuk. Di dalam kawasan pantai, ada banyak spot foto menarik yang bisa digunakan untuk menghiasi media sosial.

7. Pantai Petanahan

sumber gambar: ksmtour.com

Seperti namanya, tempat wisata di Kebumen ini terletak di Kecamatan Petanahan, tepatnya di Desa Munggu. Pengunjung dikenai tarif sebesar 2 ribu rupiah untuk anak yang belum berusia 5 tahun dan selebihnya dihitung seperti orang dewasa yakni sebesar 3 ribu rupiah.

Tidak seperti mayoritas pantai yang ada di Kecamatan Ayah, di Pantai Petanahan ini pengunjung bisa menikmati suasana pantai lepas. Sepanjang mata memandang, hamparan pasir lembut langsung bertemu dengan birunya air laut. Jadi, relatif lebih aman untuk dikunjungi bersama keluarga bagi yang memiliki anak kecil.

8. Pantai Suwuk

sumber gambar: sikidang.com

Dibandingkan pantai lain yang disebutkan di sini, Pantai Suwuk tergolong yang paling diperhatikan oleh pemerintah setempat. Pasalnya, sarana dan prasarana di pantai ini tergolong lengkap. Bahkan jajaran pohon kelapa yang ada di pantai ini diberi pembatas dan dihias agar tampak rapi dan bersih.

Lokasi pantai unik ini ada di Desa Suwuk, yang masuk di wilayah Kecamatan Puring. Terdapat sebuah pesawat Boeing 737 dari maskapai penerbangan milik negara, Garuda Indonesia, yang sudah tidak beroperasi diletakkan di sini. Badan pesawat tersebut menjadi pelengkap yang menarik minat keluarga untuk datang ke wahana waterboom di pantai ini.

Untuk bisa masuk ke kawasan pantai, pengunjung dewasa harus membayar sebesar 3 ribu rupiah. Sementara untuk pengunjung anak-anak di bawah 5 tahun, hanya dikenai tarif 2 ribu rupiah saja. Bagi anak-anak yang sudah genap 5 tahun atau lebih, maka tarifnya disamakan dengan pengunjung dewasa.

9. Pantai Lampon

sumber gambar: pantainesia.com

Jika ingin menikmati suasana layaknya di pantai pribadi tanpa pengunjung lainnya, coba saja datang ke Pantai Lampon. Pantai kecil ini terletak di Desa Pasir yang masih masuk di wilayah administratif Kecamatan Ayah. per orangnya akan dikenai tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Harga tersebut jelas sangat murah jika dibandingkan dengan ketenangan yang bisa diperoleh di pantai ini. Pasir pantai kecoklatan yang bertemu langsung dengan birunya air laut. Tak hanya itu saja, di sekeliling pantai juga terdapat rimbun pepohonan yang menjadikannya seolah makin tersembunyi.

10. Pantai Bocor

sumber gambar: sikidang.com

Satu lagi lokasi pas untuk dijadikan kunjungan keluarga dengan anak kecil, namanya Pantai Bocor. Lokasi pantai ini ada di Desa Bocor, yang masuk di wilayah Kecamatan Buluspesantren. Untuk bisa memasuki kawasan pantai, pengunjung hanya dikenai biaya sebesar 2 ribu rupiah saja.

Pantai Bocor tergolong ramai pengunjung, karena hamparan pasirnya yang luas dan bisa digunakan anak-anak bermain dan berlarian sepuasnya. Jika datang ke pantai ini, bisa mencoba rempeyek undur-undur yang menjadi ciri khas kulinernya.

Itulah 10 pantai yang menjadi pilihan tempat wisata di Kebumen jika tengah berada di daerah ini. Pilihan pantai yang ada pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah butuh tempat untuk bermain anak atau ingin menyepi mencari lokasi untuk healing, semuanya ada di Kebumen.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata