Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah Tanpa Ribet

Salah satu perangkat keras yang penting dalam Komputer, Laptop maupun handphone adalah RAM. RAM menjadi media penyimpanan yang bersifat sementara dan hanya dapat melakukan tugasnya ketika suatu PC aktif. Cara ngecek RAM laptop juga tidak sulit dilakukan.

RAM ini sangat penting keberadaannya sehingga tidak heran bila pengguna akan mengecek berapa kapasitas RAM yang ada di PC. Pengecekan ini, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kapasitas penyimpanan sementara untuk file-file yang ada. Berikut beberapa yang dapat dilakukan untuk mengecek kapasitas RAM pada laptop :

Read More

1. Lewat Stiker yang Terpasang di Perangkat

Cara ngecek RAM laptop yang dapat dilakukan adalah lewat Stiker. Untuk laptop yang baru dibeli biasanya, jika akan mengecek RAM laptop, dapat dilihat dari stiker yang ditempel pada badan laptop.

Stiker ini merupakan bawaan dari perusahaan laptop. Sering kali, stiker berisi mengenai spesifikasi yang penting pada laptop tersebut, termasuk kapasitas RAM. Stiker biasanya terletak pada bagian kanan atau kiri bagian dalam laptop. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu susah payah untuk mengetahui seberapa kapasitas RAM dari laptop yang dimilikinya.

2. Melalui Dxdiag Tools

Cara selanjutnya untuk mengecek RAM pada laptop adalah melalui dxdiag tools. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengklik Tombol windows dan Huruf R dengan bersama-sama. Kemudian, Tombol windows dan Huruf R dengan bersama-sama. Kemudian, akan terdapat opsi RUN yang kemudian pengguna mengetikkan dxdiag tool yang tersedia pada laman tersebut.

Baca Juga : 7 Penyebab Kenapa Flashdisk tidak Terbaca Ketika Digunakan

Lalu, tekan ok atau bisa juga dengan tekan enter. Terakhir, akan muncul menu DirectX Diagnostic Tool yang akan menampilkan informasi penting tentang laptop termasuk juga kapasitas RAM.

3. Melalui Control Panel pada Windows settings

Cara ngecek RAM laptop juga bisa melalui Control Panel pada Windows settings. Di sana pengguna dapat mengecek RAM dengan beberapa langkah mudah.

Pertama, tekan menu start yang ada pada pojokan layar laptop, pilih Control Panel. Bisa juga melalui pencarian dan ketikkan Control Panel. Kedua, masuk pada system and security. Ketiga atau langkah terakhir yaitu pilih opsi system. Setelah itu laman akan menampilkan kapasitas RAM yang terpasang.

4. Cara mengecek RAM melalui CPU-Z

Untuk mengecek RAM pada laptop bisa juga dengan memanfaatkan CPU Z. CPU Z yaitu sebuah app yang bisa memberitahukan informasi tentang perangkat yang ada di PC atau Ponsel pengguna. Informasi tersebut tidak hanya kapasitas RAM, melainkan ada beberapa hal juga.

Seperti, yang pertama ada system on chip, design, kecepatan dalam mengunci untuk setiap dari inti. Kedua, Informasi dari sistem yang meliputi merek dan model perangkat, RAM dll. Ketiga, ada juga informasi baterai yang didalamnya terdapat level, kapasitas dll dan juga terdapat sensor.

5. Mengecek RAM Laptop pada Command prompt

Terakhir, pengguna dapat menggunakan command prompt untuk cara ngecek RAM laptop. Caranya tidak sulit, langkah awal yang dilakukan adalah tekan tombol Windows dan R secara bersama-sama. Bisa juga dengan menggunakan pencarian lalu ketik menu RUN pada taskbar laptop.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Oppo

Selanjutnya, ketikan CMD pada laman yang tersedia pada menu RUN lalu tekan enter. Kemudian, masuk system info dengan cara mengetikkannya pada kolom CMD. Terakhir, laman akan menampilkan informasi penting laptop termasuk kapasitas RAM.

Itulah tadi beberapa cara ngecek RAM pada laptop. Pilihlah cara yang paling mudah untuk mengetahui kapasitas RAM. Dengan melihat kebutuhan yang sesuai pengguna. Mengecek kapasitas RAM merupakan hal yang penting dilakukan dan diketahui oleh pengguna. Guna mempermudah kinerja laptop dan dapat mencegah memory RAM penuh.

Related posts