Mata Pelajaran Soshum yang Harus Dipelajari

Soshum atau sosial humaniora merupakan sebuah pengelompokan mata pelajaran jika ingin mengambil sebuah jurusan perkuliahan yang masih berhubungan dengan sosial atau IPS. Mata pelajaran tersebut dikelompokan berdasarkan jurusan IPS yang berada di bangku SMA. Jadi, bagi yang ingin kuliah dengan jurusan sosial pasti akan menemui tes dengan mata pelajaran soshum. Berikut ini beberapa mata pelajaran tersebut:

1. Mata Pelajaran Sosiologi

Pelajaran satu ini pasti ada dalam tes soshum, karena ilmu yang dipelajari masih berhubungan dengan ilmu sosial di dalam masyarakat. Pengertian sosiologi sendiri adalah ilmu yang menangkap sebuah fenomena sosial di dalam kehidupan bermasyarakat baik itu cara berpikir atau tingkah laku manusia di dalamnya.

Read More

Ilmu ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui pola kehidupan masyarakat serta pola kesehatannya. Dapat juga dijadikan acuan untuk memberikan jawaban atas persoalan yang terjadi dalam masyarakat. Ilmu sosiologi ini bisa juga disandingkan dengan ilmu lain, seperti dengan hukum bahkan sejarah sekalipun.

2. Mata Pelajaran Geografi

Mata pelajaran soshum yang kedua adalah geografi, jika sosiologi mempelajari tentang ilmu sosial. Maka, ilmu geografi mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi. Dengan kata lain, ilmu ini mempelajari sebuah hubungan antara manusia dengan lingkungan yang ditempatinya. Misal, sikap manusia terhadap lingkungan atau dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan manusia.

Baca Juga : Inilah Materi Load Balancing yang Perlu Diketahui

Selain tentang lingkungan, ilmu geografi juga mempelajari jenis flora serta fauna bahkan mempelajari juga tentang bencana yang disebabkan oleh alam serta manusia. Memang terlihat seperti ilmu tentang saintek, tetapi sebenarnya ilmu ini masih berhubungan erat sekali dengan ilmu sosial di dalamnya.

3. Mata Pelajaran Ekonomi

Kegiatan ekonomi di dalam masyarakat juga akan muncul dalam mata pelajaran soshum. Kegiatan ekonomi yang umum yaitu seperti menjual, menawar, serta membeli. Namun, ternyata kegiatan ekonomi tidak sesempit itu masih banyak lagi kegiatan ekonomi yang harus dipelajari. Seperti ilmu penawaran serta ilmu permintaan. Selain itu, membahas pula tentang masalah ekonomi serta perilaku manusia dalam menghadapinya.

Bahkan, di dalam ilmu ekonomi ini akan mempelajari tentang pajak hingga akuntansi. Tetapi, biasanya yang sering muncul dalam tes soshum yaitu tentang akuntansi. Akuntansi sendiri merupakan sebuah ilmu yang berusaha memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan.

4. Mata Pelajaran Matematika

Matematika juga masuk di dalam tes soshum, tetapi antara matematika yang dipelajari di soshum dengan yang di saintek tentunya berbeda jauh. Di dalam soshum, matematika yang dipelajari adalah yang masih berhubungan dengan ilmu sosial. Seperti menghitung sebuah nilai mata pelajaran, luas wilayah suatu negara, hingga menghitung titik yang memiliki potensi alam.

Jadi, ilmu matematika tidak selalu menghitung tentang sebuah ruang saja. Tetapi, juga menghitung keadaan sosial di dalam masyarakat. Biasanya, perhitungan yang dilakukan memiliki cara yang lebih sederhana dibandingkan dengan matematika dalam ilmu saintek. Namun, jangan juga lengah karena perhitungan yang dilakukan harus dilakukan dengan teliti serta cermat.

Baca Juga : Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

5. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran ini umum digunakan pada soshum maupun saintek. Permasalahan yang disajikan juga yang pasti sama, namun tetap harus dipelajari dengan benar karena banyak yang terjebak dengan mata pelajaran satu ini. Mata pelajaran Bahasa Indonesia memang terlihat sangat mudah, tetapi banyak yang tidak teliti antara membaca soal dengan jawaban yang diberikan. Jadi, banyak sekali yang meremehkannya sehingga nilai pada mapel ini tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Itulah beberapa mata pelajaran soshum yang dapat dipelajari terlebih dahulu sebelum mengikuti tes ke perguruan tinggi. Biasanya soal-soal yang akan diberikan yaitu materi yang ada di bangku SMA mulai dari awal hingga akhir. Jadi, ada baiknya untuk mempelajari semua materi karena tidak akan ada yang pernah tahu materi mana yang akan dikeluarkan.

 

Related posts