5 Mata Kuliah K3 yang Wajib Diketahui 2022

Kuliah K3 merupakan program studi yang mempelajari mengenai pengelolaan bahaya dan risiko yang dapat berpotensi terjadi di lingkungan kerja atau proyek. Selain itu K3 juga mempelajari mengenai cara menangani bahaya dan cara pencegahannya dengan tujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Berikut ini mata kuliah K3:

1. Sistem Manajemen K3

Mata kuliah K3 salah satunya yakni sistem manajemen K3. Dalam proses pembelajaran di kelas, biasanya materi ini membahas mengenai proses-proses penerapan sistem manajemen K3. Biasanya perusahaan kontraktor atau perusahaan lainnya menerapkan sistem ini berdasarkan peraturan perundang-undangan. Sistem manajemen ini dibagi menjadi empat tahapan.

Read More

Pertama, yang dilakukan adalah kick off dan analisis sejauh mana persyaratan-persyaratan sudah diterapkan dengan inisiatif organisasi ketika sudah dilaksanakan. Biasanya tahap ini dilaksanakan dalam bentuk perkumpulan atau rapat antara perwakilan klien dengan konsultan. Selanjutnya tahap desain prosedur dan dokumentasi. Tahap ketiga, proses implementasi sistem manajemen, dan terakhir tahap evaluasi.

2. K3 Konstruksi

K3 Konstruksi ini merupakan serangkaian aturan atau himbauan yang dipakai sebagai pemberitahuan kepada pekerja jika terdapat pelaksanaan terhadap kesehatan, keamanan, dan keselamatan selama bekerja. Beberapa ahli mengemukakan bahwa istilah ini mempunyai arti yang terbagi menjadi area filosofis dan keilmuan.

Baca Juga : Daftar Materi Tes TOEIC dan Sistem Pelaksanaanya

Jika secara keilmuan yang dipelajari di universitas, K3 Konstruksi ini merupakan upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencegah adanya sebuah kecelakaan atau penyakit. Penyakit akibat kerja, peledakan, pencemaran lingkungan dan lain sebagainya. Sedangkan makna menurut filosofisnya, K3 ini merupakan penanda dari adanya sebuah pemikiran sebagai bentuk usaha dalam menjamin keutuhan dan kesempurnaan dalam proses kerja.

3. K3 Perancah

Perancah ini merupakan sebuah struktur atau sementara yang dipakai untuk menyangga material dan materi dalam proses konstruksi maupun perbaikan. Fungsinya adalah untuk tempat bekerja yang aman bagi para tukang sehingga keselamatan kerja bisa terjamin. Selain itu juga untuk melindungi pekerja yang lain, seperti ketika harus terlindung dari jatuhnya bahan atau alat.

Dalam undang-undang diatur bahwa pelaksanaan keselamatan selama kegiatan konstruksi ini sangatlah diperlukan untuk melakukan pelatihan bagi para teknisi perancah. Sehingga matkul ini penting bagi para mahasiswa yang kuliah K3.

4. K3 Pekerjaan Mekanikal dan Elektrikal

K3 mekanikal dan elektrikal merupakan pemahaman mengenai K3 yang diterapkan dalam mekanikal dan elektrikal. Juga dapat dikatakan sebagai pemahaman dan penerapan keselamatan, kesehatan kerja dalam pekerjaan instansi komponen jaringan dan peralatan sistem utilitas bangunan. Biasanya K3 mekanikal dan elektrikal ini dipakai dalam instalasi perpipaan, instalasi listrik dan sebagainya.

Hal ini bertujuan supaya dapat mengurangi risiko kerja, dan penyakit yang bisa saja timbul dari pekerjaan dan penanganan. Misalkan saja penerapan K3 ini dalam pemasangan lift. Terdapat syarat-syaratnya yakni teknisi perawatan dan perbaikan lift haruslah sosok yang memiliki keahlian dan keterampilan. Perawatan, perbaikan dan pemasangan lift haruslah dilakukan oleh perusahaan jasa keselamatan kesehatan kerja.

Baca Juga : Inilah 7 Materi Pelajaran Kedokteran yang Harus Diketahui

5. K3 Sistem Pemadam Kebakaran

Kebakaran berlangsung ketika reaksi oksidasi eksotermis yang terjadi dengan cepat dari sebuah bahan bakar yang dibersamai dengan timbulnya api. Sedangkan api merupakan hasil dari reaksi oksidasi dari tiga unsur yakni bahan bakar, udara dan panas yang menimbulkan atau menghasilkan panas dan cahaya. Alat-alat yang dapat membantu mengantisipasi kebakaran yakni hidran kebakaran, pendeteksi asap, dll.

Itulah mata kuliah K3 yang sangat penting untuk dipelajari. Keselamatan kerja dan upaya meminimalisir penyakit yang diakibatkan lingkungan kerja memang sangat penting dipelajari dan diterapkan dalam sebuah proyek.

Related posts