Seputar Investasi Jangka Menengah Hingga Contoh Instrumennya

Seputar Investasi Jangka Menengah Hingga Contoh Instrumennya

Sebelum mulai berinvestasi, calon investor perlu mengetahui tentang jangka waktu yang diperlukan. Salah satunya adalah investasi jangka menengah yang menjadi pilihan banyak orang karena waktunya yang tidak pendek maupun panjang. Jadi, seperti apa definisi hingga contoh dari investasi dengan jangka waktu menengah? Simak ulasan selengkapnya di sini:

Definisi Investasi Jangka Menengah

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal dalam bentuk uang ataupun aset dalam lembaga tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Jangka menengah sendiri merupakan waktu yang diperlukan untuk menjalankan investasinya. Sesuai dengan namanya, investasi dengan jangka menengah memiliki waktu serta risiko yang lebih menengah/moderat.

Read More

Biasanya, investasi yang jangka waktunya menengah dimulai dari satu sampai lima tahun. Jenis investasi ini diperuntukkan bagi kebutuhan yang telah direncanakan untuk periode waktu tersebut. Contohnya melanjutkan pendidikan tinggi, mempersiapkan DP untuk rumah, membeli kendaraan secara cash, barang branded, dan sebagainya.

Baca Juga : Aplikasi untuk Investasi Titip Dana Terpercaya yang Bisa Dipakai

Beberapa Instrumen yang Cocok untuk Investasi Jangka Menengah

Agar bisa mencapai tujuan yang ditargetkan dari investasi, perlu menemukan instrumen yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan. Bagi investor yang tertarik menginvestasikan dananya dalam jangka menengah, disarankan memilih instrumen berikut ini:

1. ORI

surat berharga negara

ORI merupakan instrumen investasi yang berbentuk surat berharga negara (disebut juga SBN) yang ditawarkan oleh pemerintah ke WNI baik individu maupun perseorangan. Dengan berinvestasi di ORI, investor bisa mendapatkan keuntungan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan finansialnya beberapa tahun kedepan.

Tidak hanya mencapai target pribadi, namun secara tidak langsung juga berkontribusi membantu kemajuan Indonesia karena dana dari ORI dimanfaatkan dalam pembiayaan APBN termasuk penanganan hingga pemulihan dampak Covid-19. ORI termasuk investasi berjangka waktu menengah dengan risiko relatif rendah dan memberi manfaat berupa capital gain hingga kupon tiap bulannya.

2. Emas

Bukan hal rahasia jika emas termasuk investasi yang aman dengan risiko rendah. Emas merupakan komoditi yang terus mengalami peningkatan nilai sehingga potensi keuntungannya lumayan. Walau demikian, kenaikan harga ini tidaklah signifikan untuk waktu dekat sehingga lebih cocok untuk meraih tujuan finansial pada empat hingga lima tahun ke depan. Jika ada cash, investor bisa langsung membeli logam mulia. Atau menabung emas melalui platform terpercaya misalnya Indogold, Pegadaian Digital, Tamasia, dan lain-lain. Nominal paling sedikit untuk mulai menabung dimulai dari 10 ribu.

Baca Juga : Inilah Cara Investasi 10 Ribu Di Bibit Dengan 5 Langkah Mudah

3. Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis instrumen reksadana ini sebagian alokasi dananya ditempatkan di efek yang menghasilkan pendapatan secara tetap. Keunggulannya yakni modal awal yang sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu untuk membelinya secara online. Seiring perkembangan dari NAB reksadana, peluang untuk meraih profit besar semakin bertambah.

Reksadana termasuk investasi jangka menengah yang imbal hasilnya bebas pajak dan bisa dicairkan sewaktu-waktu di hari bursa. Investor bisa memanfaatkan jasa manajer investasi yang profesional dan memiliki izin OJK.

4. Sukuk Ritel

Ingin berinvestasi sesuai syariat Islam? Sukuk ritel dapat menjadi pilihan yang tepat. Instrumen ini diterbitkan pemerintah, dengan tujuan mendukung proses pembangunan nasional dan infrastruktur. Dengan memesan sukuk ritel paling sedikit satu juta, investor bisa mendapatkan imbal hasil yang cukup menjanjikan, yakni 5% per tahunnya dengan tenor selama tiga tahun.

Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen ini cocok bagi investor yang memiliki tujuan finansial dalam jangka menengah. Sukuk ritel juga dapat diperdagangkan melalui pasar sekunder antara investor domestik.

Baca Juga : Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Untuk Masa Depan Investor

Itulah informasi seputar investasi jangka menengah yang banyak dilakoni oleh investor masa kini. Berinvestasi sekarang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, tak terbatas yang berpenghasilan tinggi saja. Tentu semua instrumen memiliki risiko, namun investor cerdas dapat mengenali kondisi tersebut sehingga memilih instrumen berisiko rendah.

 

 

Related posts