Daftar Materi Tes TOEIC dan Sistem Pelaksanaanya

Untuk mengetahui tingkat kemahiran Bahasa Inggris seseorang biasanya dapat melalui berbagai tes resmi. Diantaranya seperti TOEFL, IELTS, maupun TOEIC. Masing-masing tes tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda. Misalnya TOEIC yang digunakan untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris penutur asing dalam lingkungan profesional. Materi tes TOEIC juga berbeda dengan tes lainnya.

Biasanya tes TOEIC dilakukan untuk keperluan bisnis. Tes yang diciptakan ETS sejak 1979 ini telah banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Biasanya jika akan mengikuti tes TOEIC, peserta akan mempersiapkan dengan mengikuti program belajar khusus. Namun, jika berniat mempersiapkannya sendiri berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui seputar tes TOEIC:

Read More

Materi Tes TOEIC

Sebelum melaksanakan tes TOEIC, memang sebaiknya persiapan yang dilakukan benar-benar matang. Poin yang terpenting tentu saja dengan mengenali materi apa saja yang nanti akan muncul dalam tes. Berikut adalah materi tes TOEIC yang biasanya muncul dan wajib dipelajari pesertanya:

1. Grammar

Karena tujuannya yang untuk mengetahui tingkat kemahiran berbahasa Inggris di lingkungan profesional Bahasa Inggris, maka hampir semua tenses akan muncul dalam tes TOEIC. Karena itu sangat penting untuk mempelajari basic tenses dengan kuat. Biasanya pada program belajar untuk tes TOEIC, terutama bila belajar dari dasar membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Inilah 7 Materi Pelajaran Kedokteran yang Harus Diketahui

2. Topik Tes

Peserta biasanya akan dihadapkan pada berbagai kemungkinan situasi, seperti rapat dan lain sebagainya. Karena beberapa kosakata dalam pertanyaan sering berulang. Terutama bila itu menyangkut topik perusahaan, komunikasi dan teknologi, keuangan, transportasi, kesehatan, dan lainnya. Bila tidak terbiasa dengan kemungkinan situasi di atas, maka mempelajari kosakata terkait penting dilakukan.

3. Listening

Selanjutnya adalah listening. Pada sesi ini, seluruh peserta akan mendengarkan rekaman berdasarkan materi dalam buku ujian. Pemutaran rekaman ini hanya akan dilakukan sekali. Selanjutnya peserta akan mengisi jawaban sesuai perintah pada lembar jawaban yang disediakan. Penting untuk menghafal apa yang telah didengar untuk menjawab pertanyaan dengan baik.

4. Reading

Materi pada ujian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan dan tulisan peserta tes. Biasanya tes ini akan berupa melengkapi teks rumpang, membandingkan dua teks, dan lainnya. Tes ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami teks dalam bahasa Inggris untuk keperluan bisnis.

5. Speaking

Sebetulnya materi speaking ini tidak ada dalam semua tes TOEIC. Materi ini hanya tersedia dalam TOEIC Speaking and Writing Test dan TOEIC Bridge Test. Namun, materi ini juga tetap sangat penting dilatih dalam penerapan Bahasa Inggris dalam dunia profesional secara langsung.

Sistem Pelaksanaan Tes TOEIC

Skor maksimal dalam tes TOEFL adalah 990 dengan masing-masing tes bernilai maksimum 495 poin. Yang paling sering digunakan adalah tes TOEIC Listening and Reading yang terbagi dalam dua sesi. Pada pelaksanaannya selalu sama, dimana dimulai dengan sesi listening kemudian dilanjutkan dengan sesi reading.

Pada sesi pemahaman lisan akan berlangsung selama 45 menit. Di sesi ini peserta akan menjawab sebanyak 100 pertanyaan yang dibagi dalam 4 bagian. Bagian pertama berjumlah 10 pertanyaan berdasar foto di buku ujian. Selanjutnya 30 pertanyaan yang tidak tercantum dalam buku ujian. Ketiga, 30 pertanyaan berdasarkan percakapan. Terakhir memahami monolog.

Sama seperti sesi sebelumnya, sesi pemahaman tulisan yang berlangsung 75 menit ini juga terdiri atas 100 pertanyaan dalam 4 bagian. Pertama, 40 pertanyaan tentang tata bahasa. Kedua, melengkapi 4 teks rumpang. Ketiga, menjawab 28 pertanyaan berdasarkan teks yang disediakan. Keempat, membaca dan membandingkan dua teks dalam format yang berbeda.

Demikianlah pembahasan mengenai hal-hal yang perlu diketahui seputar materi tes TOEIC dan sistem pelaksanaannya. Mempersiapkan untuk mengikuti tes TOEIC maupun tes bahasa lainnya sebaiknya memang dilakukan jauh-jauh hari. Saat ini ada banyak lembaga kursus online maupun offline yang menyediakan jasa persiapan tes-tes tersebut.

Related posts