Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Memiliki masalah ketombe pada rambut memang menyebalkan dan mengganggu kenyamanan. Selain gatal, ketombe ini juga bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Tidak ayal, jika banyak yang berupaya untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan ketombe ini sebenarnya tidak sulit, bisa dengan bahan alami atau lainnya.

Tentu, hal itu harus dilakukan dengan rutin. Sebab, ketombe ini muncul akibat terlalu banyak produksi minyak pada kulit kepala. Selain itu, bisa juga karena infeksi jamur, sensitive shampoo atau lainnya. Jadi, akan lebih baik jika terkena ketombe pertama kenali dulu apa masalahnya, cari cara mengobatinya, lalu rutin dilakukan.

Read More

Tetapi, apabila tidak ada perubahan disarankan konsultasi ke dokter. Apalagi jika punya masalah kulit yang lain. Nah, berikut ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan alami:

1. Lidah Buaya

Bahan alami yang pertama untuk membasmi ketombe adalah dengan lidah buaya. Terdapat laporan ilmiah dari Biomed Research International bahwa lidah buaya memiliki antibakteri dan antijamur. Dimana kandungan tersebut ampuh dalam menghilangkan ketombe. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, ikuti cara berikut:

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bisa dengan Bahan Dapur!

  • Pertama, bisa siapkan lidah buaya. Untuk menghilangkan ketombe bisa gunakan gel lidah buayanya.
  • Kemudian, bisa langsung aplikasikan gel lidah buaya tersebut ke kulit kepala yang terdapat ketombe. Melakukan dengan sambil memijatnya agar terserap dengan baik.
  • Lalu, diamkan kira-kira satu jam.
  • Selanjutnya, bersihkan kulit kepala. Lakukan hal tersebut dua kali seminggu.

2. Minyak Kelapa

Memanfaatkan minyak kelapa bisa menjadi cara menghilangkan ketombe selanjutnya. Cara ini sangat cocok, apabila memiliki kondisi kulit kepala yang kering. Minyak kelapa mampu untuk menghidrasi kulit kepala. Selain itu, memiliki sifat antimikroba sehingga dapat mengusir jamur yang disebabkan infeksi. Untuk penerapannya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Pertama, siapkan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Lalu, pijat dengan perlahan kulit kepala.
  • Selanjutnya, Diamkan dan tunggu sampai satu jam.
  • Jika sudah, bersihkan keseluruhan kulit beserta rambut kepala menggunakan shampoo. Pastikan benar-benar bersih, sehingga tidak ada sisa minyak tertinggal.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memang sudah lama dikenal untuk mengatasi masalah pada kulit. Didalamnya mengandung antimikroba serta anti peradangan, sehingga cocok untuk membasmi ketombe. Selain untuk ketombe, minyak pohon teh juga bisa untuk mengatasi dermatitis seboroik. Nah, penerapannya sebagai berikut:

  • Siapkan minyak pohon teh dan minyak kelapa yang masing-masing 2 – 3 tetes. Lalu, campurkan kedua bahan.
  • Jika sudah, aplikasikan ke kulit kepala, dengan cara menetaskan ke kapas lalu tempelkan ke kulit kepala. Tempelkan ke semua bagian kulit kepala yang terdapat ketombe.
  • Terapkan hal tersebut 3 atau 4 kali seminggu. Tetapi, harus memperhatikan apakah cocok atau tidak, jika tidak cocok jangan diteruskan. Sebab sebagian orang mungkin memiliki alergi minyak pohon teh.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Alergi Gatal Secara Alami

4. Soda Kue

Cara menghilangkan ketombe ternyata juga bisa menggunakan soda kue. Sebab, didalamnya mengandung zat eksfolian yang bisa angkat sel kulit mati serta kandungan minyak di kulit kepala. Selain itu, juga memiliki zat antijamur, sehingga mampu untuk membasmi ketombe. Jika ingin menerapkannya, harus perhatikan kadar penggunaannya.

Hal itu dikarenakan soda kue mengandung kadar pH yang tinggi, yang bisa merusak kulit kepala jika terlalu sering. Selain itu, karena soda kue dapat menghilangkan minyak, maka bisa membuat kering serta iritasi. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba dengan tetap memperhatikan kadarnya dan jangan terlalu sering. Berikut cara penerapannya:

  • Pertama, basahi rambut dan kulit kepala.
  • Jika sudah, terapkan 2 – 3 sdm soda kue dan balurkan. Lalu, diamkan 2 menit saja.
  • Terakhir cuci rambut dengan air bersih.

5. Minyak Sereh

Bahan alami berikutnya ada minyak sereh yang dapat membasmi ketombe dengan ampuh. Pasalnya, dalam minyak sereh terkandung zat antimikroba serta antiradang, sehingga dapat mengatasi ketombe. Terdapat riset dari Complementary Medicine Research, bahwa terdapat 10 persen dari kandungan minyak sereh yang bisa atasi ketombe sampai 81 persen. Berikut cara pengaplikasiannya:

  • Buat adonan terlebih dahulu yaitu campurkan 2 – 3 tetes minyak sereh dan kondisioner atau shampoo.
  • Jika sudah, lalu usap dan pijat perlahan di kulit kepala.
  • Lalu diamkan beberapa saat dan cuci bersih rambut. Lakukan hal yang sama setiap 2 kali dalam 7 hari.

Baca Juga : 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah dengan Bahan-bahan Alami

6. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe yang ampuh. Memiliki sifat keasaman yang bisa membuat sel kulit mati terlepas. Selain itu, dapat menyeimbangkan pH, agar mengurangi tumbuhnya jamur. Jika ingin menerapkannya bisa ikuti yang berikut ini:

  • Pertama, siapkan cuka apel dan shampoo yang biasa digunakan.
  • Lalu, campurkan dua bahan tersebut, gunakan beberapa tetes cuka saja.
  • Jika sudah, terapkan pada kulit kepala dan pijat.
  • Lalu, bersihkan dengan air bersih.

7. Garam

Garam ini adalah salah satu bumbu di dapur yang sering dijumpai. Namun, ternyata garam ini tidak hanya untuk masakan saja, tetapi bisa dimanfaatkan untuk basmi ketombe. Mampu mengeksfoliasi, karena membersihkan sel kulit mati di bagian kepala. Sehingga, tidak adanya lagi sumbatan pori-pori dan ketombe nggak balik lagi.

Selain itu, dapat menyerap minyak berlebih, serta terdapat antijamur didalamnya. Jadi, garam dapur aman digunakan untuk kulit kepala yang berketombe. Nah, berikut cara penerapannya:

  • Pertama basahi dulu rambut.
  • Lalu, taburkan garam.
  • Kemudian, pijat kulit kepala, lakukan hingga ketombe berjatuhan.
  • Apabila sudah, bersihkan rambut beserta kulit kepala hingga benar-benar bersih. Bisa gunakan shampoo.

Selain dengan cara itu, untuk lebih maksimal lagi, bisa mencampurkan garam dengan bahan lainnya. Misalnya seperti dengan cuka apel, minyak zaitun, minyak kelapa, atau lidah buaya. Garam dapur juga bisa dijadikan scrub sehingga akan lebih ampuh membasmi ketombe. Hal itu, mungkin akan lebih efektif apalagi penerapannya dengan rutin.

8. Jeruk Nipis

Selain dibuat minuman atau bahan masakan, ternyata jeruk nipis juga mampu hilangkan ketombe. Bahan alami ini merupakan golongan citrus, yang memiliki keasaman. Sehingga, hal itulah yang menyebabkan jeruk nipis mampu basmi ketombe.

Selain itu juga dikenal ampuh di masyarakat. Perasannya terdapat kandungan Malassezia furfur yang mampu menghambat tumbuhnya jamur yang menyebabkan ketombe. Nah, berikut cara untuk menerapkannya:

  • Peras jeruk nipis, kemudian oleskan pada kulit kepala.
  • Jika sudah, diamkan hingga beberapa menit. Supaya sari-sari jeruk nipis menembus ke dalam kulit serta folikel rambut.
  • Kemudian bersihkan dengan bersih menggunakan air hangat. Serta bisa menggunakan shampo anti ketombe dengan formula yang sedang.

Baca Juga : Penyebab, Gejala dan Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Lakukan hal tersebut dengan rutin selama beberapa minggu, sampai ketombe tidak ada lagi serta hilang sepenuhnya. Nah, selain itu perasan jeruk nipis juga dapat dicampur dengan bahan alami lainnya untuk hilangkan ketombe. Misalnya seperti minyak zaitun, cuka apel dan lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan ketombe dengan ampuh menggunakan bahan alami. Bahan-bahan diatas tentu tidak sulit didapatkan. Selain dengan menerapkan salah satu cara diatas, cobalah untuk melakukan pencucian rambut dengan benar. Sebab, ketombe datang juga bisa disebabkan karena keramas yang kurang bersih.

Related posts