Inilah 7 Materi Pelajaran Kedokteran yang Harus Diketahui

Kedokteran merupakan salah satu jurusan dalam perguruan tinggi dengan bidang kesehatan yang mana prospek kerjanya menjadi idaman semua orang yaitu dokter. Untuk menjadi seorang dokter memerlukan perjuangan yang keras dalam belajar salah satunya dengan mempelajari materi-materinya. Ada berbagai materi pelajaran kedokteran yang harus benar-benar dipahami agar lebih mudah untuk menjadi seorang dokter.

Ada berbagai hal yang perlu dipelajari agar menjadi seorang dokter, bukan hanya materi namun juga dalam praktikum. Namun sebelum benar-benar terjun dalam praktikum yang harus dipelajari adalah materi dan teorinya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa materi dasar dalam kedokteran yang perlu untuk diketahui:

Read More

1. Anatomi

Materi tentang anatomi adalah salah satu materi yang wajib dipelajari oleh calon dokter yang ada dalam suatu perguruan tinggi.  Dalam ilmu anatomi ada banyak yang dipelajari mulai dari susunan bagian tubuh hingga organ yang ada dalam tubuh manusia. Calon dokter dalam mempelajari materi ini dituntut untuk mengenal dan mengetahui setiap bagian dalam tubuh manusia secara detail.

2. Biologi Seluler

Dalam ilmu biologi seluler, calon dokter akan mempelajari lebih dalam mengenai kondisi biologis dari tubuh manusia. Untuk biologi seluler ini akan membahas lebih rinci mengenai sel-sel yang mampu membentuk tubuh manusia. Mulai dari perkembangan sebuah sel yang berkembang menjadi jaringan hingga menjadi organ yang membentuk suatu makhluk hidup.

3. Genetika

Ilmu penurunan gen dalam tubuh manusia atau lebih akrab dengan istilah genetika merupakan salah satu materi pelajaran kedokteran. Calon dokter dalam materi ini akan mempelajari tentang gen yang diwariskan seseorang kepada anaknya.  Gen tersebut dapat berupa sifat, fisik, karakter dan lainnya yang diwariskan orang tua kepada anaknya.

Tidak hanya itu saja, ada salah satu cabang dari materi genetika ini mempelajari tentang kesalahan dalam genetika organisme. Ada lagi yang mempelajari tentang mutasi genetika pada suatu makhluk hidup maupun organisme.

4. Kardiovaskuler

Kardiovaskuler adalah salah satu materi yang mempelajari semua hal tentang darah yang ada pada organ tubuh makhluk hidup. Dimulai dari sistem kerja pada jantung dan pembuluh darah pada tubuh suatu makhluk hidup yang selanjutnya dialirkan dalam jaringan tubuh organisme. Materi ini sangat penting untuk dipelajari oleh calon dokter sama halnya darah yang sangat penting bagi tubuh organisme.

5. Metabolisme dan Energi

Setiap makhluk hidup saat beraktivitas tentu akan melibatkan suatu proses metabolisme yang ada pada tubuh makhluk tersebut. Metabolisme dan energi menjadi salah satu materi dalam kedokteran yang akan membahas proses kimia dalam tubuh. Tidak hanya itu saja namun juga akan dibahas tentang hal-hal yang mempengaruhi proses metabolisme tubuh seperti usia, gen dan juga jenis kelamin.

6. Reproduksi

Salah satu materi pelajaran kedokteran yang tidak hanya dipelajari dalam perguruan tinggi tetapi sudah sejak duduk dibangku SMP yaitu sistem reproduksi. Materi yang satu ini sangat penting untuk dipelajari oleh calon dokter. Karena materi yang satu ini selanjutnya akan berhubungan dengan materi lain seperti anatomi, genetik dan juga biologi seluler.

7. Ilmu Bedah

Ilmu bedah merupakan salah satu materi dasar yang wajib dikuasai oleh para calon dokter meskipun tidak memiliki minat di bidang spesialis bedah.  Materi ini bertujuan untuk calon dokter agar tidak hanya mengetahui tentang teori-teorinya saja. Namun sebagai realisasi dari teori-teori yang ada dalam tubuh organisme itu sendiri.

Itulah 7 materi pelajaran kedokteran yang menjadi dasar-dasar dalam ilmu kedokteran dalam suatu perguruan tinggi ilmu kedokteran. Masih ada banyak sekali jenis materi dalam bidang kedokteran yang mana materi-materi tersebut dapat dijadikan referensi untuk menjadi lebih mengenal dunia kedokteran.

Related posts