Cara Mengobati Benjolan Dileher Secara Tradisional

Benjolan di leher bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena gigitan serangga atau adanya infeksi. Pengobatan benjolan di leher dapat dilakukan secara tradisional maupun secara medis tergantung jenis benjolan yang diderita. Berikut ini akan diulas bagaimana cara mengobati benjolan dileher secara tradisional.

Penyebab Benjolan di Leher

Walaupun tidak membahayakan kesehatan, munculnya benjolan di leher menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Benjolan tersebut bisa berukuran besar atau kecil tergantung penyebabnya. Untuk mengetahui dengan pasti jenis dan penyebab benjolan, penderita harus memeriksakan diri ke Rumah Sakit dan melakukan serangkaian tes untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Read More

Benjolan dileher yang terjadi akibat pembengkakan kelenjar tiroid atau kelenjar getah bening umumnya akan membesar dan membuat penderitanya kesulitan bernafas. Namun benjolan yang terjadi akibat gigitan serangga atau infeksi pilek memiliki ukuran yang lebih kecil dapat sembuh lebih cepat.

Selain dua hal diatas, benjolan di leher juga dapat terjadi akibat kista, tumor atau kanker. Jenis penyakit yang menyertai benjolan ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan medis di Rumah Sakit seperti MRI, CT Scan maupun Biopsi. Karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan agar dokter dapat menentukan pengobatan sejak dini.

Baca Juga :Cara Menyembuhkan Penyakit DBD Dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengobati Benjolan Dileher

Setelah mengetahui jenis benjolan yang diderita, ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan secara tradisional. Apa saja cara mengobati benjolan dileher yang paling ampuh ? Simak caranya di bawah ini:

1. Kompres dengan Air Hangat

Untuk benjolan di leher yang tidak berbahaya, memberikan kompres air hangat akan mengurangi peradangan dan pembengkakan, namun jangan lupa gunakan handuk kompres yang bersih agar terhindar dari kuman. Lakukan pengompresan di leher secara rutin hingga benjolan berkurang.

2. Mengoleskan Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini mudah dijumpai dan selalu ada di rumah. Bawang putih memiliki aneka manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menyembuhkan benjolan di leher. Sifat antimikroba dan anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih dapat mengurangi radang dan pembengkakan.

Oleskan bawang putih yang telah dihaluskan bersama minyak ke bagian yang bengkak selama beberapa kali secara teratur hingga benjolan mengempis. Bawang putih juga dijual dalam bentuk suplemen, namun konsultasi dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini.

3. Menggunakan Lidah Buaya

Zat anti radang dan antibakteri yang terkandung dalam lidah buaya mampu mengurangi pembengkakan. Rasa dingin dari gel lidah buaya juga dapat meredakan rasa nyeri. Oleskan lidah buaya pada bagian yang bengkak kemudian tutup dengan kain bersih. Bersihkan dengan air setelah 25 menit. Ulangi pemakaian selama beberapa kali hingga benjolan mengempis.

4. Kompres dengan Cuka Apel

Obat alami berikutnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan benjolan di leher adalah cuka apel. Bahan alami ini dapat mengatasi infeksi dengan berbagai cara.

Baca Juga : 5 Khasiat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Cara pertama, larutkan satu sendok cuka apel ditambah madu dalam satu gelas air lalu diminum saat sarapan dan sebelum tidur. Cara kedua, larutkan bahan alami ini dalam segelas air hangat kemudian kompreskan di area benjolan. Lakukan secara teratur 1-2 kali dalam sehari hingga benjolan menghilang.

5. Oleskan Madu

Beberapa penelitian menunjukan bahwa madu memiliki tingkat pH yang rendah. Kandungan pH yang rendah dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh manusia dan dapat mengobati infeksi yang menyebabkan benjolan di leher. Oleskan madu disertai pijatan halus di area benjolan secara teratur hingga benjolan mengempis dan menghilang.

itulah beberapa cara mengobati benjolan dileher yang bisa dicoba. Jika benjolan tidak juga mereda maka perlu dipertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter.

 

Related posts