4 Tips Usaha Properti Kecil Kecilan Beserta Contohnya

4 Tips Usaha Properti Kecil Kecilan Beserta Contohnya

Berbisnis di bidang properti menjadi pilihan kaum milenial saat ini karena nilainya yang terus bertambah. Bagi yang masih pemula atau modal terbatas, memulai usaha properti kecil kecilan bisa menjadi permulaan yang bagus. Terkesan rumit bagi sebagian orang, sebenarnya usaha ini bisa dimulai dari skala kecil.

Tips Menjalankan Usaha Properti Skala Kecil

Dalam memulai usaha, akan lebih bijak jika dimulai dari skala kecil. Tujuannya adalah membiasakan diri sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai lika-likunya. Begitu juga dengan properti, banyak yang memulai dari bisnis kecil namun justru menjadi penghasilan tetap. Berikut cara yang dianjurkan untuk memulai bisnis properti:

Read More

1. Menentukan Target Pasar dan Jenis Properti

Sekarang ada beragam jenis dari usaha properti yang dapat ditekuni. Sebelum menjalankan usaha, dapat dimulai dengan mengetahui target pasar yang tepat. Masyarakat seperti apa yang ditargetkan, apakah golongan atas, menengah, atau bawah. Setelah itu barulah menentukan jenis properti yang dijual seperti tanah, ruko, rumah, dan sebagainya.

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Emas Antam Di Pegadaian Untuk Hasil Maksimal

2. Bergabung di Forum

Bergabunglah dengan berbagai forum di internet atau tempat lain. Usahakan forum ini berpusat pada bidang marketing atau properti. Dengan networking seperti ini, akan menambah usaha properti kecil kecilan untuk memasarkan produknya serta mendapatkan ilmu baru dari yang lebih berpengalaman.

3. Memasarkan Secara Offline Maupun Online

Lakukan kegiatan pemasaran secara aktif. Tidak hanya offline, namun sekarang juga dapat memanfaatkan media online yang jangkauannya lebih luas. Misalnya dari sosial media, yang digunakan oleh berbagai kalangan. Platform seperti ini menghadirkan beragam fitur yang dapat memudahkan promosi. Di sini penjual berkesempatan untuk menjelaskan detail, memberikan promosi, hingga mengedukasi sehingga banyak orang tertarik.

4. Menghadirkan Nilai Lebih yang Baru

Seiring berjalannya waktu, usaha properti juga wajib mengutamakan kualitas layanannya. Hal ini dapat ditingkatkan sambil membangun brand yang profesional. Carilah nilai tambah yang belum ada di perusahaan lain. Tunjukkan mengapa brand ini adalah pilihan yang tepat.

Contoh Usaha Properti Kecil Kecilan

Sebelumnya telah dibahas beberapa tips dalam menjalankan usaha di bidang properti skala kecil. Langkah berikutnya adalah menerapkan tips tersebut dalam dunia nyata. Ada beberapa pilihan properti bagi pemula yang ingin memulai usaha kecil, yakni:

Baca Juga : Ini 5 Investasi untuk Pelajar SMP yang Bermanfaat Bagi Masa Depan

1. Kost

Tinggal di kost adalah pilihan utama bagi mahasiswa maupun karyawan sehingga lebih dekat dari kampus atau tempat kerjanya. Membangun kos dapat menjadi investasi menjanjikan dalam bidang properti, terlebih jika di lokasi yang dekat dari perkantoran atau universitas.

2. Rumah Kontrakan

Rumah kontrakan masih banyak menjadi tempat tinggal pilihan masyarakat sambil mengumpulkan dana untuk membeli rumahnya sendiri. Menyewa rumah kontrak terbilang praktis dan menguntungkan karena sudah termasuk dengan isinya.

3. Ruko

Usaha properti kecil-kecilan selanjutnya adalah membangun ruko dengan posisi yang strategis. Ruko termasuk properti yang banyak dicari karena kegunaannya yang multifungsi dengan ukuran relatif kecil. Cocok untuk memulai usaha di bidang makanan, jasa, dan lain sebagainya. Terlebih jika ruko tersebut ada di lokasi strategi sehingga menjadi incaran banyak orang untuk menyewanya.

4. Parkir Bulanan

Parkir bulanan dapat menjadi opsi menjanjikan bagi yang memiliki tanah menganggur di area pemukiman. Tanah ini dapat disewakan untuk parkir bulanan bagi mobil yang di rumahnya tidak terdapat garasi. Akan lebih baik jika disertai atap yang bisa melindungi kendaraan dari panas maupun hujan.

Baca Juga : Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Untuk Masa Depan Investor

Itu tadi tips serta beberapa pilihan usaha properti kecil kecilan yang dapat dicoba. Walaupun dimulai dari skala kecil, usaha ini merupakan investasi yang bagus untuk masa depan bila ditekuni dengan konsisten. Bukan saja mengumpulkan pemasukan sejak dini, namun juga kesempatan mempelajari lika-liku bisnis properti secara langsung.

Related posts