Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Untuk Masa Depan Investor

Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang Untuk Masa Depan Investor

Seseorang harus mempersiapkan masa depan yang lebih baik agar segala kebutuhan dapat terpenuhi. Cara yang dapat dilakukan dengan memilih investasi saham. Sangat banyak keuntungan investasi saham jangka panjang yang bisa diperoleh oleh investor. Dimana keuntungan yang diperoleh seperti pembayaran suku bunga yang rendah.

Mengenal Investasi Saham Jangka Panjang

Dapat diartikan sebagai proses penanaman aset berupa saham dengan memilih jangka waktu yang panjang. Biasanya jangka waktu yang dijadikan pilihan oleh para investor lebih dari satu tahun. Dalam jangka waktu yang panjang tersebut, investor juga bisa memperoleh keuntungan yang tinggi. Selain itu, resiko kerugian pun tidak terlalu besar.

Read More

Keuntungan tersebut bisa dicairkan pada saat investor membutuhkan dana maupun jangka waktu yang ditentukan suah berakhir. Setelah jangka waktu yang dipilih berakhir maka keuntungan yang didapatkan dari penanaman aset ini bisa dicairkan. Proses pencairannya pun cukup  mudah dilakukan oleh pihak investor dan pihak perusahaan.

Baca Juga : Bareksa Super App Milik PT Bareksa Portal Investasi, Aplikasi Investasi Tepat Bagi Milenial

Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang

Proses menanamkan aset berupa saham tentunya bisa menggunakan platform terpercaya dan dianggap aman untuk menanamkan aset. Kegiatan investasi ini sudah banyak dilakukan masyarakat apalagi jangka panjang. Hal ini disebabkan karena banyaknya kelebihan atau keuntungan yang didapatkan. Adapun keuntungan investasi saham jangka panjang dijelaskan sebagai berikut:

1. Bisa Dijalankan Dengan Fleksibel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika proses investasi saham dapat dilakukan hanya dengan menggunakan platform. Dimana sangat banyak platform online yang sudah disediakan sehingga bisa dipilih investor. Dengan adanya platform ini tentu proses investasi dapat dijalankan dengan fleksibel dan tidak mengganggu pekerjaan lain.

2. Mempunyai Potensi Capital Gain dan Dividen Saham

Capital gain dan dividen saham bukanlah hal yang dapat dipisahkan. Keduanya merupakan kelebihan yang terdapat pada investasi saham jangka panjang yang dilakukan. Capital gain dimaksudkan sebagai keuntungan yang diperoleh dari selisih harga saham. Sedangkan untuk dividen saham pun merupakan laba yang didapatkan berdasarkan besaran modal yang ditanam.

Baca Juga : Simulasi Gadai Emas Pegadaian ini Memudahkan

3. Masa Tua Investor Terjamin

Investasi jangka panjang memang memberikan banyak keuntungan sebab masa tua dari investor lebih terjamin. Bagaimana tidak, nilai dari investasi saham yang ditanamkan akan bertambah setiap tahun. Melihat hal tersebut, secara otomatis nilai investasi tersebut bisa dijadikan sebagai tabungan khusus yang tidak menggabungkan dengan penghasilan utama.

4. Bisa Menjaga Aset dari Inflasi Investor

Pada dasarnya, angka inflasi memang selalu mengalami kenaikan dan dapat mempengaruhi nilai aset yang dimiliki. Hal ini tentu dapat menurunkan nilai mata uang yang dijadikan aset. Lain halnya jika menjadikan saham sebagai aset tentu tidak akan menurun. Aset saham akan tetap terjaga meskipun inflasi cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

5. Dapat Memberikan Penghasilan Tambahan

Keuntungan yang diperoleh dari investasi saham memang dapat dijadikan sebagai tabungan di luar gaji pokok yang didapatkan. Dengan kata lain, investasi saham dapat dikatakan sebagai pekerjaan sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Penghasilan yang diperoleh ini pun bisa digunakan jika investor membutuhkan dana yang besar.

6. Masa Depan yang Lebih Baik Terjamin

Bukan hanya masa tua saja yang terjamin, namun masa depan keluarga pun dapat terjamin dari hasil investasi saham ini. Memang sangat banyak masyarakat yang mempersiapkan masa depan dengan menanamkan aset berupa saham. Karena masa depan keluarga seperti biaya pendidikan anak bisa terjamin.

Baca Juga : Investasi Surat Utang Negara, Definisi dan Keuntungannya

Itulah penjelasan terkait dengan keuntungan investasi saham jangka panjang. Beragam keuntungan yang bisa diperoleh investor yang melakukan investasi berupa saham dalam jangka panjang. Selain itu, investasi ini sangat tidak mengganggu pekerjaan utama dari investor, apalagi hanya dilakukan secara online.

Related posts