Simulasi Gadai Emas Pegadaian ini Memudahkan

Simulasi Gadai Emas Pegadaian ini Memudahkan

Gadai barang merupakan salah satu alternatif dari sekian banyaknya program pembiayaan dalam waktu yang cepat. Tentu saja tempat pegadaian teraman yang paling dipercaya adalah Pegadaian yang memberikan banyak varian barang untuk digadaikan termasuk emas. Nilai emas sangatlah stabil sehingga layak untuk digadaikan. Berikut adalah simulasi gadai emas pegadaian berdasarkan perhitungan:

Simulasi Gadai Emas Pegadaian

Dalam peraturan pegadaian, mereka menentukan harga emas 24 yang akan digadaikan dalam satuan gram dan disesuaikan dengan harga yang berlaku saat itu. Harga emas memang selalu berubah-ubah namun perubahannya tidak terlalu signifikan. Hal tersebut berlaku untuk emas murni tanpa pengolahan, berbeda lagi aturannya untuk emas dalam perhiasan.

Read More

Untuk emas yang ada dalam perhiasan yang kadarnya tidak sampai 24 karat, harganya akan kembali disesuaikan dengan proporsinya yaitu bergantung pada kadar karat saat ditaksir nantinya.

Baca Juga : Cara Investasi Emas di Tokopedia Bagi Pemula

Setelah ditimbang-timbang dan ditaksir barulah ditemukan nilai taksiran dari emas tersebut. Maka selanjutnya emas akan dikalikan dengan plafon pinjaman yang sudah ditentukan untuk mendapatkan uang pinjaman yang paling maksimal. Untuk biaya-biaya yang akan datang, nasabah akan membayar biaya administrasi dan biaya untuk asuransi dari barang yang digadaikan.

Besarannya tersebut tergantung pada seberapa besar uang yang dipinjam. Untuk nilai preminya tidak terlalu berat berkisar 1500 rupiah saja, dan untuk biaya administrasinya sebesar 2000 rupiah saja. Setelah prosesnya selesai, nasabah akan membawa uang pinjaman maksimal yang telah dikurangi berbagai biaya tadi.

Kelebihan Gadai Emas di Pegadaian

Melalui pembiayaan di Pegadaian lewat gadai emas, nasabah akan mendapatkan pinjaman dan barang jaminan yang disimpan secara aman oleh pegadaian. Transaksi juga sangat dipermudah dengan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan jumlahnya sudah ribuan. Selain itu semua, ada juga kelebihan lain jika melakukan gadai emas di pegadaian:

1. Prosesnya mudah

Nasabah pegadaian akan dimudahkan dengan proses pinjaman yang cepat dan aman. Cukup dengan memiliki tabungan emas, pinjaman sudah bisa diajukan pada aplikasi gadai. Jika belum memiliki tabungan emas, langsung saja pergi ke outlet pegadaian emas dan ajukan pinjaman dengan jaminan emas asli.

Registrasinya bisa dilakukan di tempat pegadaian terdekat di kota nasabah dengan membawa sejumlah persyaratan, Nantinya pengunjung akan dimintai mengisi formulir untuk keperluan pencairan nantinya.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Untung Rugi Investasi Emas Bagi Investor

2. Plafon disesuaikan dengan jumlah emas

Besaran plafon semasa pinjaman akan disesuaikan dengan perhitungan emas yang telah dilakukan. Makin besar nilai emas yang digadaikan, semakin besar juga besaran dari pinjaman yang didapatkan. Untuk yang menjadikan tabungan emas sebagai jaminan, saldo yang disisakan dalam tabungan harus berjumlah 0.1 gram.

3. Variasi Tenor yg beragam

Ada beragam jangka tenor yang ditawarkan, ini cenderung lebih variatif dibandingkan dengan pegadaian lain. Ada tenor mulai dari 30 hari, kemudian tenor 60 hari, dan terakhir tenor 120 hari. Tenor ini bisa diperpanjang saat nasabah belum mampu melunasinya.

4. Biaya Admin Terjangkau

Seperti yang diketahui sebelumnya, biaya administrasi yang ditetapkan oleh pegadaian sangatlah kecil. Minimal biaya administrasinya adalah sebesar 2000 rupiah, dengan catatan, biaya admin adalah sejumlah 0.05 persen dari jumlah total uang pinjaman yang maksimalnya sebesar 25 ribu rupiah.

5. Sewa modal Kecil

Bagi yang khawatir dengan biaya sewa modal, tenang saja dalam simulasi gadai emas di pegadaian sudah dijelaskan jika biaya sewa modalnya ringan. Dalam pegadaian, untuk menggadaikan emas hanya membebankan sejumlah 0.75 persen dalam 15 hari saja.

Baca Juga : Cara Memasang Rem Torpedo yang Bisa Dicoba

Itulah sedikit pembahasan mengenai  bagaimana simulasi gadai emas pegadaian yang dihitung sesuai ketentuan pegadaian. Melakukan penggadaian emas di pegadaian memang menguntungkan bagi nasabah dengan sejumlah layanan yang memudahkan pastinya.

Related posts