7 Penyebab Kenapa Flashdisk tidak Terbaca Ketika Digunakan

Flashdisk tiba-tiba tidak terbaca ketika digunakan sudah menjadi masalah yang umum. Namun, hal ini tentu tetap membuat penggunanya kebingungan, apalagi jika di dalamnya tersimpan berbagai data penting. Agar masalah tersebut tidak terulang lagi, maka perlu diketahui penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca sebagai berikut ini :

1. Port USB Flashdisk Kotor

Hal pertama yang harus dilakukan jika flashdisk tidak terbaca adalah dengan melakukan pengecekan pada port USB. Penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca salah satunya dapat disebabkan oleh port USB yang kotor.

Read More

Umumnya hal ini terjadi karena kesalahan dalam penyimpanan flashdisk sehingga flashdisk kemasukan debu. Debu inilah yang memungkinkan kinerja flashdisk tidak terbaca di komputer.

2. Konektor atau Port USB Rusak

Selain kotor, flashdisk yang tidak terbaca juga dapat disebabkan karena port USB rusak. Hal ini dapat terjadi ketika ada salah satu port yang fungsinya kurang maksimal. Sehingga perangkat apapun yang dipasang tidak stabil dan menyebabkan tidak terdeteksinya perangkat.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive Beserta Tips Merawatnya

Apabila hal ini terjadi maka cobalah untuk memasang USB tersebut di port atau komputer lainnya. Jika  terbaca maka memang port USB sebelumnya yang bermasalah.

3. Kebiasaan Mencabut Flashdisk tanpa Eject Terlebih Dahulu

Penyebab lain yang sering dilakukan adalah karena kebiasaan mencabut flashdisk tanpa eject terlebih dahulu. Kebiasaan ini akan membuat program dalam komputer kaget, karena media penyimpanan hilang secara tiba-tiba.

Selain itu, kebiasaan ini juga beresiko pada file yang tersimpan di dalam flashdisk dan komputer yang digunakan. Seperti file sistem yang rusak, data hilang, program mengalami crash, komputer error sehingga harus dilakukan reboot.

4. Terdapat Masalah pada Driver USB

Penyebab lainnya kenapa flashdisk tidak terbaca di komputer adalah karena driver USB bermasalah. Fungsi dari USB sendiri dikendalikan oleh driver Universal Serial Bus Controller. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan pengecekan pada driver USB melalui Device Manager atau re-install USB Controller Driver. Berikut urutan langkah yang harus dilakukan :

  • Buka program Device Manager dengan menekan Windows+R.
  • Kemudian ketik devmgmt.msc.
  • Klik expand driver Universal Serial Bus Controllers.
  • Selanjutnya klik kanan USB Flashdisk.
  • Klik
  • Lakukan restart pada komputer.

5. Sistem Operasi belum Diperbarui

Tidak terbacanya flashdisk di komputer juga dapat terjadi karena sistem operasi yang digunakan belum diperbarui. Maka dari itu perlu dilakukan update Windows terlebih dahulu. Simak caranya berikut ini :

  • Masuk ke Settings kemudian pilih Update & Security.
  • Akan muncul tampilan Windows Update, klik Check for updates.
  • Tunggu update hingga selesai. Masukkan kembali flashdisk.

6. Adanya Virus dan Malware

Ketika virus atau malware menyerang flashdisk maka dapat menyebabkan flashdisk tidak terbaca di komputer. Masalah ini terjadi karena kebiasaan menggunakan flashdisk di sembarang perangkat secara sering dan bergantian. Apalagi tidak semua perangkat yang tersambung aman dari virus ataupun malware.

Baca Juga : Hanya dengan Flashdisk, Inilah Cara Install Ulang Windows 8 Paling Mudah

Tidak hanya dapat menyebabkan flashdisk tidak terbaca saja, jika terus menerus dilakukan maka file di dalamnya hilang. Bahkan hal berbahaya lain yang dapat terjadi adalah komputer yang digunakan juga akan terinfeksi virus atau malware.

7. Flashdisk Palsu

Bukan tidak mungkin jika flashdisk yang digunakan ternyata palsu. Karena banyak flashdisk murah dan berkapasitas besar yang dijual saat ini. Namun ternyata ketika digunakan performanya kurang baik. Bahkan beberapa kasus, ketika flashdisk digunakan tiba-tiba mengalami malfungsi.

Coba perhatikan apabila lampu indikator flashdisk tidak menyala, bisa jadi memang terjadi kerusakan secara fisik pada flashdisk tersebut. Solusi terbaik yang harus dilakukan jika terjadi hal tersebut maka ganti menggunakan flashdisk yang baru.

Itulah beberapa alasan kenapa flashdisk tidak terbaca di komputer. Pastikan untuk meneliti terlebih dahulu ketika membeli flashdisk. Jangan tergiur harga yang murah. Selain itu, lakukan perawatan yang baik dan benar dengan menyimpannya di tempat yang bersih, dengan demikian data-data di flashdisk dapat tersimpan dengan baik.

 

Related posts