7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bisa dengan Bahan Dapur!

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bisa dengan Bahan Dapur!

Bekas luka di kulit bisa dibilang cukup mengganggu penampilan saat keluar rumah. Apalagi kalau di area kulit yang sering terlihat seperti wajah, tangan dan kaki. Tentu saja masalah yang sangat mengganggu apabila tidak segera diatasi. Bagi yang terkena masalah kulit ini tidak perlu risau, karena cara menghilangkan bekas luka di kulit sangat mudah dengan bahan-bahan alami.

Tentu saja ini menjadi berita bagus bagi yang tidak memiliki banyak modal untuk perawatan menghilangkan luka seperti laser peeling dan perawatan mahal lainnya. Jadi, kini tidak perlu ke klinik kecantikan untuk mengurangi tampilan bekas luka. Cukup rutin melakukan perawatan pakai bahan alami yang disarankan untuk mengurangi bekasnya.

Read More

Bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk memudarkan bekas luka juga mudah ditemukan. Ada yang dari bahan-bahan dapur, sehingga tidak perlu kemana-mana untuk melakukan perawatan secara alami dan mudah. Apalagi perawatan alami tanpa tindakan alat ini tidak memberikan efek membahayakan sedikitpun. Dirasa teraman jika dibandingkan dengan laser yang memberikan efek cekat cekit dan pengelupasan.

Baca Juga : 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah dengan Bahan-bahan Alami

Bagi yang penasaran apa saja bahan dari alam untuk mengatasi bekas luka, tidak perlu kebingungan. Di bawah ini cara menghilangkan bekas luka kehitaman dengan produk nature yang bisa dipilih, yaitu:

1. Oleskan Gel Lidah Buaya

Bagi yang memiliki tanaman lidah buaya di halaman bisa dijadikan solusi permasalahan bekas luka di kulit. Sebab, lidah buaya merupakan tumbuhan yang paling identik dengan dunia kecantikan. Terbukti banyaknya produk Skin Care yang mengandung Aloe Vera. Tentu saja, karena kandungannya yang meliputi senyawa aloin dan asam salisilat mampu memudarkan bekas luka menghitam.

Langkah pertama, belah dua lidah buaya dan ambil gelnya. Setelah itu, oleskan langsung ke bekas luka. Jika sudah didiamkan selama 30 menit, langsung bersihkan sel dengan air dingin. Rutinkan perawatan ini dua kali sehari. Upaya ini dilakukan agar bisa memperoleh hasil perbaikan kulit yang menghitam karena bekas luka.

2. Balurkan Madu

Selain lidah buaya, bisa pula dengan menggunakan madu. Walaupun memang bagi yang tidak ternak madu harus beli terlebih dahulu di toko terdekat. Tapi hal ini terbilang tidak masalah jika kandungannya memang efektif memudarkan bekas luka. Kandungannya tersebut adalah zat antibiotik.

Mengoleskan madu sebelum tidur ke area bekas luka juga menjadi cara menghilangkan bekas luka secara alami. Setelah dioleskan, tutup dengan perban bagian kulit yang sudah diolesi madu. Biarkan semalaman, kemudian lepas perban di pagi hari. Setelah itu, tinggal luruhkan dengan air hangat. Disarankan agar perawatan ini dilakukan setiap malam.

3. Pijat Bekas Luka dengan Minyak Kelapa

Menghilangkan bekas luka bisa menggunakan bahan-bahan dapur seperti minyak kelapa. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak kelapa bekerja mempercepat proses pemudaran bekas luka bahkan mengantisipasi munculnya bekas luka baru. Bahkan bonusnya membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Tentu tidak ada keraguan lagi untuk memanfaatkan bahan alami yang ada di dapur ini.

Baca Juga : Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami serta Treatment

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk merawat bekas luka dengan minyak kelapa adalah memanaskan 1 SDM minyak kelapa. Setelah itu, lakukan pemijatan pada bekas luka menggunakan minyak tersebut. Pastikan minyak menyerap dengan diamkannya selama 1 jam. Rutinkan perawatan ini berulang dengannya 2 sampai 4 kali per hari.

4. Manfaatkan Cuka Apel

Tidak perlu perlu memperbaiki cuka apel dalam menghilangkan pigmentasi. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk memanfaatkan cuka apel dalam merawat bekas luka pada kulit. Apalagi bahan alam ini sekarang sudah dimanfaatkan sebagai bahan Perawatan kulit alami yang bisa mencerahkan kulit. Jadi, jangan ragu memanfaatkan bahan alami ini untuk mengatasi masalah bekas luka.

Campurkan 4 sendok air dan 2 sendok cuka, lalu mengoleskannya ke bekas luka secara lembut merupakan cara menghilangkan luka dengan alami menggunakan cuka apel. Biarkan cuka buah ini sampai mengering, setelah itu cuci area bekas luka yang diolesi cuka apel tersebut. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

5. Berikan Campuran Lavender dan Minyak Zaitun

Minyak seperti minyak esensial zaitun dan lavender juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas luka pada kulit. Pastinya karena kandungan minyak zaitun dan lavender yang ada bisa mengurangi pigmentasi atau kehitaman, pada kulit seperti bekas luka. Jadi, minyak zaitun tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit saja, tapi untuk perawatan kulit juga.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak esensial ini yaitu dengan mencampurkan terlebih dahulu 3 tetes minyak esensial lavender pada 3 sendok makan minyak zaitun. Pijatkan campuran minyak tersebut selama 5 menit ke area bekas luka. Diamkan kisaran 30 menitan lalu basuh. Disarankan memakai air hangat. Terapkan cara ini 3× sehari agar hasilnya maksimal.

6. Gunakan Air Lemon

Dalam dunia kecantikan memang sudah tidak asing lagi bahwa vitamin C pada lemon berperan efektif untuk meningkatkan warna kulit atau meratakan kulit belang. Hal ini dikarenakan vitamin C terbukti ampuh mengurangi pembentukan melanin, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Produksi melanin yang berlebih dapat memberikan efek lebih gelap pada kulit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

Langkah pertama untuk menghilangkan bekas luka dengan lemon adalah mengirisnya sampai terbelah dua. Gunakan kombinasi lemon tersebut dengan menggosokkan sisi lemon yang digunakan pada area bekas luka. Diamkan air lemon pada bekas luka kisaran 15 menitan, lalu ambil air dingin untuk mencuci wajah. Jalankan perawatan setiap hari agar bekas luka cepat pudar.

7. Gosokkan Potongan Kentang

Tidak hanya minyak goreng sebagai bahan dapur yang bisa dimanfaatkan memudarkan untuk bekas luka kehitaman pada kulit. Tetapi juga kentang yang bermanfaat sama membantu merawat bekas luka secara alami. Kandungan enzim katalase, vitamin C, B6, niacin, dan potasium yang terkandung di dalam menghambat produksi melanin penyebab kulit menjadi gelap atau menghitam karena bekas luka.

Jika ingin memakai bahan kentang untuk menghilangkan bekas luka, maka iris kentang menjadi beberapa bagian. Setelah itu, gosokkan potongan kentang pada bekas luka secara berulang berulang kali sampai potongannya mengering. Ganti dengan potongan lain, lalu gosok kembali. Setelah itu, bebaskan luka menyerap kandungan kentang dengan mendiamkannya selama lebih dari 10 menit. Terapkan cara ini minimal dua kali sehari.

Hanya saja, perlu diperhatikan ketika ingin melakukan perawatan dengan bahan alami di atas, maka pastikan telah mencuci bersih dan keringkan terlebih dahulu. Selain di area inti, berikan juga di area sekitarnya dan pastikan kering secara menyeluruh. Selain itu, hindari penggunaannya pada bekas luka terbuka. Cukup hanya bekas luka tertutupnya saja.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Jerawat Punggung Paling Ampuh

Lakukan cara menghilangkan bekas luka di atas secara rutin sesuai anjuran. Pilih satu bahan alami dan perawatan yang paling mudah dengan bahan tersebut agar tidak merepotkan dalam pencarian bahannya. Pastikan juga tidak ada iritasi akibat penggunaan bahan tersebut untuk bekas pada kulit. Jika dirasa ada tanda-tanda iritasi, segera hentikan pengobatan dan lakukan konsultasi ke dokter agar tidak menimbulkan masalah kulit yang baru.

Related posts