5 Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Binahong (Heartleaf Madeira vine) merupakan tanaman obat yang dapat hidup didataran rendah atau dataran tinggi. Daun Binahong memiliki dua jenis, binahong hijau dan binahong merah. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan, namun kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat dari binahong hijau. Yuk ketahui beberapa manfaat daun binahong merah untuk kesehatan di bawah ini:

1. Mengatasi Kulit Berjerawat

Jerawat biasanya disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak oleh kotoran, pola hidup tidak sehat, hormonal, dan lain-lain. Berbagai kalangan usia dan jenis kelamin bisa saja mengalami hal ini. Daun binahong merah memiliki zat anti bakteri dan inflamasi yang dapat membantu penyembuhan jerawat.

Read More

Cara menggunakan daun binahong merah untuk menyembuhkan kulit yang berjerawat cukup mudah. Tumbuk daun binahong merah menjadi halus. Oleskan pada wajah sebagai masker organik. Setelah maskernya cukup kering, cuci wajah hingga bersih. Daun binahong merah juga dapat direbus untuk dipakai mencuci muka dua kali sehari. Wajah pun menjadi lebih bersih dari jerawat.

2. Mengobati Luka Bakar

Salah satu manfaat daun binahong merah untuk kesehatan adalah dapat mengobati luka bakar. Daun binahong merah memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan tanin yang efektif untuk menyembuhkan luka bakar.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Mata Sakit Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

Zat saponin pada binahong merah dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah infeksi bakteri pada luka. Kandungan zat flavonoid pada binahong merah dapat mengurangi efek peradangan luka bakar. Cara menggunakannya adalah tumbuk daun sampai halus dan balurkan pada permukaan luka bakar.

3. Mengatasi Penyakit Maag

Maag adalah kelainan pada produksi asam lambung yang membuat lambung terasa sangat perih saat terlambat makan. Penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi saat kondisinya sudah kronis. Salah satu herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi maag adalah binahong merah.

Caranya adalah, rebus daun hingga mendidih. Kemudian, saring rebusan daun binahong merah dan minum hangat-hangat. Konsumsi rutin rebusan ini setiap hari untuk hasil maksimal.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus (Kencing manis) adalah gangguan metabolisme tubuh yang ditandai dengan adanya gula darah yang tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa gangguan organ tubuh dan dapat membahayakan nyawa bila tidak diatasi. Salah satu cara untuk menurunkan resiko terkena diabetes mellitus adalah mengkonsumsi ekstrak daun binahong merah.

Daun Binahong merah mengandung zat flavonoid, steroid, dan kumarin yang dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus. Selain itu, kandungan senyawa tersebut juga dapat meningkatkan fungsi hormon insulin. Rebus daun binahong merah dan minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya

5. Mengurangi Asam Urat

Setiap hari, tubuh memproduksi asam urat (uric acid), yang seharusnya ikut terbuang bersama cairan urin. Namun, ada kalanya asam urat menumpuk di persendian dan berbentuk kristal-kristal tajam sehingga mengakibatkan rasa sakit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

Jika asam urat tidak segera diobati, dikhawatirkan akan menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Kandungan zat flavonoid pada daun binahong merah dapat menghambat pembentukan kristal asam urat, sehingga dapat mengurangi risiko serangan asam urat. Cara memanfaatkan daun binahong merah sebagai penawar asam urat adalah meminum rebusan daunnya. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang optimal.

Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat daun binahong merah untuk kesehatan? Dengan manfaat yang begitu banyak, tidak ada salahnya menanam herbal ini di rumah. Selain berkhasiat, tanaman ini juga cukup cantik untuk menghias pekarangan rumah.

 

Related posts