Hanya dengan Flashdisk, Inilah Cara Install Ulang Windows 8 Paling Mudah

Install ulang Windows 8 harus dilakukan ketika software bekerja terlalu keras. Ciri-ciri perangkat harus segera dilakukan install ulang adalah jika loading mulai lambat, perangkat tiba-tiba restart mendadak dan program tertutup sendiri. Selain itu jika proses booting lama dan sering muncul Not Responding maka sudah waktunya Windows 8 diinstall dengan cara berikut:

1. Membuat Bootable Windows 8 di Flashdisk

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk install ulang Windows 8 adalah membuat bootable Windows 8 terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menyiapkan file Windows 8 dengan format file ISO. Bagi yang belum memilikinya, maka download melalui Windows ISO Downloader. Kemudian langkah yang harus dilakukan adalah:

Read More
  • Siapkan file Rufus versi portable atau download di situs akeo.ie jika belum memilikinya.
  • Simpan file di perangkat yang akan diinstall.
  • Nyalakan perangkat dan sambungkan flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB.
  • Kemudian double klik pada file rufus.exe dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Klik gambar CD pada Create a Bootable Disk Using.
  • Pilih file Windows 8 dengan format ISO dan klik Open.
  • Lalu pilih flashdisk pada kolom Device, dan pilih GPT partition scheme for UEFI pada kolom Partition scheme and target system.
  • Klik start dan tunggu hingga flashdisk siap menginstal Windows kemudian klik

Baca juga : Mengenal Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive Beserta Tips Merawatnya

2. Merubah Boot Priority pada BIOS

Setting BIOS harus dilakukan untuk mengatur prioritas booting pada perangkat. Langkah awal untuk mengatur BIOS ini adalah dengan menyalakan perangkat terlebih dahulu. Kemudian masuk ke BIOS dengan menekan tombol ESC, F2, F4, F8, F9 atau F12. Pilih menu Boot untuk merubah settingan.

Ganti settingan prioritas pertama dari hard drive menjadi removable devices dan simpan perubahan tersebut. Pastikan flashdisk terpasang pada perangkat sehingga saat reboot dapat langsung terbaca dan proses install ulang Windows 8 dapat berjalan lancar.

3. Tunggu Proses Booting dan Setting Bahasa

Langkah selanjutnya adalah dengan menunggu proses booting. Lakukan pengaturan pada bahasa instalasi. Pilih English pada instalasi Windows 8. Pada kolom Time and currency format pilih Indonesian. Kemudian untuk kolom keyboard or input method pilih US. Klik Next untuk melanjutkan.

4. Melakukan Penginstalan

Jika sudah dilakukan setting, klik Install Now. Pada jendela baru, pengguna diminta melakukan aktivasi Windows 8. Caranya yaitu dengan memasukkan product key sesuai dengan software yang diinstal. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

Pada keterangan I accept the license terms bubuhkan tanda centang. Tekan Next dan Pilih Custom: Install Windows only (advanced). Akan muncul jendela baru. Pada jendela ini pengguna diminta untuk mengatur partisi drive.

5. Membuat Partisi Baru

Pada langkah ini pengguna harus membuat partisi baru sehingga file lama yang sudah tersimpan pada drive tidak hilang. Pilih Drive Option (advanced) kemudian klik New dan atur ukuran partisi sesuai keinginan. Klik Apply dilanjutkan klik OK. Pada daftar drive akan muncul partisi baru.

Baca Juga : Cara Mempartisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Jika ingin menambahkan partisi baru lainnya, maka lakukan cara yang sama. Namun jika ingin menyimpan beberapa partisi pada perangkat maka pilih salah satu partisi seperti Drive 0 Partition 2. Kemudian tekan Next. Proses instalasi akan berlangsung sekitar 15 menit.

6. Mengatur Tampilan Desktop

Jika proses instalasi selesai, jendela baru akan muncul. Pengguna diharuskan mengatur tampilan desktop. Beri nama perangkat yang diinstal Windows 8. Pilih warna tema kemudian klik Next. Kemudian klik Use express setting lalu pilih Create a local account.

Selanjutnya buat username serta password untuk akun Microsoft tersebut. Klik Finish dan tampilan desktop Windows 8 akan berubah dan proses install ulang sudah selesai. Jika proses instalasi sudah selesai, maka perlu melakukan setting dasar dan menambahkan beberapa software serta aplikasi dasar yang dibutuhkan.

Inilah cara install ulang Windows 8 menggunakan flashdisk, yang harus diperhatikan bagi pengguna laptop sebelum melakukan install ulang adalah daya baterai laptop harus memadai. Sehingga ketika proses install ulang berlangsung, laptop tidak tiba-tiba mati atau terputus. Pastikan untuk melakukan aktivasi agar fitur pada Windows dapat digunakan sepenuhnya.

 

Related posts