7 Cara Mengilangkan Mata Panda yang Ampuh dan Efektif

7 Cara Mengilangkan Mata Panda yang Ampuh dan Efektif

Kesibukan bekerja dan mengerjakan tugas hingga begadang membuat timbul mata panda di bawah mata. Tentu, mata panda membuat penampilan lusuh, tampak lebih tua, dan cukup mengganggu. Tidak perlu panik, ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang gampang dilakukan.

Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda

Keberadaan mata panda memang tidak berbahaya, namun cukup mengesalkan. Untuk menghapus lingkaran hitam di bawah mata ini dapat dilakukan secara alami dan menggunakan produk penghilang mata panda. Hasilnya dapat membuat penampilan wajah cerah kembali. Berikut ini cara ampuh dan efektif untuk menghilangkan mata panda dengan mudah:

Read More

1. Mengurangi Konsumsi 4lkohol dan Kafein

Jika ingin menghilangkan mata panda secara efektif, maka batasi konsumsi minuman beralk0hol dan kafein. Konsumsi minuman beralk0hol dan kafein secara berlebihan akan membuat mata panda tampak jelas. Perlu diketahui bahwa keduanya memang dikenal sebagai bahan yang dapat menyebabkan dehidrasi ringan.

Baca Juga : 6 Cara Memelihara Kesehatan Ginjal yang Paling Mudah

2. Posisi Tidur Tepat

Cara menghilangkan mata panda juga dapat dilakukan dengan memperhatikan posisi tidur yang tepat. Posisi tidur yang tepat dengan membuat posisi kepala cukup tinggi memakai beberapa bantal. Hal ini dilakukan agar cairan mata tidak menggenang dan bisa menimbulkan bengkak.

Gunakan bantal yang empuk, lembut, dan nyaman karena posisi tidur yang kurang nyaman akan membuat sulit tidur, sehingga mata panda semakin terlihat jelas. Jika posisi tidur sudah benar, maka tidur akan nyenyak dan tidak terganggu.

3. Gunakan Kantong Teh

Kantong teh dapat digunakan sebagai penghilang mata panda. Sekedar informasi, kandungan kafein dan antioksidan didalamnya dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi cairan di bagian bawah mata. Caranya sangat mudah, pengguna bisa merendam dua kantong teh hitam atau hijau ke dalam air panas sekitar 5 menit.

Setelah itu, teh tersebut didiamkan sebentar, kemudian dimasukkan ke kulkas sampai 20 menit. Jika sudah dingin, kantong teh ditempelkan ke kelopak mata sampai 15 menit. Terakhir, dibilas dengan air dingin.

4. Kompres Air Dingin

Cara menghilangkan mata panda berikutnya adalah dengan mengompres mata panda dengan air dingin. Pertama, siapkan handuk kecil yang bersih dan juga es batu. Kemudian, beberapa buah es dibungkus ke handuk kecil, letakkan di bawah mata panda sekitar 20 menit.

Selain itu, pengguna juga bisa membasahi handuk bersih dengan air dingin dan kemudian menempelkannya di area mata panda. Lakukan cara ini rutin sampai memperoleh hasil yang maksimal. Sangat mudah, bukan?

5. Kompres dengan Timun

Timun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang mata panda. Diperkaya kandungan air dan vitamin C yang tinggi membuatnya ampuh melembabkan kulit. Selain itu, suhu dingin di dalam timun dapat mengurangi bengkak di lingkaran mata. Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu memotong timun secara tipis dan meletakkannya di bagian bawah mata panda.

Baca Juga : 7 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

6. Gunakan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang diperkaya dengan kandungan yang baik bagi kesehatan kulit salah satunya ampuh menghilangkan lingkaran hitam di mata. Pengguna bisa memanfaatkan gelnya langsung dari tanaman atau juga membeli gel lidah buaya di pasaran.

Caranya mudah dan sederhana, pengguna cukup mengoleskan gel lidah buaya di area mata sambil memijit selama sekitar beberapa menit. Lakukan cara ini sebelum tidur malam. Kemudian, biarkan semalaman dan jangan lupa membilasnya dengan air bersih pada esok harinya.

7. Gunakan Krim

Cara menghilangkan mata panda juga bisa dilakukan dengan menggunakan produk krim pencerah kulit. Produk krim ini diklaim dapat memudarkan mata panda yang ditimbulkan oleh produksi melanin berlebih. Diperkaya dengan kandungan hidroquinon dan retinol membuat produk ini ampuh digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam akibat mata panda.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Lingkaran hitam di area mata bisa menjadi salah satu penyebab dehidrasi. Untuk mengembalikan nya agar normal kembali, pengguna bisa menambah asupan air minum. Perbanyak air putih setidaknya 8 gelas sehari. Bahkan, konsumsi air putih bisa bertambah jika pengguna berkegiatan di luar rumah di bawah sinar matahari.

9. Tutupi dengan Makeup

Mata panda belum hilang sepenuhnya? Coba tutupi lingkaran hitam di mata tersebut dengan menutupnya menggunakan makeup. Cara ini hanya dapat menyamarkan mata panda dan terbilang efektif. Manfaatkan concealer menggunakan warna senada agar area bagian mata tertutupi. Selain itu, tambahkan foundation dan bedak untuk hasil maksimal.

Pastikan bahwa produk kosmetik yang digunakan sudah aman dan cocok untuk jenis kulit. Jangan sampai salah memilih produk makeup karena bisa memperparah kondisi kulit dan dapat menyebabkan alergi. Jika mengalami gejala lain yang tidak bisa, hentikan pemakaian produk makeup tersebut dan konsultasikan masalah tersebut ke dokter.

Baca Juga : 5 Kegunaan Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

10. Gunakan Tomat

Ternyata tomat tidak hanya bisa digunakan untuk bahan makanan. Namun, tomat juga memiliki manfaat untuk menghilangkan mata panda. Diperkaya kandungan zat likopen dan beta karoten membuatnya ampuh mengurangi kerusakan pada kulit. Untuk mengaplikasikannya, pengguna bisa membuat masker dan mencampurkannya dengan tomat dan air perasan lemon.

Kemudian, aduk secara merata, lalu oleskan pada bagian bawah mata. Lakukan secara perlahan dan biarkan selama 20 menit. Jangan lupa membilasnya dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan rutin 2 kali dalam satu minggu agar memperoleh hasil maksimal.

11. Madu

Cara menghilangkan mata panda dapat memanfaatkan bahan alami seperti madu. Diperkaya kandungan polifenol di dalamnya mampu mengurangi pigmen berlebihan dan mata panda tersamarkan. Langkahnya cukup mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan air perasan lemon.

Kemudian, oleskan air campuran tadi ke bagian bawah mata dan biarkan sampai 15 menit. Lalu, bilas mata panda dengan air bersih.  Cara tersebut bisa diulangi lagi untuk hasil maksimal. Tertarik mencoba cara ini?

Cara Mencegah Mata Panda Muncul Lagi

Meski mata panda sudah hilang sepenuhnya, mata panda bisa saja muncul kapan pun. Tidak perlu khawatir, cegah mata panda timbul lagi dengan menerapkan tips berikut ini. Tips ini mampu mengatasi timbulkan lingkaran hitam dibawah mata. Berikut informasinya:

1. Tidur yang Cukup

Salah satu banyak penyebab mata panda adalah karena begadang dan kurang tidur. Tentu hal ini membuat mata panda muncul. Untuk itu, penting istirahat yang cukup dan mengurangi stress akan terhindar dari mata panda.

2. Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Hindari dari paparan sinar matahari karena bisa mengakibatkan lingkaran di area bawah mata menjadi lebih gelap. Pakai kacamata hitam agar mata terlindungi dari sinar ultraviolet. Selain itu, tambahkan sunscreen di bawah mata sebelum melakukan aktivitas.

3. Berhenti Mer0kok dan Kurangi Konsumsi Alk0hol

Hentikan kebiasaan mer0kok dan kurangi konsumsi alk0hol karena kebiasaan tersebut justru dapat mempercepat penuaan dan memunculkan mata panda lagi. Jika ingin terbebas dari mata panda kurangi dua kebiasaan tersebut.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itulah cara menghilangkan mata panda yang dapat diterapkan dengan mudah. Pengguna bisa menggunakan cara alami atau menggunakan produk krim yang aman. Selain itu, hindari kebiasaan yang menyebabkan mata panda muncul lagi seperti begadang, mer0kok, dan mengkonsumsi minuman beralk0hol.

Related posts