Begini 10 Cara Menghitung Persen Mudah Dilakukan

Begini 10 Cara Menghitung Persen Mudah Dilakukan

Menghitung persen merupakan hal yang perlu dikuasai, sebab nantinya akan benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui cara menghitung persen maka butuh menghafal perkalian dan pembagian terlebih dahulu. Karena jika ingin menghitung persen akan melibatkan metode perkalian dan pembagian di dalam rumus persentasenya.

Pada umumnya persen digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data dalam bentuk persentasenya. Persen kerap dipakai pada waktu menghitung persentase diskon, suku bunga, jumlah penduduk dan lain sebagainya. Ada banyak bentuk persen yang akan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penerapannya pun banyak sekali sehingga pasti akan menjumpai cara hitung persen.

Read More

Oleh karena persen kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari, otomatis kita akan sering menghitung persen. Berikut ini akan diberikan cara hitung persen yang mudah untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian Tentang Rata-rata Dan bagaimana Cara Menghitung Rata Rata

1. Menghitung Persen Kenaikan Volume

Cara menghitung persen yang sering kali tidak diketahui dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah menghitung kenaikan volume. Kenaikan volume yang biasa terjadi adalah volume air awal dan volume air akhir. Berikut ini akan diberikan cara hitung persen kenaikan volume:

Persentase: (volume yang ditambahkan:volume awal) x 100%. Adapun keterangannya adalah “Volume yang ditambahkan sama dengan volume air yang ditambahkan ke dalam suatu wadah”. Kemudian “Volume awal sama dengan volume air yang semula ada di dalam wadah.”

2. Menghitung Persen Progres Pekerjaan

Biasanya untuk menghitung progres suatu pekerjaan akan dinyatakan dalam bentuk persen. Misalnya untuk menghitung kemajuan progres pekerjaan diperlukan bentuk persentase. Begini cara hitung persen progres pekerjaan yang mudah dilakukan:

Rumusnya adalah Jumlah bagian: persentase pekerjaan x keseluruhan progres. Nah, keterangannya adalah persentase pekerjaan = diperoleh dari jumlah persen progres pekerjaan”, kemudian dari keseluruhan progres  = keseluruhan progres yang harus dikerjakan.

3. Menghitung Persen Diskon

Diskon di suatu toko maupun mall biasanya ditulis dalam bentuk persen. Pada umumnya para pembeli akan bertanya-tanya mengenai potongan harga atau harga jadi yang diberikan. Untuk itulah berikut ini akan diberikan cara hitung persen diskon untuk keperluan sehari-hari!

Baca Juga : Beginilah Cara Menghitung Diskon dengan Mudah Beserta Penjelasan Lainnya

Rumus untuk menghitung persen diskon adalah “Besar diskon: persentase diskon x harga baju”. Bagaimana maksudnya? Yakni persentase diskon sama dengan diskon yang diberikan dinyatakan dalam bentuk persen. Setelah itu, harga baju sama dengan harga baju semula (belum diberikan diskon)

4. Menghitung Persen Nilai Bunga

Menghitung nilai bunga dari persentase yang diberikan biasanya terjadi di bank atau tempat pencairan dana. Nilai bunga diberikan untuk memberikan reward bagi nasabah atas tabungannya. Untuk menghitung persen nilai bunga, ada caranya tersendiri. Adapun yang pertama adalah menghitung nilai bunga setiap bulannya. Caranya dengan rumus:

Nilai bunga tiap bulan: besar persen x total tabungan

Maksudnya, besar persen = besar persen bunga yang diberikan, kemudian total tabungan = total tabungan yang didapatkan. Penghitungan ini harus dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak sesuai rumus maka hasilnya bisa salah kaprah. Nah, sedangkan untuk menghitung nilai bunga tiap tahun rumusnya:

Nilai bunga tiap tahun: nilai bunga tiap bulan x jumlah bulan

5. Menghitung Persen Angsuran Bulanan

Biasanya ketika melakukan peminjaman dana di bank atau tempat pencairan dana maka akan diberlakukan sistem angsuran bulanan. Untuk menghitung persentase angsuran bulanan, berikut ini rumus umum sebagai cara menghitung persen angsuran bulanan:

Jumlah keseluruhan angsuran: angsuran per bulan x jumlah mengangsur

Setelah mendapatkan hasil jumlah angsuran, barulah menghitung persen angsuran bulanan, maka cara yang bisa dilakukan adalah menghitung jumlah pinjaman di bank dibagi jumlah keseluruhan angsuran x 100%.

6. Menghitung Persen Kenaikan Harga

Pada umumnya, suatu barang akan mengalami kenaikan harga, harga kenaikan akan dinyatakan dalam bentuk persen. Untuk menghitung persen kenaikan harga bisa dilakukan dengan dua cara. Adapun cara pertama yakni dihitung dengan rumus:

Baca Juga : Cara Menghitung Median dengan Mudah

Persentase: persen kenaikan harga x harga barang

Maksud dari rumus tersebut adalah persen kenaikan harga sama dengan persen kenaikan yang diberikan. Kemudian, harga barang  sama dengan harga barang yang diberikan. Ketika dihitung, maka hasil persennya akan keluar. Sedangkan untuk cara kedua keterangannya sama dengan cara pertama, hanya saja rumusnya berbeda, yakni:

Persentase: (100% + persen kenaikan harga) x harga barang

7. Menghitung Persen Harga Awal

Untuk menghitung persen harga awal maka yang diperlukan adalah cara hitungnya dalam bentuk persentase. Biasanya harga awal berupa persen diberikan oleh bank maupun tempat-tempat pencairan dana. Berikut ini akan diberikan rumusnya:

Nilai awal: harga barang : (100% + persen harga awal)

Dari rumus tersebut, apabila ingin menghitung persennya, maka pastikan harga barang sama dengan harga barang yang diberikan. Kemudian persen harga awal sama dengan persentase harga dalam bentuk persen.

8. Menghitung Persen yang Harus Dibayar

Menghitung persen yang harus dibayar merupakan cara yang biasa dijumpai ketika hendak menyewa gedung atau bangunan. Biasanya ada waktu sewa bulanan yang harus dibayarkan kepada pihak yang berwenang. Sebagai permulaan, untuk cara pertama menghitung persen yang harus dibayar adalah dengan rumus:

Nilai yang harus dibayar: persentase nilai yang harus dibayar x harga sewa

Maksudnya, persentase nilai yang harus dibayar = persen nilai yang harus dibayarkan. Lalu, harga sewa = harga sewa yang diberlakukan oleh pihak berwenang. Sedangkan di cara kedua hanya berbeda pola perhitungan yakni menggunakan rumus ini:

Potongan pajak: persen potongan pajak x harga sewa

9. Menghitung Persen Jumlah Orang

Untuk menentukan kehadiran dari jumlah orang, biasanya akan dinyatakan dalam bentuk persen. Ini akan jauh lebih memudahkan ketimbang menyatakannya dalam hitungan jumlah. Cara menghitung persen jumlah orang adalah sebagai berikut:

Persen jumlah orang: (jumlah seluruh orang : jumlah orang) x 100%

Keterangannya adalah jumlah seluruh orang = jumlah orang yang ada (keseluruhan jumlah). Sedangkan untuk jumlah orang = jumlah orang yang melakukan aktivitas tertentu. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

10. Menghitung Persen Jawaban Benar

Pada umumnya, guru maupun dosen akan menghitung jawaban benar dari nilai ulangan peserta didiknya. Untuk memudahkan pekerjaan, biasanya akan dibuat persen jawaban benar. Berikut ini adalah cara yang akan diberikan.

Persen jawaban benar: (jawaban benar : jumlah soal) x 100%

Adapun keterangannya adalah jawaban benar = jumlah jawaban benar dari keseluruhan jumlah soal, sedangkan untuk jumlah soal = jumlah keseluruhan soal (total jumlah soal). Nah, sampai sini apa ada yang pusing dengan cara menghitung jumlah persen dari berbagai macam model terapan sehari-hari? Tentunya tidak, sebab dengan adanya penjelasan di atas sangat memudahkan untuk menghitung persen dalam terapan sehari-hari.

Baca Juga : Cara Menghitung BEP Yang Wajib Diketahui Pebisnis

Kira-kira begitulah penggambaran jika ingin menghitung persentase, jumlah bagian, besar diskon, nilai bunga hingga jumlah seluruh angsuran dan lain sebagainya. Untuk menghitung persen selain manual, bisa digunakan alat bantu berupa kalkulator atau Microsoft Excel.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung persen yang mudah untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk dipakai dalam terapan kepentingan dan keperluan yang dibutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh para pembaca.

Related posts