5 Alasan Kenapa Tiktok Lemot dan Tips Mudah Mengatasinya

source : google.com

Teknologi digital yang semakin canggih membantu banyak pekerja kreatif untuk membuat konten khususnya di aplikasi Tiktok. Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang berhasil menarik ratusan juta pengguna itu dari hari ke hari menghasilkan konten terbaru. Sayangnya, untuk menikmati konten Tiktok kadang prosesnya lemot. Sekarang, mari simak kenapa tiktok lemot beserta tips untuk mengatasinya.

Alasan Tiktok Menjadi Lemot

Lemotnya aplikasi Tiktok pada gadget terkadang dapat membuat sedikit jengkel. Niat untuk mengisi waktu dengan menyebar hal positif atau up to date konten positif terbaru menjadi terhalangi. Sebelum membahas bagaimana mengatasinya, mari simak alasan tiktok menjadi lambat saat digunakan di bawah ini:

Read More

1. Memori Gadget Full

Memori di gadget android full menjadi alasan utama kenapa tiktok lemot. Tidak mengherankan karena gadget yang digunakan dipenuhi dengan berbagai file dan aplikasi yang di unduh dari waktu ke waktu. Menghapus aplikasi atau memindahkan file jarang dilakukan karena masih banyak aktivitas yang perlu didukung oleh aplikasi ataupun file tersebut.

2. Tumpukan Cache

Cache merupakan kelanjutan dari alasan sebelumnya. Bukan hanya file dan aplikasi saja, namun cache juga dapat menghambat aplikasi Tiktok saat sedang dibuka. Meskipun ada beberapa gadget yang memberikan notifikasi untuk membersihkan cache, banyak dari pengguna jarang memperhatikan hal tersebut. Konten tiktok membuat terlena sehingga notifikasi untuk sekedar membersihkan cache tidak ditanggapi.

3. Jaringan Internet Buruk

Untuk menikmati konten di Tiktok, jaringan internet dibutuhkan. Jika jaringan internet buruk, maka Tiktok auto lemot. Provider yang dipilih perlu  disesuaikan dengan ketersediaan sinyal di wilayah. Sama halnya jika menggunakan WiFi, masalahnya tidak jauh dari ketergantungan sinyal. Jaringan dapat lebih parah lagi jika terjadi cuaca buruk seperti hujan.

4. Belum Update Aplikasi

Aplikasi selalu dikembangkan oleh perusahaan teknologi yang bersangkutan termasuk aplikasi Tiktok sendiri. Fitur yang dirasa sudah cukup membuat tidak terlalu perlu untuk update dan mendapatkan fitur terbaru lainnya. Padahal efeknya Tiktok berjalan lambat daripada biasanya. Notifikasi update di Playstore yang dimatikan juga membuat Tiktok tidak otomatis menjadi versi terbarunya.

5. Buka Banyak Aplikasi Bersamaan

Saat pengguna selesai membuka satu aplikasi, bukannya langsung ditutup, malah dibiarkan terbuka. Alasannya agar notifikasinya tetap masuk dan tidak repot saat membukanya kembali. Maka, tidak heran jika aplikasi lain yang ingin dibuka termasuk Tiktok mengalami lag. Untuk itu, aplikasi apa saja ingin digunakan perlu diperhatikan sehingga tidak sering membukanya bersamaan.

Tips Mudah Mengatasi Tiktok Lemot

Setelah menyimak penyebab tiktok menjadi lemot di atas, sekarang mari ulas tips mudah untuk mengatasi kendala lemot pada Tiktok. Cukup dengan beberapa menit saja, Tiktok dapat kembali berjalan normal. Perhatikan daftar tipsnya berikut ini:

1. Gunakan Jaringan Internet Stabil

Karena aplikasi Tiktok bersifat online, maka jaringan internet adalah yang utama. Perhatikan ketersediaan sinyal provider yang dipilih. Untuk WiFi selain sinyal ada jaringan kabel yang perlu diperhatikan sebelum proses pemasangan. Selanjutnya paket jaringan internet dapat dipilih dan disesuaikan dengan isi kantong yang dimiliki.

Alihkan provider ke jaringan 4G juga disarankan agar internet lebih stabil. Buka pengaturan dan atur koneksi yang ingin digunakan. Jika memanfaatkan WiFi tekan pada urutan di atas sendiri yang mana sinyal yang dimiliki paling kuat.

2. Update Aplikasi

Setelah memastikan jaringan internet stabil, buka Play Store dan ketik Tiktok pada kolom pencarian. Kemudian, tekan pada tombol update. Tunggu beberapa saat hingga proses update aplikasi selesai dipasang di gadget.

3. Sediakan Memori yang Cukup

Tips terakhir adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang sudah jarang dipakai. Meskipun masih dianggap penting, ada baiknya untuk menghapusnya terlebih dahulu. Pasang kembali jika benar-benar dibutuhkan. Buka Playstore dan ketik beberapa nama aplikasi yang sudah jarang dipakai. Kemudian, tekan tombol uninstall.

Cara lainnya adalah dengan membuka pengaturan sehingga terdeteksi aplikasi yang jarang dipakai. Terdapat fitur pembersihan yang dapat menampilkan aplikasi jarang dipakai dan file yang telah lama tidak dibuka. Hapus atau pindahkan hingga memori yang tersedia pada gadget cukup longgar.

Kenapa tiktok lemot dapat diatasi dengan tips mudahnya di atas dan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pada akhirnya, konten terbaru dapat diikuti tanpa kendala yang berarti. Lebih positif lagi jika buka peluang kolaborasi pembuatan konten bersama pengguna lainnya lebih luas lagi. Kreativitas konten hasil diri sendiri menjadi berkembang lebih baik.

Related posts