Beginilah Cara Menghitung Diskon dengan Mudah Beserta Penjelasan Lainnya

Beginilah Cara Menghitung Diskon dengan Mudah Beserta Penjelasan Lainnya

Seringkali toko, pusat perbelanjaan ataupun online shop mengadakan promosi yang menawarkan berbagai diskon. Namun, sebagai pembeli yang cerdas, maka harus bisa mengetahui cara menghitung diskon agar tidak mudah ditipu oleh pemilik usaha. Hal itu dikarenakan, terkadang ada penjual yang melakukan manipulasi pada harga barang atau jasanya agar terlihat lebih murah.

Lalu, hal itu yang akan membuat orang-orang merasa tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa maupun produknya. Kemudian dengan melakukan ini, maka pemilik usaha bisa mendapat keuntungan dari ketidaktahuan pembelinya. Oleh sebab itu, perlu adanya pengetahuan tentang cara menghitungnya agar konsumen dapat berbelanja dengan nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Read More

Dengan begitu, para pembeli pun juga tidak akan mendapat kerugian dari adanya diskon yang sudah ditawarkan oleh penjual. Simak ulasan mengenai cara menghitungnya sekaligus informasi lainnya yang perlu diketahui oleh pembeli mengenai perhitungan diskon berikut ini!

Baca Juga : Cara Menghitung Median dengan Mudah

Apa Itu Diskon?

Diskon adalah bagian dari bentuk promosi yang biasanya ditawarkan oleh suatu bisnis kepada pelanggan untuk mengurangi biaya jasa atau barangnya. Lalu, biasanya para pemilik usaha akan memberikan diskon dengan berbagai alasan, seperti untuk mengurangi barang di gudang, promosi barang baru, atau lain sebagainya.

Adapun diskon yang diberikan juga dapat menambah nilai tersendiri bagi pelanggan yang sering membeli barang dengan harga murah. Namun, orang-orang pun juga harus dapat mengetahui cara menghitung diskonnya dengan cerdas. Hal ini dilakukan agar orang yang akan membeli barang atau menggunakan jasa tidak mudah ditipu oleh pemilik usaha.

Macam-Macam Diskon

Diskon yang ditawarkan oleh pemilik usaha pastinya akan membuat para konsumen merasa terdorong untuk membelinya. Selain itu, hal ini juga dapat membuat usaha tersebut semakin dikenal oleh orang-orang. Namun, ternyata diskon ini memiliki banyak macam yang juga perlu untuk diketahui dengan baik. Lalu, adapun macam-macam dari diskon, yaitu:

1. Diskon dengan Potongan Harga

Banyak usaha yang menerapkan sistem potongan harga untuk melakukan promosi pada barang atau jasanya. Lalu, biasanya pebisnis akan menetapkan diskon dengan potongan jumlah nominal, seperti Rp50.000,00 untuk semua atau beberapa produk maupun layanannya. Adapun cara menghitung diskon ini sangatlah mudah, yaitu hanya perlu mengurangi harga sebelum diskon dengan harga potongannya.

Namun, sebelum membeli atau menggunakan produk maupun jasanya dengan potongan harga, para konsumen harus memperhatikan terlebih dahulu pemberlakuannya. Hal ini dikarenakan, terkadang pemilik usaha memiliki variasi dalam pemberian potongan harga untuk barang atau jasanya.

Baca Juga : 4 Mata Kuliah Public Relation Dasar dan Wajib Dikuasai

2. Diskon dengan Persentase

Banyak bisnis juga yang juga menerapkan dengan sistem diskon menggunakan persentase, seperti 50% atau lainnya. Lalu, terkadang para pemilik usaha menetapkan diskon sesuai kriteria tertentu. Kemudian, penjual atau pemilik jasa biasanya akan menawarkan diskon persen dalam berbagai cara.

Sebagai contoh, adanya diskon up to 75 yang memiliki arti bahwa tidak semua produk memiliki diskon tersebut. Selain itu, ada juga yang menyajikan diskon 30% plus 40% berarti membeli lebih dari satu barang akan mendapatkan diskon tertentu.

3. Diskon Grosir

Diskon ini berlaku untuk para pelanggan yang memerlukan pembelian produk dengan jumlah banyak. Biasanya, diskon ini dilakukan oleh para penjual grosir atau yang menjual barang dengan jumlah banyak kepada para pedagang retail. Lalu, pengusaha grosir ini akan menawarkannya sesuai jumlah barang yang dipesan.

Adapun contohnya, yaitu adanya pembelian 1000 barang yang akan diberi diskon 10% per unitnya. Dengan begitu, maka harga satu barangnya akan dipotong 10%, lalu dikalikan dengan jumlah yang dibeli, yaitu 1000 buah.

4. Diskon Layanan Ongkos Kirim

Bagi orang-orang yang sering atau pernah melakukan belanja online, maka pastinya sudah tidak asing dengan adanya potongan ongkos kirim. Hal ini juga bentuk dari adanya promosi dalam bentuk diskon yang harus dimanfaatkan dengan baik. Namun, para pelanggan juga perlu untuk memperkirakan keuntungan yang didapat dari layanan ini.

5. Diskon Buy One Get One

Orang-orang pastinya merasa tidak asing dengan adanya diskon beli satu gratis satu. Hal tersebut dikarenakan, jenis diskon ini cukup banyak digunakan oleh pebisnis yang ingin barang atau jasanya banyak diminati. Nantinya, konsumen yang menggunakan diskon ini akan mendapat keuntungan untuk mendapatkan dua produk atau layanan dengan membayar satunya saja.

Baca Juga : Mata Kuliah Kedokteran Hewan, yang Bercita-cita Jadi Vet Wajib Tahu!

Cara Menghitung Diskon Beserta Contohnya

Bagi orang-orang yang hobi berbelanja, maka perlu mengetahui bagaimana cara menghitung diskon dengan benar. Hal ini dilakukan agar lebih nyaman saat melakukan kegiatan belanja secara langsung maupun online. Adapun cara untuk melakukan perhitungan diskon satu ini terbilang sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Menghitung Diskon …%

Diskon jenis ini terbilang cukup mudah untuk dihitung, karena orang bisa melakukannya di luar kepala jika sudah memahaminya. Adapun rumus yang bisa digunakan untuk menghitungnya, yaitu harga normal dikurangi diskon yang sudah dikali dengan harga normalnya.

Misalnya saja, harga normal dari buku novel, yaitu Rp 53.000,00 dan mendapatkan diskon sebesar 35%. Dengan kata lain, maka orang tersebut cukup membayar 65% saja dari harga barang aslinya. Adapun rumus dari cara menghitungnya, sebagai berikut.

= Harga asli – (diskon x harga asli)

= Rp53.000,00 – (35% x Rp53.000,00)

= Rp53.000,00 – (35/100 x Rp53.000,00)

= Rp53.000,00 – Rp18.550,00

= Rp34.450,00

Dari perhitungan tersebut, maka para konsumen hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 34.450,00. Hal ini pastinya akan menguntungkan bagi pembeli atau penggunanya, karena bisa menikmati potongan harga tersebut. Namun, ternyata selain dari cara tersebut, ada juga rumus lainnya yang bisa digunakan untuk menghitung diskon, seperti berikut.

= (100% – diskon) x harga asli

= (100% – 35%) x Rp53.000,00

= 65% x Rp53.000,00

= 65/100 x Rp53.000,00

= Rp34.450,00

Dengan begitu, maka uang yang dikeluarkan oleh konsumennya akan tetap sama saja, yaitu sebesar Rp 34.450,00 atau 65% dari harga aslinya. Oleh karena itu, bagi pembeli yang ingin menikmati layanan diskon seperti ini, maka bisa memilih untuk menghitung menggunakan salah satu cara dari kedua rumus tersebut.

2. Menghitung Diskon …% + …%

Salah satu jenis promosi barang yang juga sering ditemui oleh banyak orang, yaitu menggunakan diskon tambahan. Misalnya saja, ada suatu usaha produk yang menawarkan diskon sebesar 25% + 10%. Jika pembeli menambahkannya menjadi 35%, maka itu adalah pemikiran yang salah.

Dalam perhitungan diskon seperti itu, maka konsumen perlu menghitung terlebih dahulu diskon awal produknya. Lalu, setelah menemukan hasilnya, maka bisa langsung menghitungnya kembali menggunakan diskon kedua. Adapun contohnya, yaitu sebuah bedak dengan harga Rp46.000,00 memiliki diskon sebesar 25% + 10%. Dengan begitu, maka berikut adalah rumus dari perhitungan diskonnya.

Diskon pertama

= Harga asli – (diskon x harga asli)

= Rp46.000,00 – (25% x Rp46.000,00)

= Rp46.000,00 – (25/100 x Rp46.000,00)

= Rp46.000,00 – Rp11.500,00

= Rp34.500,00

Diskon tambahan

= Harga dengan diskon awal – (diskon x harga dengan diskon awal)

= Rp34.500,00 – (10% x Rp34.500,00)

= Rp34.500,00 – (10/100 x Rp34.500,00)

= Rp34.500,00 – Rp3.450,00

= Rp31.050,00

Dari perhitungan diskon tersebut, maka kesimpulannya pembeli hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 31.050,00 untuk membeli bedaknya. Dengan begitu, konsumen tersebut dipastikan akan mendapatkan potongan harga Rp14.950,00 dari diskon 25% + 10%.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Kalkulus yang Akan Diajarkan pada Semester I

Demikian ulasan mengenai cara menghitung diskon beserta penjelasan lainnya yang pastinya sangat penting untuk diketahui. Dengan memahami hal tersebut, maka orang-orang bisa dengan nyaman menikmati diskon yang biasanya ada pada produk atau layanan jasa. Selain itu, konsumen juga dapat lebih bijak dalam berbelanja agar tidak mudah ditipu oleh pemilik usaha

Related posts