Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami serta Treatment

Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami serta Treatment

Hal yang paling menyebalkan dari masalah hormonal adalah jerawat, meskipun banyak juga memiliki penyebab lainnya seperti wajah yang kotor. Selain itu, seringkali bagian jerawat yang paling sulit untuk dihilangkan adalah bekasnya sehingga menimbulkan warna kehitaman di area kulit. Untuk menjaga wajah, tentu harus tahu cara menghilangkan bekas jerawat dengan memanfaatkan bahan alami atau produk tertentu.

Ada beberapa pilihan untuk menghilangkan bekas jerawat agar dapat ke warnanya semula yaitu menggunakan produk atau masker tertentu. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bekas jerawat muncul dari banyak faktor seperti memaksa jerawat untuk pecah atau isinya belum keluar semua. Di bawah ini akan disampaikan cara menghilangkan bekas jerawat serta rekomendasi bahannya yaitu:

Read More

Meniadakan Bekas Jerawat Memakai Bahan dari Alam

Pembahasan awal yakni cara menghilangkan bekas jerawat sebagai rescue yang tepat dan aman adalah dengan bahan alami. Tidak hanya obat oles khusus untuk jerawat, namun ada beberapa bahan alami dan perawatan kecantikan lainnya yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Langsung simak yuk cara meniadakan bekas jerawat secara alami yang akan dipaparkan berikut:

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bahan Alami Yang Mudah Ditemukan

1. Menggunakan Madu

Perlu diperhatikan bahwa pemakaian madu yang baik dan benar dalam cara menghilangkan bekas jerawat adalah madu murni. Tidak disarankan menggunakan madu yang memiliki rasa atau komposisinya terdiri dari bahan selain madu untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya sebagai penghilang jerawat dapat dicoba sebagai masker wajah sebelum tidur.

Pertama masukkan 2 sendok madu ke dalam wadah, kemudian aduk dan oleskan ke wajah dengan menggunakan kuas. Ratakan dan tunggu sekitar 15 menit dan terakhir bilas lalu cuci muka dengan menggunakan sabun wajah, gunakan masker madu pada wajah 3 hari sekali.

2. Memanfaatkan Lemon atau Jeruk Nipis

Dipercaya bahwa kandungan vitamin C pada bahan tersebut dapat memudarkan flek hitam dan bekas jerawat yang berbeda dari warna kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat satu ini dapat digunakan setiap hari pada tahap setelah pemakaian skincare dan sebelum tidur.

Cara untuk menggunakannya adalah dengan mengiris 1 slices buah jeruk nipis atau lemon, kemudian diletakkan pada bagian bekas jerawat. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan memeras airnya, lalu dioleskan pada bekas jerawat menggunakan kuas atau jari. Ketika sudah selesai pemakaian dapat dicuci ketika pagi hari, serta jangan lupa menggunakan pelembab setelah itu.

3. Memakai Produk Lidah Buaya

Terakhir dari produk yang dapat digunakan dalam cara menghilangkan bekas jerawat adalah produk-produk lidah buaya yang dapat diperoleh alami atau membelinya. Ada berbagai macam produk murni dari lidah buaya yang dirilis seperti Wardah Nature Daily Aloe Vera dan Nature Republic. Akan tetapi, jika memiliki lidah buaya alami maka dapat langsung menggunakan juga akan lebih baik.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Jerawat Punggung Paling Ampuh

Dipercaya kandungan lidah buaya dapat menetralkan kondisi wajah dan membuat kulit menjadi lebih tenang dari bakteri. Penggunaan yang baik untuk memakai lidah buaya adalah setelah mandi atau menggunakan skincare dan pada waktu malam saat sebelum tidur. Menggunakan lidah buaya secara rutin, diyakini akan membantu kulit untuk melakukan regenerasi atau pergantian lebih cepat.

4. Memanfaatkan Soda Kue

Sifatnya yang membuat kulit wajah menjadi kering, mungkin beberapa orang menghindarinya namun ternyata cukup efektif menghilangkan bekas jerawat. Perlu diperhatikan juga bahwa setelah menggunakannya, pastikan menggunakan pelembab atau bahan alami lain yang dapat melembabkan. Hal ini disebabkan, penggunaan soda kue dapat menjadikan kulit karena penyerapan air yang tinggi.

Pertama larutkan soda kue secukupnya dengan menggunakan air murni atau air mawar. Kemudian buat adonan menjadi sedikit kental dan dapat dipegang untuk diaplikasikan. Setelah itu, letakkan adonan tersebut ke wajah sebelum menggunakan skincare. Tunggu paling lama 10 menit dan bilas dengan air bersih, lalu lakukan tahap skincare seperti biasa.

Menghapus Bekas Jerawat dengan Metode Perawatan

Selain melakukan cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan cara alam, juga alternatif lain yaitu menggunakan metode perawatan. Berbagai metode untuk menghilangkan bekas jerawat sudah cukup berkembang misalnya laser, filler, dan sebagainya. Simak paparan penjelasan berikut untuk mengetahui cara menghapus bekas jerawat dengan metode tersebut yaitu:

1. Menggunakan Metode Perawatan Filler

Fungsi utama menggunakan metode filler adalah dapat mengisi bekas jerawat yang berbentuk seperti lubang. Sebelum menggunakannya tentu butuh beberapa persiapan dan langkah ekstra hati-hati seperti:

  • Pilih salah satu klinik kecantikan yang sudah memiliki sertifikasi aman.
  • Lakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk mematangkan apakah metode filler
  • Pastikan seluruh persyaratan dan perawatan yang harus dijalani setelah melakukan metode perawatan tersebut.
  • Atur jadwal untuk melakukannya.
  • Setelah selesai melakukannya, lakukan konsultasi sesekali sesuai dengan syarat yang telah disampaikan sebelumnya.
  • Melakukan metode filler harus diulang dalam 6 bulan untuk menjaga dan memaksimalkan hasilnya.

2. Memanfaatkan Laser Untuk Menghilangkan Bekasnya

Selain teknik tersebut, ada cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan metode yang lebih aman yaitu laser. Tujuannya adalah untuk memacu produksi kolagen kulit agar dapat melakukan regenerasi dengan cepat, sehingga bekas jerawat tertutup. Penjelasan mengenai metode penggunaannya akan disampaikan berikut:

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Kram Perut Saat Menstruasi

  • Sama seperti langkah sebelumnya, lakukan konsultasi.
  • Kemudian tentukan jenis treatment yang akan dipilih. Untuk bekas jerawat, laser non ablatif lebih disarankan.
  • Setelah selesai, jaga kondisi wajah dengan rutin menggunakan
  • Sebelum memulai aktivitas, gunakan skincare setiap pagi dan jangan lupa
  • Kemudian pada malam hari, lakukan step skincare yang sama tanpa menggunakan
  • Sesekali gunakan masker untuk menghilangkan jerawat.
  • Lakukan hal tersebut setiap hari secara rutin hingga bekas jerawat sedikit demi sedikit mulai menghilang.

Tips Mencegah Jerawat agar Tidak Memiliki Bekas

Setelah mengetahui apa saja langkah yang direkomendasikan untuk menghilangkan bekas jerawat, perlu diketahui dahulu bahwa bekas jerawat ternyata dapat dicegah. Ada dua tipe bekas jerawat yang muncul yaitu berwarna hitam dan merah yang biasanya berpotensi menumbuhkan jerawat kembali. Simak penjelasannya untuk mengetahui tips mencegah bekas jerawat antara lain:

1. Jangan Menusuk atau Memegang Jerawat

Hal dasar yang perlu diketahui agar tidak menyebabkan jerawat memiliki bekas adalah jangan menusuk atau memegang jerawat. Biasanya beberapa orang ingin jerawatnya cepat hilang dengan menusuknya menggunakan jarum, namun hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan. Pasalnya isi jerawat mungkin akan menempel ke bagian wajah lain dan menimbulkan jerawat baru.

Selain itu, hal tersebut dapat memperburuk keadaan jerawat yang mungkin dapat menyebabkan bengkak atau masalah baru. Kemudian memegang jerawat dengan tangan yang kotor juga lebih baik dihindari untuk membiarkan jerawat matang dan hilang secara alami. Kebiasaan untuk memegang atau memencet jerawat juga akan membuat jerawat membekas karena belum sepenuhnya hilang.

2. Gunakan Acne Patch Untuk Melindungi dan Mempercepat Jerawat Matang

Saran selanjutnya adalah menggunakan acne patch untuk dapat menghindari jerawat dari bakteri atau sentuhan benda lain yang kotor. Selain itu, fungsi acne patch juga dapat menyerap sebum atau minyak sehingga jerawat akan kering dan sembuh lebih cepat. Biasanya bentuknya bulat dengan harga umum 10 buah acne patch 5 sampai 10 ribu rupiah saja.

3. Tetap Gunakan Perawatan Wajah Secara Rutin

Lebih baik mencegah dibanding melakukan berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang tentunya lebih sulit dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk tetap merawat wajah meskipun memiliki jerawat yaitu dengan menggunakan skincare secara rutin. Periksa juga kandungan dan tahap menggunakan skincare apakah sudah benar atau belum, sebab ada beberapa bahan yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

Demikian cara menghilangkan bekas jerawat yang dapat dilakukan, cara mencegahnya, dan beberapa bahan yang disarankan untuk digunakan. Memang kemunculan jerawat merupakan salah satu hal yang alami terjadi di kulit wajah, bahkan punggung atau dada juga dapat muncul jerawat. Selain jerawat, sebenarnya ada berbagai macam masalah kulit yang harus diwaspadai seperti komedo.

Related posts