4 Cara Mengecilkan File PPT Dengan Mudah

4 Cara Mengecilkan File PPT Dengan Mudah

Mengecilkan ukuran file powerpoint atau PPT sangat mudah dilakukan baik secara online dengan website maupun dengan cara lainnya. Penyebab file memiliki ukuran yang lumayan besar biasanya karena terlalu banyak menyisipkan gambar serta video. Sehingga ukurannya menjadi bertambah, cara mengecilkan file ppt akan menjadi solusi agar saat melakukan presentasi tidak error.

Manfaat mengecilkan ukuran file akan membuat presentasi menjadi lebih lancar. Saat akan mengirimkan file dengan ukuran yang lebih kecil juga akan memakan paket data yang sedikit. Dengan mengedit isi dari PPT baik itu gambar maupun video juga bisa memperkecil ukuran file PPT. Berikut beberapa cara mengecilkan ukuran file PPT:

Read More

1. Gunakan Situs Web Wecompress

Cara yang paling sering dilakukan untuk mengecilkan ukuran file ialah dengan cara mengompres ukuran file secara online. Dengan begitu ukuran file bisa disesuaikan dengan kemauan pemakainya. Salah satu situs yang bisa digunakan untuk mengompres file PPT ialah Wecompress, pengguna bisa langsung mengecilkan file lewat situs ini.

Baca Juga : 3 Cara Mengecilkan File Word di Hp Android

Langkah pertama pengguna masuk ke situs ini melalui browser. Selanjutnya drop file PPT dari folder penyimpanan ke ikon plus di Wecompress. Pengguna juga bisa langsung klik ikon plus untuk mencari file. Kemudian situs akan memulai untuk mengompres file, tunggu hingga selesai. Langkah terakhir downloadlah file yang sudah selesai dikompres.

2. Pakai Link Untuk Menyisipkan Video

Ukuran file PPT yang besar sebagian besar karena menyisipkan video dengan ukuran yang besar. Sehingga file PPT juga akan bertambah besar dengan adanya video tersebut. Apabila pengguna menyisipkan video lebih dari satu dengan durasi per video tiga menit maka ukuran videonya juga akan semakin membengkak.

Solusi untuk mengatasi permasalahan menyisipkan video pada file PPT ialah dengan menggantinya dengan menyisipkan link video saja. Dengan begitu ukuran file PPT tidak akan bertambah besar. Hanya saja saat melakukan presentasi perangkat harus terkoneksi dengan jaringan internet agar video bisa ditonton.

Baca Juga : 2 Cara Mengembalikan File Flashdisk Yang Terhidden Oleh Virus Dijamin Berhasil

3. Lakukan Kompres File Dengan Format RAR atau Zip

Mengirim file PPT dengan ukuran yang besar juga akan menambah penggunaan paket data yang besar. Cara mengecilkan file PPT dengan mengubah format penyimpanan dengan RAR atau Zip. Sehingga saat akan mengirimnya paket data yang digunakan tidak terlalu banyak, file juga akan mudah terkirim.

Cara melakukan kompres file PPT ke format Zip atau RAR sangat mudah. Hal pertama yang dilakukan ialah klik kanan file PPT yang sudah disimpan pada folder. Selanjutnya pilih menu add to archive. Kemudian konfigurasi format penyimpanan file ke RAR atau Zip. Pilihlah menu kompres RAR atau Zip pada add to archive dengan menu compression method best.

4. Lakukan Kompres Gambar Yang Akan Disisipkan

Gambar yang disisipkan juga akan menambah ukuran file PPT. Jika dalam satu PPT terdapat 10 gambar dengan ukuran 1 MB maka sudah menyumbang 10 Mb untuk ukuran PPT. Hal ini akan membuat file terlalu besar dan saat presentasi file PPT tidak akan lancar. Cara mengatasi masalah ukuran file gambar ini bisa dengan mengompres gambar terlebih dahulu.

Langkah caranya sangat simpel pengguna perlu membuka file PPT terlebih dahulu, kemudian klik gambar yang disisipkan. Selanjutnya klik menu format, laku pilih menu compress picture untuk mengurangi ukurannya. Kemudian konfigurasi format gambar, aktifkan apply only to this picture dan delete cropped. Pilih opsi Email 96 ppi pada resolusi lalu klik OK, selesai.

Baca Juga : Cara Menghapus File Sampah Di Ram Smartphone Samsung Paling Mudah

Mengubah ukuran file PPT menjadi salah satu hal wajib dilakukan jika presentasi akan lancar meskipun menyisipkan banyak gambar dan video. Cara mengecilkan file PPT di atas patut dilakukan jika permasalahan pada PPT sangat mengganggu saat melakukan presentasi.

Related posts