Cara Ganti Aki Mobil Mainan Dengan Aki Motor, Ternyata Mudah

cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor
cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor

Apakah aki bawaan dari mobil mainan anak di rumah sudah soak dan tidak ada budget yang cukup untuk membeli baru? Sebaiknya cobalah cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor yang harganya lebih terjangkau. Gaya modifikasi seperti ini telah dibuktikan oleh banyak pengguna dan mampu meningkatkan performa mobil mainan.

Sudah banyak tutorial yang menjelaskan langkah-langkah mengganti aki rusak pada mobil mainan. Jadi tidak perlu khawatir bingung dan membeli aki asli yang harganya membuat kantong kering. Bahkan setelah diganti dengan aki motor, mobil mainan dapat melaju lebih cepat daripada biasanya. Mengenai langkah-langkahnya dapat disimak pada keterangan di bawah.

Cara Mengganti Aki Mobil Mainan

Meskipun terbilang rumit, terkhusus bagi orang yang awam, sebenarnya cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor cukup mudah dipelajari. Hanya dengan membaca panduan di bawah ditambah menonton tutorial, dijamin langsung bisa mempraktikkan. Pastikan melakukannya sesuai urutan langkahnya berikut:

  • Siapkan aki motor. Langkah pertama tentu menyiapkan aki motor yang akan dijadikan sebagai ganti dari aki bawaan mobil mainan. Pengguna dapat memakai aki bekas, namun masih menyimpan arus listrik dan layak dipakai. Jika membeli yang baru juga lebih bagus.
  • Siapkan step down. Ukuran standar dari aki mobil mainan hanyalah 6 Volt, sedangkan aki motor memiliki ukuran 12 Volt. Itu artinya, diperlukan alat penurun arus yang biasa disebut dengan istilah step down. Peralatan tersebut banyak dijual di toko online.
  • Copot aki mobil mainan. Selanjutnya adalah mencopot aki mobil mainan yang terletak di bawah kursi. Putar kunci di atas kursi, lalu lepas kabel yang dikaitkan pada aki. Selanjutnya lepas pula pengunci aki dengan memutar bautnya.
  • Pasang step down. Step down memiliki dua bagian, yakni IN yang dipasang ke arah aki motor dan OUT yang menuju ke receiver. Potong kabel tepat di tengah-tengah antara receiver dan aki, lalu pasang step down. Sesuaikan arah dan jenis kabel plus minus-nya.
  • Pasang aki motor. Sekarang saatnya memasang aki motor di tempatnya. Sambungkan kabel hitam ke bagian minus aki dan kabel merah di posisi plus. Sambung pula kabel pada step down ke arah aki.
  • Atur step down. Langkah terakhir yaitu mengatur step down agar arus yang keluar dari aki 12 Volt menjadi 6 Volt. Caranya adalah atur display menampilkan angka OUT dengan menekan tombol. Lalu putar menggunakan tang ke arah kiri hingga berganti 6. Setelahnya, tutup kembali dan coba nyalakan mobil mainan.

Keuntungan Mengganti Aki Mobil Mainan dengan Aki Motor

Biasanya aki mobil mainan diganti saat sudah soak. Tapi ternyata harganya di pasaran cukup mahal. Untuk ukuran standar 6 Volt berada di kisaran Rp400 ribu. Karena itulah, lebih baik memilih alternatif lain dan menggantinya dengan aki motor saja. Beberapa e-commerce menjual aki motor 12 Volt dengan harga Rp100 ribu.

Keuntungan lain menggantinya dengan aki motor yaitu mobil mainan lebih tahan lama. Jika memakai aki bawaan, biasanya hanya bertahan 15-20 menit saat digunakan terus menerus. Namun dengan memakai aki motor, mobil mainan bisa bertahan hingga dua jam. Selain itu, lebih nyaman dipakai untuk ngebut.

Demikian cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor. Hal penting saat memilih aki motor adalah ukurannya sesuai dengan aki standar mobil mainan. Jika besar, arusnya harus diturunkan menggunakan step down. Tapi untuk mobil mainan yang sudah memakai aki 12 Volt tidak memerlukan alat tersebut dan bisa langsung diganti.

 

Related posts