Cari Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar? Baca Disini!

cara melepas aki mobil yang benar
cara melepas aki mobil yang benar

Ketika seorang pemilik mobil hendak memeriksa sebuah aki mobil untuk diperbaiki, penting baginya mengetahui cara melepas aki mobil yang benar. Bukan saja karena banyak yang salah melepas aki, namun pengetahuan seperti ini dinilai penting untuk dimiliki. Apabila salah langkah dalam melepas aki, bisa-bisa aki malah akan merusak komponen lain.

Biasanya, aki mobil dilepas untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan aki. Ada juga yang ingin mengganti air aki, membersihkan aki, atau bahkan untuk memperbaiki mobil. Aki dilepas agar pemilik mobil tidak tersetrum ketika menyentuh komponen yang mengandung arus listrik.

Cara Melepas Aki Mobil

Diperlukan ketelitian dan kesabaran untuk pemula yang baru akan belajar melepas aki mobil. Namun, apabila cara melepas aki mobil yang benar sudah dipahami, maka untuk kedepannya, hal ini bukan masalah besar lagi. Ingin segera pakar dalam hal melepas aki mobil? Silakan cermati dahulu langkah langkahnya berikut ini:

1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Untuk tahap pertama dalam cara melepas aki mobil, pemilik mobil harus menyiapkan alat yang dibutuhkan. Ini bertujuan agar selama proses berlangsung, pemilik tidak perlu bolak balik mengambil setiap alat yang harus dipakai. Alat tersebut antara lain obeng, kunci pass, dan juga tang.

2. Pastikan Mesin Mobil Berada dalam Keadaan Mati

Setelah menyiapkan ketiga alat yang dibutuhkan tadi, hal yang harus dilakukan adalah memastikan mesin mobil mati. Benar, pemeriksaan aki harus dilakukan saat mobil tidak aktif. Hal itu dikarenakan aki merupakan komponen penghidup mesin. Apabila aki diambil saat mobil sedang hidup, maka yang terjadi adalah mobil menjadi rusak.

3. Lepaskan Kutub Positif dan Negatif

Langkah selanjutnya adalah melepaskan kedua kutub yang ada di aki. Kutub aki terdiri dari kutub positif dan negatif. Kutub negatif warnanya hitam dan kutub positif warnanya merah. Ingat, lepaskan kutub negatif terlebih dahulu agar tidak mengalami korsleting arus listrik. Lepaskan kabel di sekitar kutub, lepaskan baut, baru lepaskan klemnya.

4. Tanggalkan Bracket Aki

Komponen satu kesatuan aki dan rangka mobil disambungkan oleh sebuah benda bernama bracket. Benda ini berbentuk seperti rangkaian besi yang panjang dan melintang. Jadi, setelah kedua kutub aki dilepas, saatnya pemilik mobil melepas bracket yang melingkari aki. Lepaskan bracket menggunakan kunci pass nomor 10 atau nomor 12.

5. Bawa Aki Naik Perlahan dan Hati Hati

Apabila pemilik mobil sudah melakukan beberapa rangkaian cara melepas aki di atas, artinya kini tersisa cara terakhir. Satu satunya yang harus dilakukan adalah melepas aki, membawanya naik secara perlahan. Hati-hati, aki mobil memiliki berat yang tidak bisa dianggap enteng, jadi diperlukan kekuatan yang besar untuk mengangkatnya.

Cara Mengembalikan Aki ke Tempatnya

Mengetahui cara melepas aki mobil yang benar saja tidak cukup. Setelah urusan selesai mengenai aki, maka pemilik mobil pun harus tahu bagaimana cara mengembalikan aki ke tempatnya. Tenang saja, caranya tidak sulit. Semua yang harus dilakukan adalah mengikuti tahapan langkahnya di bawah ini:

  • Taruh aki pada dudukan awalnya.
  • Pasang kedua kutub aki seperti sedia kala.
  • Letakkan kembali bracket aki.
  • Sambungkan kabel kabel di sekitar aki.
  • Nyalakan mobil.

Itulah tadi rangkaian cara melepas aki mobil yang benar serta cara memasangnya kembali. Apabila cara ini dilakukan secara mandiri dan berulang, pemilik mobil pasti akan terbiasa untuk melepas aki. Baiknya, pemilik mobil bisa menyelesaikan masalah masalah kecil soal aki tanpa harus pergi ke bengkel mobil lagi seperti sebelumnya.

 

Related posts