5 Cara Memotong Rantai Motor secara Manual dengan Mudah

cara memotong rantai motor
cara memotong rantai motor

Masalah rantai juga menjadi salah satu komponen motor yang sering bermasalah. Masalah paling sering dialami terkait rantai motor yaitu rantai kendor bukan? Beberapa mungkin bingung bagaimana cara memotong rantai motor, apalagi secara manual.

Memotong rantai secara manual lebih mudah dilakukan sendiri tanpa peralatan yang harus didapatkan dengan harga mahal. Ini menjadi informasi menarik tersendiri apabila menemukan tutorial yang mudah bagi pengguna motor yang sering mengalami masalah rantai kendor. Lalu bagaimana cara mudahnya? Di bawah ini paparan lengkapnya:

1. Copot Rantai dan Gear-nya

Langkah pertama untuk memotong rantai motor tentu saja dimulai dengan mencopot rantai dan gear nya. Bila selesai melewati langkah ini maka bagian rantai akan nampak lebih jelas dan pastinya mempermudah proses lanjutannya. Setelah ini maka bisa dengan mudah nantinya pemilik motor untuk menentukan panjang rantai yang perlu dipotong sebagai solusi.

2. Tentukan Jumlah Mata Rantai yang Perlu Dipotong

Setelah menyelesaikan langkah cara memotong rantai motor yang pertama, maka sudah bisa menentukan berapa panjang rantai motor untuk dipotong. Gampangnya, pemilik motor menentukan menggunakan bagian gear rantai sebagai pengukurnya.

Bila sudah ditemukan berapa banyak mata rantai yang perlu di-cut, lanjutkan dengan meletakkan ke posisi paling depan baut as roda belakang. Setelahnya, pasang kembali rantai sebagai upaya menentukan panjang rantai yang perlu dipotong. Beri tanda pada mata rantai supaya pemotongannya tepat.

3. Siapkan Alat Gerinda

Berhubung cara memotong rantai motor kali ini secara manual maka hanya diperlukan alat gerinda saja. Alat ini dapat membantu proses pemotongan rantai supaya kinerja motor yang tidak stabil kembali normal. Apalagi untuk yang low budget pastinya cara manual ini sangat bermanfaat.

Pastikan alat gerinda yang dipakai kondisinya masih tajam supaya lebih efektif dalam proses pemotongan rantai motor. Selain itu, hasil potongannya pun bisa sesuai dengan keinginan tanpa mengalami kendala serius yang mengkhawatirkan.

4. Siapkan Palu dan Besi

Proses eksekusi pemotongan rantai diperlukan peralatan lain berupa palu dan besi. Penggunaan alat ini tentu ketika jumlah mata rantai yang ingin dipotong sudah ditemukan dan pas. Alat ini merupakan alat tambahan untuk memotong rantai motor secara manual. Letakkan gerinda yang sudah disiapkan pada langkah sebelumnya pada alas datar untuk memulai proses pemotongan.

Selain itu, di atas rantai letakkan juga besi sebagai tambahan beban supaya cara memotong rantai motor lebih mudah. Tapi sebelumnya letakkan rantai pada lubang baut tanpa selisih sedikitpun. Setelah itu, ambil palu untuk mengeksekusi pemotongan rantai dengan cara memukulkannya pada besi. Tahan pada bagian bawahnya dengan menggunakan mur dengan ukuran sekitar 14 mm.

5. Sambung Kembali Rantai Motor

Setelah berhasil memotong rantai motor secara manual, berikutnya adalah menyambung mata rantai motor tersebut. Pemasangannya ini dapat dilakukan menggunakan alat khusus. Tapi bagi yang tidak mempunyai alat bisa menyambungnya sendiri secara manual.

Setelah rantai motor berhasil dipasang, diperlukan perhatian lebih bagi pemilik motor untuk melakukan perawatan rantai motor agar tidak mengalami masalah lagi. Penggunaan pelumas rantai juga menjadi salah satu cara merawat rantai motor supaya lebih tahan lama dan anti kendor.

Demikianlah cara memotong rantai motor secara manual yang mudah diikuti oleh pengguna motor. Cara ini sangat bermanfaat bagi yang jauh dari bengkel dan sedang dalam kondisi tidak punya budget untuk memperbaiki pada tukang bengkel. Tentu saja, paling tepatnya informasi di atas cukup solutif bagi yang sering mengalami masalah rantai kendor. Jadi, tidak perlu khawatir lagi.

 

Related posts