Begini Cara Mengatasi Kunci Motor Macet dengan Mudah

cara mengatasi kunci motor macet
cara mengatasi kunci motor macet

Tidak dapat dipungkiri bahwa kunci termasuk jenis komponen yang krusial dan dimiliki terutama jika ingin menggunakan sebuah motor. Hanya saja, terkadang malah ditemukan beberapa permasalahan sehingga dibutuhkan adanya cara mengatasi kunci motor macet yang cepat dan sesuai kebutuhan. Belum lagi dengan adanya kondisi mendadak yang bisa membuat frustasi.

Secara sederhana, kondisi yang melibatkan sebuah kunci motor yang macet ini bukan hal yang baru sehingga tidak perlu khawatir lagi. Apalagi ternyata memang ada beberapa faktor yang tidak hanya penting namun memiliki pengaruh yang besar pada komponen kunci pada motor. Untuk mengenali beberapa penyebab dan solusinya, silakan simak di sini:

Mengapa Kunci Motor Menjadi Macet?

Pada masa sekarang, permasalahan seperti kunci motor yang macet ini memang makin banyak ditemui terutama oleh yang sering menggunakan kendaraannya. Namun sayangnya malah makin banyak pula yang tidak mengenali bahwa permasalahan ini bisa disebabkan oleh adanya kotoran yang dibiarkan lama. Jika dibiarkan lama dan menumpuk, maka akhirnya kunci menjadi macet.

Solusi untuk Kunci Motor yang Macet

Setelah mengenali beberapa informasi yang penting terkait dengan faktor penyebab yang ada, silakan juga mengetahui cara mengatasi kunci motor macet. Secara sederhana, memang ada beberapa solusi yang tidak hanya menarik untuk dicoba namun ternyata bisa disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki. Mari kenali beberapa jenis solusinya dalam uraian di bawah ini:

1. Menggunakan Cairan Penetran

Pertama, ada sebuah cara mengatasi kunci motor macet  yang menarik untuk dicoba secara langsung bahkan tanpa memakan waktu yang lama. Setiap orang hanya perlu memanfaatkan bantuan dari sebuah cairan penetran yang dimiliki hanya untuk mengurangi kotoran yang membandel di sana. Bahkan tata caranya pun sederhana, hanya dengan disemprot beberapa kali.

2. Memanfaatkan Minyak Goreng

Untuk solusi yang kedua ini secara sederhana juga bisa dikategorikan sebagai cara yang paling mudah untuk dicoba bahkan pertama kalinya. Tanpa harus membuang banyak waktu ditambah dengan pengeluaran yang sedikit, setiap orang hanya perlu mengambil minyak goreng dan mengoleskannya secara perlahan. Silakan tunggu selama beberapa waktu dan nantinya kunci bisa dipakai.

3. Memakai Oli Baru

Sementara itu, untuk solusi yang selanjutnya ini juga jangan sampai ketinggalan untuk dicoba bahkan untuk pertama kalinya dengan mudah. Kali ini, setiap pemilik dan pengguna motor yang menemukan masalah kunci yang macet hanya memerlukan bantuan dari oli yang baru. Coba nanti oles secara perlahan pada bagian yang memang macet.

4. Mengubah Silinder Starter

Kali ini, setiap orang hanya memerlukan bantuan dari sebuah kaleng udara yang sudah memiliki tingkat tekanan yang tinggi dan sesuai. Jika memang sudah memilikinya, maka nanti hanya perlu mencoba untuk menyemprotkan udaranya di sekitar tempat kunci motor yang ada itu macet. Setelah itu, tunggu selama beberapa menit dan kuncinya pun lepas.

5. Menggerakkan Kunci Kotak

Bahkan untuk solusi yang terakhir ini juga masih bisa dimasukkan ke dalam kategori yang mudah untuk dipraktikkan oleh para pemula. Nantinya, setiap orang hanya perlu mencoba untuk menggerakkan kunci yang macet secara perlahan ke arah luar dan tunggu beberapa waktu. Setidaknya coba tarik dengan ukuran sekitar 2 milimeter saja setelah menggerakkan.

Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa jenis cara mengatasi kunci motor macet  di atas tentu saja jangan sampai dilewatkan untuk diketahui. Apalagi ternyata pada masa sekarang, permasalahan seperti kunci yang macet ini memang semakin ditemukan sehingga perlu disesuaikan dengan solusinya juga. Belum lagi jika ada kondisi yang darurat pada saat itu.

 

Related posts