Begini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Lemah, Mudah!

cara memperbaiki aki kering yang lemah
cara memperbaiki aki kering yang lemah

Aki merupakan suatu komponen penting dalam suatu kendaraan. Tidak heran jika perawatan aki memang sangat penting untuk menunjang kinerjanya. Namun, tidak dipungkiri bahwa aki bisa saja mengalami suatu masalah. Misalnya aki kering dan jadi lemah. Nah, untuk memperbaikinya sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut cara memperbaiki aki kering yang lemah:

1. Menyiapkan Bahan serta Alat Untuk Perbaikan Aki Kering

Langkah pertama, yang bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan sekaligus bahan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, ada beberapa bahan serta alat yang memang penting akan kehadirannya. Langsung saja berikut rinciannya:

  • Pertama, siapkan obeng minus. Alat ini berguna untuk buka dan tutup aki.
  • Siapkan Zuur atau cairan isi ulang pada aki kering serta basah. Hal ini, untuk pengisian aki yang baru dan bukan isi ulang.
  • Kain lap untuk mengelap cairan yang menetes pada tempat yang tidak diinginkan.
  • Suntikan tinta printer, untuk memasukkan air aki ke dalam box.
  • Adapula solatip atau lem plastic, untuk merekatkan penutup aki.

2. Melepas Aki dan Bersihkan Luar Aki

Kemudian, cara memperbaiki aki kering yang lemah apabila telah menyiapkan semua alat dan bahan, maka selanjutnya adalah dengan melepas akinya. Caranya dengan melepas kutub positif dulu. Hal ini bertujuan supaya menghindari hal-hal yang buruk.

Misalnya, adanya sebuah percikan api yang berasal dari menjatuhkan kunci pada mobil. Hal ini, bisa terjadi karena menyentuh logam negatifnya. Nah, jika sudah terlepas, maka selanjutnya dengan membersihkan bagian luar aki. Caranya dengan usap bagian yang kotornya dengan lap.

3. Membuka Penutup Aki dan Isi Aki

Jika sudah membersihkan bagian luar aki, selanjutnya adalah membuka penutup dari aki tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan obeng minus. Kemudian, arahkan ke bagian yang ada tulisan Do Not Open. Nah, lalu lanjutkan dengan melakukan hal yang sama di seluruhnya, pada bagian belakang, samping dari penutup aki tersebut.

Apabila sudah terbuka semua, maka bisa langsung mengisi aki menggunakan cairan khusus. Caranya dengan menggunakan alat suntik yang telah terisi aki dan isilah di masing-masing lubang yang terbuka tadi.

4. Tindakan Pada Semua Lubang Karet Aki

Berikutnya, cara memperbaiki aki kering yang lemah yaitu dengan melakukan tindakan pada semua lubang karet aki. Nah, sebenarnya setelah penutup dilepas keseluruhan, maka akan ada 6 lubang yang harus diisi oleh aki.

Jadi, isilah semuanya dengan hati-hati dan jangan menetes ke bagian lain. Apalagi ke tangan, karena berbahaya. Jika selesai semua pengisiannya, maka dilanjut dengan menutup kembali penutup akinya. Bisa menggunakan selotip atau lem plastik. Pastikan ketika menutup, benar-benar rapat dan tidak ada celah untuk masuknya udara.

5. Isi Ulang Daya Listrik Aki

Terakhir, ketika sudah selesai semua proses pengisian dan penutupan akinya. Maka, berikutnya yaitu dengan mengisi tegangan dari aki tersebut. Terdapat dua metode yang digunakan yakni pengecasan serta Teknik Jumper. Dalam metode pengecasan ini biasanya digunakan pada bengkel-bengkel.

Dimana dalam prosesnya memanfaatkan alat berupa trafo atau adaptor. Sebenarnya, cara kerja nya sama seperti mengecas pada laptop atau Hp. Namun, dengan kapasitas yang lebih besar.

Sementara, pada metode teknik jumper, kerap kali dilakukan ketika mogok di jalan. Dimana, cara kerjanya dengan menghubungkan aki kering yang tadi, dengan aki yang sehat atau dalam keadaan baik. Perlu diperhatikan, ketika menggunakan metode ini, berarti harus ada aki sehat yang jadi sumber pemulihan aki keringnya.

Itulah tadi, cara memperbaiki aki kering yang lemah dan bisa dijajal. Perlu diketahui, memperbaiki aki yang kering bisa dilakukan siapa saja, yang penting tahu alurnya. Pastikan dalam pengisian aki dilakukan dengan hati-hati.

 

Related posts