Simak Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel Berikut Ini!

cara setting power audio mobil 4 channel
cara setting power audio mobil 4 channel

Berkendara sambil memutar musik tentu membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi pengendara yang memiliki audio buruk dengan suara yang tidak enak di dengar. Daripada perjalanan menjadi suntuk dan membosankan, pahami cara setting power audio mobil 4 channel dengan langkah yang bisa dilakukan secara mandiri.

Umumnya, audio mobil yang mengeluarkan suara bising tidak menentu berasal dari pengaturan yang belum tepat. Dengan pengaturan yang benar, suara yang keluar dari audio akan kembali jernih dan normal. Meski audio merupakan perangkat tambahan yang tidak berpengaruh pada komponen mobil, keberadaannya cukup diperlukan. Berikut langkah memperbaiki audio yang bisa diikuti:

1. Kenali Perangkat Audio Mobil

Power audio terdiri dari beberapa komponen yang mesti diketahui sebelum menerapkan pengaturan baru. Perangkat ini memiliki head unit yang merupakan instrumen bawaan pabrik, tweeter, subwoofer dan speaker. Ketika instalasi dilakukan, channel rear akan menerima sambungan dari subwoofer.

Sementara tweeter dan speaker perlu dihubungkan pada channel front. Power audio mobil yang memiliki 4 channel dibekali LPF yang fungsinya mengatur sinyal pada suara rendah. Untuk pengaturan sinyal di suara tinggi dapat menggunakan HPF. Ada pula gain yang berfungsi mengatur besar kecilnya sinyal.

2. Sesuaikan Pengaturan Awal

Mulailah pengaturan power audio mobil dengan memutar gain pada power menjadi nol. Caranya, putar gain ke arah kiri hingga tidak dapat lagi diputar. Pengaturan awal ini dimaksudkan agar kemampuan power sesuai dengan speaker dan subwoofer-nya.

Selanjutnya, naikkan tingkat volume di head unit hingga mendekati batas maksimal. Batas volume pada masing-masing audio akan berbeda. Misalnya, batas volume adalah 64, maka pengguna dapat memutar volume hingga 56 saja. Meski akan mengeluarkan suara bising, hal ini berguna untuk membuat audio beradaptasi dengan mesin mobil.

3. Putarlah Sebuah Lagu

Cobalah memutar sebuah lagu untuk mendengarkan suara yang keluar. Cara setting power audio mobil 4 channel di tahap ini memiliki tujuan untuk memahami dan mengenal kualitas suara yang keluar dari power audio. Pengguna juga dapat memutar audio orang yang berbicara agar terdengar perbedaannya dengan pemutaran musik.

4. Atur Gain Front

Agar suara yang keluar lebih jernih dan nyaman di telinga, setting-lah gain front menjadi lebih tinggi. Pengaturan ini juga dapat membuat suara tidak pecah. Selanjutnya, geser switch yang berada di area HP front.

Pengaturan tersebut berguna untuk memberikan suara vokal yang bulat. Dengan suara yang lebih bulat, audio yang keluar seakan-akan ada di dekat pengguna secara live. Suaranya menjadi lebih nyata dan dekat sehingga dapat dinikmati sepanjang perjalanan.

5. Pindahkan Gain Rear dan Atur Komposisi Suara

Setelah pengaturan sebelumnya dilakukan, pengguna dapat memindahkan tombol hingga gain rear lalu atur pula bagian switch. Dengan setting ini, suara yang dihasilkan menjadi lebih seimbang dengan gain front dan kualitas suara menjadi lebih baik.

Setting selanjutnya beralih ke komposisi suara. Pengguna dapat mengatur seberapa rendah bass atau tinggi suara yang ingin dihasilkan. Caranya, geser switch pada bagian LPF rear dan LPF front. Aturlah sesuai preferensi masing-masing hingga menemukan pengaturan yang pas dan enak di dengar.

Demikian cara setting power audio mobil 4 channel dengan mengikuti langkah-langkahnya di atas. Jika pengaturan telah dilakukan, saatnya untuk menurunkan volume audio pada head unit hingga mencapai suara yang pas didengar. Sampai tahap ini, pengguna telah memperbaiki power audio menjadi audio dengan suara yang lebih halus dan nyaman didengar.

 

Related posts