Inilah Cara Cek Nomor Semua Operator yang Mudah dan Praktis

Inilah Cara Cek Nomor Semua Operator yang Mudah dan Praktis

Hampir semua orang menggunakan nomor lebih dari satu. Oleh karenanya, handphone saat ini didesain untuk mendukung dual sim. Kedua nomor tersebut biasanya memiliki fungsi yang berbeda. Semakin banyak nomor yang digunakan semakin sulit juga untuk dihafal. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui bagaimana cara cek nomor semua operator.

Terdapat beberapa operator yang banyak digunakan, seperti Xl, Telkomsel, Indosat, Smartfren dan Tri. Setiap operator memiliki cara yang berbeda untuk mengecek nomor. Masih sering bingung gimana cara mengecek nomor HP yang digunakan? Simak artikel ini dengan baik karena ada cara cek nomor semua operator yang simple dan praktis untuk dilakukan!

Read More

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu operator yang populer dan banyak digunakan. Terdapat dua jenis kartu pada operator Telkomsel yaitu kartu As dan kartu Simpati. Cara mengecek nomor kedua kartu tersebut sama, Berikut adalah penjelasannya:

Baca Juga : Ketahui Cara Daftar Kartu Telkomsel Bagi WNI Maupun WNA Sebelum Menggunakannya

1. Cek Melalui Menu Dial

Cara cek nomor semua operator, khususnya Telkomsel, dapat dilakukan melalui menu panggilan atau dial. Pada menu panggilan, masukkan kode *808# lalu tekan panggil. Pengguna akan diarahkan pada menu informasi kartu yang berisikan nomor kartu tersebut. Pengecekan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan kode *999#.

2. Hubungi Call Center

Selain melalui menu panggilan cara cek nomor Telkomsel bisa dilakukan melalui call center. Caranya dengan menelepon nomor 188 bagi pengguna As dan Simpati atau 123 untuk kartu Halo. Pengguna akan dihubungkan dengan customer service yang siap melayani kebutuhan termasuk memberikan informasi nomor kartu yang digunakan.

3. Gunakan Aplikasi myTelkomsel

Cara yang ketiga bisa dilakukan melalui aplikasi myTelkomsel. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu kemudian login. Jika telah berhasil daftar dan login, informasi terkait nomor kartu bisa ditemukan dengan mudah pada beranda myTelkomsel.

Cara Mengecek Nomor XL

Logo XL

Cara cek nomor semua operator selanjutnya adalah bagi para pengguna kartu Xl. Terdapat tiga cara untuk mengecek nomor Xl yaitu melalui menu dial, melalui call center, dan melalui aplikasi myXl. Berikut ini adalah detail langkah-langkah untuk setiap cara:

Baca Juga : Cara Daftar Kartu XL dan Tujuan Untuk Melakukan Registrasi

1. Pergi ke Menu Dial

Cara cek nomor dengan menu dial adalah dengan memasukkan kode *123*7*1*2*1*1#. Kode ini cukup panjang namun akan langsung membawa pengguna ke menu informasi kartu Xl sehingga akan lebih memudahkan pengguna. Informasi yang ditampilkan meliputi nomor kartu, status kartu, area 4G, dan kode ICCID.

2. Telepon Call Center

Cara kedua adalah melalui call center Xl yaitu dengan menelepon nomor 817. Layanan ini aktif selama 24 jam sehingga bisa dihubungi kapanpun dibutuhkan. Pengguna akan dilayani langsung oleh seorang customer service. Cukup sampaikan keperluan yang dibutuhkan dan CS akan membantu menyelesaikannya.

3. Instal Aplikasi myXl

Cara ketiga adalah melalui aplikasi myXl. Cara ini adalah yang paling cepat karena hanya perlu satu langkah membuka aplikasi dan informasi nomor akan tertera di beranda aplikasi. Namun sebelum itu pengguna harus menginstal aplikasi myXl terlebih dahulu. Jika sudah terinstal, login dan aplikasi siap digunakan.

Cara Mengecek Nomor Indosat

Logo Indosat

Nomor Indosat bisa dicek melalui beberapa cara yaitu melalui aplikasi MyIM3, situs resmi, dan melalui call center. Pengguna nomor Indosat bisa memilih cara yang paling mudah dilakukan. Langkah-langkah pada masing-masing cara adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Khusus Pengguna Baru! Begini Cara Cek Pulsa Internet Indosat Anti Ribet

1. Gunakan Aplikasi MyIM3

Cara yang pertama yaitu melalui aplikasi MyIM3. Hal yang perlu dilakukan adalah menginstal aplikasi MyIM3 pada perangkat lalu login ke akun IM3. Setelah berhasil login, informasi terkait nomor telepon kartu Indosat akan ditampilkan pada beranda. Jika dibutuhkan lagi pengguna cukup membuka aplikasi ini.

2. Kunjungi Situs Resmi Indosat

Situs resmi Indosat bisa diakses pada alamat myim3.indosatooredoo.com. Setelah masuk pada situs tersebut, akan ada kolom pengisian identitas berupa nomor KTP dan KK. Masukkan nomor identitas sesuai yang telah didaftarkan pada kartu. Centang pada pernyataan “I’m not robot” lalu tekan periksa.

3. Hubungi Call Center Indosat

Call center Indosat bisa dihubungi melalui nomor 185 bagi pengguna kartu IM3 Ooredoo dan Mentari. Sedangkan pengguna kartu pascabayar Matrix bisa menghubungi nomor 111. Pengguna IM3 dan Mentari akan dikenakan biaya sebesar 400 rupiah setiap panggilan sedangkan pengguna kartu Matrix tidak dikenai biaya apapun.

Cara Mengecek Nomor Tri

Logo Tri

Cara mengecek nomor semua operator selanjutnya adalah pada operator Tri. Terdapat beberapa cara untuk mengecek nomor Tri yaitu melalui SMS, kode USSD, dan aplikasi Bima Tri. Berikut adalah detail langkah-langkah untuk setiap cara:

1. Kirim SMS

Cara mengecek kartu Tri melalui SMS adalah dengan mengirimkan pesan dengan format “INFO DATA” pada nomor 234. Pastikan mengirim pesan dengan format yang benar. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga mendapatkan pesan balasan. Pesan balasan akan berisikan informasi nomor kartu dan juga sisa kuota yang dimiliki.

2. Panggil Kode USSD

Untuk mengecek nomor Tri dengan kode USSD pertama-tama buka menu telepon pada HP. Terdapat beberapa kode yang bisa digunakan untuk mengecek nomor yaitu *998#, 8123*2*1*1#, atau *111*1#. Masukkan salah satu dari kode tersebut lalu tekan panggil. Selanjutnya, akan muncul menu informasi mengenai kartu Tri yang digunakan.

3. Pakai Aplikasi Bima Tri

Mengecek nomor Tri yang cepat dan efektif adalah melalui aplikasi karena hanya perlu satu kali klik pada aplikasi. Namun sebelumnya, pengguna perlu melakukan beberapa langkah pemasangan aplikasi dan registrasi pada aplikasi. Aplikasi Bima Tri bisa diunduh melalui Play Store. Setelah terinstal, lakukan login dan informasi kartu akan muncul pada aplikasi.

Cara Mengecek Nomor Smartfren

Logo Smartfren

Terakhir dalam cara cek nomor semua operator adalah bagi para pengguna nomor Smartfren. Secara garis besar, cara cek nomor Smartfren hampir sama dengan beberapa operator lain. Terdapat beberapa cara untuk mengecek nomor Smartfren yaitu melalui SMS, kode USSD, dan aplikasi MySF. Berikut penjelasannya:

Baca Juga : Berikut Cara Cek Pulsa Dan Kuota Smartfren Dengan Mudah

1. Kirimkan SMS

Cara mengecek nomor Smartfren melalui SMS adalah dengan mengirimkan pesan dengan format “Info” lalu kirimkan ke nomor 995. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan pesan balasan. Pesan ini bersifat otomatis jika format yang dikirimkan salah akan ada pesan pemberitahuan yang diterima. Jika format yang dikirimkan benar, akan ada pesan balasan yang berisi informasi kartu.

2. Cek Melalui Kode USSD

Cara cek nomor semua operator ini juga bisa digunakan untuk nomor Smartfren. Caranya cukup masukan kode *123# pada menu telepon dan panggil. Selanjutnya akan muncul daftar menu layanan Smartfren. Pilih menu info yaitu nomor 8. Setelah itu akan muncul tampilan informasi kartu Smartfren termasuk informasi nomor kartu.

3. Periksa di Aplikasi MySF

Untuk dapat menggunakan layanan aplikasi MySF dalam mengecek nomor, pengguna harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah berhasil diinstal pengguna perlu login dan verifikasi menggunakan nomor telepon. Jika berhasil melakukan login, pengguna bisa menggunakan MySF untuk mengecek nomor Hp. Informasi nomor HP akan tertera di halaman beranda aplikasi.

Demikianlah cara cek nomor semua operator mulai dari Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan oleh pengguna. Pengguna bisa memilih sesuai kebutuhannya masing-masing. Jika nomor yang digunakan juga didaftarkan pada WhatsApp, para pengguna juga bisa memeriksanya melalui profil WA masing-masing. Mudah, bukan? Selamat mencoba.

 

Related posts