5 Metode Investasi Emas untuk Pemula yang Bisa Dipakai

Metode Investasi Emas untuk Pemula yang Bisa Dipakai

Harga emas yang disinyalir terus bertambah menjadi alasan kenapa banyak orang yang memakai aset ini untuk investasi. Bagi kalangan yang ingin memulai investasi emas, maka harus tahu beberapa cara yang ada untuk mendapat keuntungan besar. Metode investasi emas untuk pemula sebenarnya bukanlah metode yang sulit.

Dengan memahami komponen cara atau metode yang ada, maka tiap pihak bisa melakukan investasi emas dengan baik. Keuntungan yang besar juga bisa didapat secara berkala. Bahkan jika penerapannya baik, maka keuntungan tersebut bisa bertambah secara signifikan. Untuk mengetahui komponen caranya, simak daftar yang ada di bawah ini:

Read More

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Poin pertama yang harus dipahami adalah alasan investasi emas. Sebelum melakukan investasi, pastikan untuk memahami apa saja alasan dan tujuan yang ingin dicapai. Meski hal ini tergolong sepele, namun sebenarnya sangat penting untuk kelanjutan investasi emas di masa yang akan datang secara menyeluruh.

Baca Juga : Apakah Investasi Emas Menguntungkan, Berikut Jawabannya

Jika tujuan investasinya jelas, maka akan mudah juga untuk menentukan target dari investasinya. Tujuan dan target yang jelas ini tentunya juga bisa membuat investor mencari strategi terbaik dalam pembuatan keputusannya. Dengan demikian, proses investasi akan lebih terarah dan keuntungan bisa didapat dengan mudah.

2. Pantau Harga Emas

Bagi yang ingin menjadi investor emas, maka perlu memahami perkembangan harga emas. Pastikan untuk mengikuti kenaikan harganya secara berkala. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan sangat berguna dalam proses investasi. Kegiatan investasi emas ini tentunya berpatokan pada harga emas terbaru di pasaran.

Cara untuk melihat harga terbaru dari emas ini sangat mudah. Cari saja di kolom pencarian internet, maka akan muncul harga terbaru yang dipakai. Jika sudah tahu harga terbarunya, maka segala prosesnya akan mudah. Apabila terjadi kenaikan atau penurunan secara signifikan pada harga, maka bisa menentukan keputusan lanjutan dengan cepat.

3. Beli di Tempat Terpercaya

Metode investasi emas untuk pemula yang ketiga adalah dengan memilih tempat beli emas yang paling terpercaya. Saat ini memang sudah banyak perusahaan yang menjual emas untuk para investor. Namun tidak semua tempat bisa dipercaya untuk dijadikan tujuan. Maka dari itu, pastikan untuk selektif dalam pemilihannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Deposito secara Menyeluru

Baik itu pembelian secara online maupun offline, semua harus tetap diperhatikan. Pastikan tempat yang dituju sudah memiliki rekam jejak yang baik dan sudah terdaftar sebagai perusahaan yang legal. Dengan pemilihan yang tepat, maka emas yang dimiliki juga bisa dikatakan aman karena berasal dari sumber yang bisa dipercaya.

4. Simpan di Tempat yang Aman

Jika melakukan pembelian emas secara offline dengan wujud emas nyata, maka komponen penyimpanan juga harus diperhatikan. Penyimpanan secara mandiri di rumah bisa dijadikan salah satu pilihan. Namun sangat disarankan untuk memakai tempat khusus yang memiliki sistem keamanan canggih.

Selain menyimpan di rumah, ada juga cara lain yang bisa diterapkan yaitu memanfaatkan SDB dari bank. Komponen SDB ini merupakan brankas penyimpanan aset berharga yang bisa disewa. Biaya penggunaan SDB ini tentunya berbeda-beda untuk setiap bank. Namun jika memakai media ini, maka penyimpanan bisa lebih aman.

5. Pastikan untuk Fokus di Masa Depan

Metode terakhir yang harus diaplikasikan adalah fokus di masa depan. Dengan fokus ke masa depan, maka aset emas yang dimiliki tidak akan diambil atau dipakai untuk keperluan konsumtif. Hal ini penting untuk dilakukan agar aset bisa terus bertambah. Jika hanya fokus di masa saat ini saja, maka aset emas yang dimiliki tidak akan memberi keuntungan.

Baca Juga : Cara Membaca Grafik Saham Berdasarkan Jenisnya

Itulah daftar cara atau metode investasi emas untuk pemula yang bisa segera diterapkan. Semua komponen metode di atas tentunya akan sangat pas untuk diaplikasikan. Pastikan untuk memahami semua komponennya tanpa ada yang terlewat. Asal semua arahnya jelas dan sesuai, maka keuntungan bisa didapatkan meski masih pemula.

Related posts