Kelebihan dan Kekurangan Deposito secara Menyeluru

Kelebihan dan Kekurangan Deposito secara Menyeluru

Deposito masuk dalam golongan produk yang bisa dijadikan aset investasi. Saat ini, banyak kalangan yang mulai tertarik untuk memanfaatkan aset yang satu ini. Namun sebelum ikut memakainya, perlu diperhatikan dulu apa saja komponen deposito secara mendalam. Terutama kelebihan dan kekurangan deposito juga harus dipahami secara mendetail.

Dengan memahami poin kekurangan dan kelebihan yang ada, maka penggunaan deposito bisa lebih baik. Apalagi dengan komponen kekurangan yang ada, maka tiap pihak bisa mengantisipasi kemungkinan atau kondisi kerugian yang akan terjadi. Untuk itu, simak semua poin penjabaran yang ada di bawah ini untuk memahaminya:

Kelebihan Penggunaan Deposito

Untuk memulai pembahasan kelebihan dan kekurangan deposito, maka akan dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu. Jika berbicara tentang kelebihan deposito, ada beberapa poin utama yang paling disoroti. Setiap poin kelebihan ini tentunya menarik untuk dipahami. inilah daftar dan penjelasannya secara mendetail:

Baca Juga : Apakah Investasi Emas Menguntungkan, Berikut Jawabannya

1. Risiko Kerugiannya Rendah

Penggunaan deposito ini dinilai memiliki risiko kerugian yang paling rendah. Jika dibandingkan dengan aset lain seperti saham, maka akan lebih rendah resikonya pada deposito. Selain itu, produk deposito yang bisa dimanfaatkan masyarakat ini juga sudah dijamin oleh LPS. Jadi, investor bisa menggunakannya secara aman tanpa takut mengalami penipuan atau semacamnya.

2. Suku Bunga Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan menabung biasa, maka suku bunga deposito jauh lebih tinggi. Penetapan suku bunga ini sama untuk jangka waktu tertentu. Namun untuk nominalnya, jauh lebih besar. Maka dari itu, banyak pihak yang memanfaatkan deposito ini untuk mendapatkan keuntungan yang konsisten dalam periode waktu tertentu.

3. Akses Bunga Mudah

Apabila bunga sudah didapat di akhir masa penggunaan deposito, maka keuntungannya bisa diakses dengan mudah. Keuntungan tersebut bisa langsung dikirim ke rekening pribadi masing-masing pemilik deposito. Jadi, tidak ada perantara dalam hal pendistribusian keuntungan dan langsung menuju ke kantong pemiliknya.

Baca Juga : Ini Dia Investasi Ternak OJK untuk Investasi Aman dan Menguntungkan

Kekurangan Pemanfaatan Deposito

Selain ada kelebihan, tentu ada kekurangannya juga. Komponen kekurangan ini juga penting untuk dipahami segala aspeknya. Dengan memahami semua komponen kekurangannya, maka tiap pihak bisa mengantisipasi kondisi yang mungkin akan merugikan. Inilah beberapa daftar kekurangan yang ada beserta dengan penjabarannya:

1. Deposito Lemah terhadap Inflasi

Kekurangan yang pertama adalah dari dampak inflasi. Deposito bukanlah produk yang akan terpengaruh dari adanya inflasi. Jadi, meski inflasi terjadi dengan tingkatan yang sangat tinggi namun tidak akan berpengaruh pada nilai bunga yang diberikan. Dengan demikian, keuntungan juga tidak akan bertambah dengan bertambahnya waktu.

2. Nilai Investasi Tidak Bertambah

Perlu dipahami, deposito adalah penetapan aset dengan jumlah tertentu di periode tertentu. Dengan demikian, maka bisa dipastikan jumlah aset investasi tersebut tidak akan bertambah selama masa waktunya belum habis. Jika periodenya selesai, baru bisa melakukan penambahan untuk aset deposito yang dimiliki sesuai dengan keinginan.

3. Dana Tidak Bisa Diambil Kapan Saja

Deposito berbeda dengan menabung. Jika menabung, maka dana yang dimiliki bisa diambil kapan saja saat memang dibutuhkan. Namun untuk deposito, pengguna tidak bisa mengambil dana seenaknya dan harus menunggu untuk satu periode. Jadi, meskipun memiliki aset investasi namun tidak bisa memakainya dengan lebih leluasa.

Baca Juga : Cara Membaca Grafik Saham Berdasarkan Jenisnya

Daftar kelebihan dan kekurangan deposito yang ada di atas tentunya harus dipahami dengan baik. Semua komponen tersebut sangatlah penting untuk dipahami sebelum memakai deposito secara penuh. Setelah memahami semua penjelasannya, maka penggunaan deposito bisa lebih baik dan lebih terarah dari berbagai aspeknya.

 

 

Check Also

Daftar Investasi Bodong OJK 2022 yang Perlu Diwaspadai

Daftar Investasi Bodong OJK 2022 yang Perlu Diwaspadai

Salah satu instrumen yang digemari oleh kaum milenial saat ini adalah investasi saham. Seiring dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.