Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi dan Solusinya, Simak Lengkap Disini !

penyebab rem mobil tidak balik lagi

Saat sedang berkendara, tentu pengemudi akan selalu mengecek keadaan kendaraannya tersebut. Pasalnya jika ada bagian yang luput bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah saat rem yang blong atau malah tidak bisa balik lagi. Berikut akan dipaparkan beberapa penyebab rem mobil tidak balik lagi. Selain itu juga diberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, simak ulasannya disini:

1. Mesin Rem Yang Sudah Tidak Beroperasi Lama

Alasan pertama yang memungkinkan menjadi penyebab rem mobil tidak balik lagi adalah saat mobil tersebut memang sudah lama tidak digunakan. Maka tentu akan berdampak juga pada mesin remnya juga. Biasanya ini berdampak juga pada rem yang berkarat. 

Selain itu karena sudah lama tidak digunakan otomatis mesin juga sudah jarang diganti olinya oleh pemilik. Sehingga ini akan berdampak pada suhu pada oli atau minyak rem tersebut. Dimana akan membuat titik didihnya menurun. Jadi, sebagai solusi dalam hal ini memang sudah sebaiknya pemilik membawanya ke servis mobil langganan agar komponennya bisa segera diganti dengan yang baru. 

2. Rem Mobil Yang Berkarat

Tidak menutup kemungkinan penyebab rem mobil tidak balik lagi adalah saat rem mobil tersebut mulai berkarat. Bagaimana mungkin hal tersebut terjadi? penyebab utamanya adalah karena penumpukan kotoran dan juga reaksi kimia. Untuk kotoran yang tersebut berasal dari adanya lumpur, debu hingga tanah yang masuk pada bagian rem mobil tersebut. 

Sedangkan munculnya karat juga bisa dipicu dengan air hujan dan sinar matahari yang datang silih berganti. Ditambah sifat dari besi memang mudah berkarat.  Adapun permasalahan seperti ini bisa diberikan solusi pengguna harus lebih bisa menjaga kebersihan komponen tersebut. Secara rutin harus membersihkannya. Pasalnya jika tidak rutin maka akan menyebabkan karat dan kotoran.

3. Mesin Rem Sudah Lama Digunakan

Seperti komponen mesin pada mobil atau kendaraan lainnya, pasti juga memiliki masa pakai maksimal. Dimana sudah saatnya pengguna menggantinya. Misalnya saja jika mesin rem ini sudah melewati masa kadaluarsa sudah pasti ini akan mengganggu kinerjanya. Terutama hal ini sering terjadi pada mesin rem yang jenis seal. Dimana bisanya jenis ini berbahan dasar karet.

Maka sebagai salah satu tandanya mesin rem ini mulai kadaluarsa adalah saat bahan karetnya mulai menjadi kaku dan juga mengeras. Sehingga itu akan berdampak pada bagian piston rem yang akan terkunci disalah satu sisi saja. Jadi seolah bagian rem mobil tidak balik lagi.  

Tidak hanya itu rem akan juga susah untuk digerakkan seperti biasanya. Oleh karena itu bisa jadi solusinya adalah dengan mengganti komponen rem dengan yang baru. Jadi, pergerakan rem akan lebih lancar dari biasanya.

4. Pengaturan Rem Terlalu Rapat

Bisa menjadi penyebab rem mobil tidak balik lagi selanjutnya ketika pengguna memang melakukan pengaturan rem yang terlalu rapat. Pasalnya rem juga masih butuh bagian untuk pergerakannya. Jadi, pengguna sudah seharusnya memperhatikan jarak saat di setel tersebut. 

Maka untuk solusinya pengguna bisa mengatur ulang setelan dari rem tersebut. Usahakan memberikan ruang geraknya. Sehingga saat tingkat kerapatan sudah sesuai maka rem mobil akan lebih mudah digunakan dalam sehari-hari. 

Demikian itu beberapa penyebab rem mobil tidak balik lagi tentunya jika hal ini dibiarkan saja akan sangat berbahaya bagi keselamatan penggunanya. Maka dari itu pengguna harus tau apa saja penyebabnya. Dan tidak hanya itu juga solusi yang bisa dilakukan saat permasalahan tersebut terjadi pada pembaca. 

 

 

Related posts