Kenali 5 Penyebab Mobil di Rem Bunyi Gluduk dan Cara Mudah Mengatasinya

mobil di rem bunyi gluduk

Rem mobil menjadi bagian terpenting dalam spare part kendaraan, karena jika rem sudah rusak maka akan membahayakan laju kendaraan. Terkadang mobil yang berjalan sering mengalami masalah rem seperti mobil di rem bunyi gluduk. Suara yang dihasilkan ketika mobil di rem menjadi kekhawatiran tersendiri.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti rem yang kotor pada piringan cakram atau kampas rem. Selain itu terdapat berbagai faktor lain yang menyebabkan rem mobil berbunyi ketika diinjak. Apa saja faktor-faktor penyebab rem mobil berbunyi? Berikut simak penjelasan singkatnya!

1. Rem Terkena Oli dan Air

Penyebab rem mobil berbunyi ketika diinjak yang pertama sebetulnya cukup sepele, yakni karena tetesan oli dan air. Pada cakram dan kampas rem rawan terkena oli atau air yang menyebabkan suara berdecit pada rem. Hal ini juga beresiko bagi keamanan, sebab roda jadi sulit berhenti dengan baik.

Cara mengatasi hal ini adalah bersihkan cakram mobil. Bisa menggunakan sabun jika terkena oli atau cukup bilas dengan air jika tidak begitu kotor. Selain itu jika terdapat air pada cakram maka hentikan penggunaan mobil selama beberapa waktu. Sebab biasanya air akan mengering dengan sendirinya dan otomatis bunyi gluduk juga menghilang.

2. Habisnya Kampas Rem Mobil

Faktor yang menyebabkan mobil di rem bunyi gluduk yang lain adalah kampas rem mobil habis. Semakin sering menggunakan mobil otomatis kampas rem akan semakin tipis hingga cepat habis. Jika hal tersebut terjadi maka rem akan bergesekan langsung dengan disk brake mobil.

Kampas rem mobil yang habis membuat daya pengereman berkurang hingga menimbulkan bunyi. Yang perlu dilakukan adalah mengganti kampas rem mobil dengan yang baru. Beli di toko terpercaya dengan kualitas yang bagus.

3. Kualitas Kampas Rem Kurang Baik

Jika sebelumnya kampas rem mobil habis berpotensi membuat rem berbunyi, maka penyebab yang satu ini dikarenakan kualitas kampas kurang baik. Kampas rem yang kurang baik membuat rem berbunyi gluduk ketika diinjak.

Banyak sekali rem yang beredar di pasaran dengan berbagai merk, membuat pengguna mobil terkadang asal-asalan membeli kampas. Ini justru bisa membahayakan laju kendaraan. Sebaiknya beli kampas rem yang original di bengkel-bengkel resmi dan pilih yang kualitasnya terbaik sesuai dengan standar mobil.

4. Rem Mobil Kotor

Penyebab yang paling lazim ditemui adalah rem mobil yang kotor. Kondisi rem yang kotor berpotensi membuat mobil berbunyi ketika diinjak. Semakin sering mobil digunakan, maka peluang rem mobil kotor pun akan semakin besar apalagi jika terjadi hujan.

Hal ini karena jika hujan kondisi jalanan yang basah membuat kotoran dan debu mengeras. Kemudian melekat di permukaan cakram dan kampas rem. Cara mengatasinya cukup bersihkan mobil secara rutin terutama jika habis terjadi hujan.

5. Rem Kurang Pelumas

Umumnya kekurangan pelumas pada pedal rem bisa menyebabkan rem berbunyi ketika diinjak. Engsel pada bagian rem harus rutin terlumasi agar tidak menimbulkan bunyi ketika mobil berjalan.

Solusinya adalah rutin melumasi rem dengan baik dan oli yang berkualitas. Selain itu rutin juga untuk melakukan perawatan demi menghindari hal tersebut terjadi kembali. Jika perlu bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Itu tadi 5 penyebab mobil di rem bunyi gluduk dan cara mengatasinya. Kenali penyebab rem berbunyi jika diinjak untuk menghindari kemungkinan hal-hal terburuk terjadi. Selain itu rutin lakukan perawatan pada mobil ke bengkel dan rutin bersihkan mobil ketika sudah dirasa kotor.

 

 

Related posts