Mengenali 4 Ciri ciri Karet Support Shockbreaker Rusak Dan Penyebabnya

ciri ciri karet support shockbreaker rusak

Karet support shockbreaker berperan penting pada sistem suspensi, karet support ini berfungsi sebagai peredam kejutan dari permukaan jalan ke bodi mobil. Namun terkadang karet support ini tiba-tiba mengalami kerusakan, sebaiknya kenali ciri ciri karet support shockbreaker rusak agar dapat segera diatasi.  

Karet support shockbreaker terbuat dari bahan karet plastik, sehingga hal itu menyebabkan karet support rentan mengalami kerusakan. Apabila hal ini terjadi maka akan timbul ciri yang membuat kendaraan menjadi tidak nyaman untuk dikemudikan, apabila hal ini terjadi maka segeralah untuk memeriksakan kendaraannya.

Ciri-ciri Rusaknya Karet Shockbreaker

Jika karet support shockbreaker rusak, biasanya akan ada beberapa ciri-ciri yang timbul pada kendaraan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Terdengar Suara Berisik Pada Sekitar Shockbreaker

Ciri ciri karet support shockbreaker rusak yang pertama adalah akan terdengar suara berisik pada area shockbreaker, hal ini disebabkan karena fungsinya sebagai peredam kejutan untuk meredam suara hilang. Akibatnya akan menimbulkan suara gluduk-gluduk pada area sekitar shockbreaker.

2. Kendaraan Sulit Dikendalikan

Jika karet support pada shockbreaker rusak maka akan menyebabkan terjadinya osilasi secara berlebihan akibat guncangan yang diterima dari permukaan jalan. Jika hal ini terjadi maka dapat menimbulkan pitching, bouncing, atau yawing yang mengakibatkan kendaraan sulit untuk dikendalikan. Laju kendaraan akan oleng, karena mengikuti arah osilasi.

3. Kemudi Mobil Akan Condong Ke Satu Sisi

Karet support shockbreaker yang rusak juga akan mempengaruhi kemudi kendaraan, ini disebabkan jika karet yang rusak hanya terjadi pada satu sisi. Sehingga menyebabkan kemudi akan menarik ke arah karet support yang rusak, akibatnya kemudi kendaraan akan sulit dikendalikan.

4. Terlihat Pecah Atau Sobek

Jika ciri ciri karet support shockbreaker rusak diatas tadi sudah ada pada kendaraan, maka segeralah lakukan pemeriksaan langsung pada karet supportnya. Buka kap mobil, lalu melihat apakah ada kerusakan yang terlihat pada karet supportnya. Jika terlihat ada kerusakan seperti sobek atau pecah, maka segera ganti karet support nya.

Penyebab Karet Support Shockbreaker Rusak

Sebab karet support rusak bisa terjadi karena berbagai hal, yang pertama bisa disebabkan karena pengemudi tidak menjalankan mobilnya dengan baik atau ugal-ugalan. Permukaan jalan yang tidak rata dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen kendaraan termasuk pada karet support. Untuk itu pengemudi harus dapat mengemudikan kendaraan nya dengan hati-hati terutama saat melewati jalanan yang tidak rata.

Yang kedua kerusakan karet support bisa terjadi karena modifikasi suspensi, salah satunya modifikasi pegas yang lebih keras. Hal ini dapat mempengaruhi gaya kejut yang timbul akibat permukaan jalan yang tidak rata ini bisa menekan karet support dan menimbulkan kerusakan.

Menggunakan sparepart yang tidak original juga bisa menjadi penyebab kerusakan karet support, saat melakukan penggantian berkala usahakan menggunakan sparepart yang original. Jika menggunakan sparepart yang tidak original akan berpengaruh pada kualitas produk nya, sehingga bisa menjadi penyebab karet support cepat rusak.

Yang terakhir karena karet support sudah melebihi batas usia pakai, karena setiap bagian dari sparepart ada batas pakainya. Jika karet support sudah tidak layak pakai maka karet support akan mengalami kerusakan, untuk itu segeralah mengganti dengan karet support yang baru.

Demikianlah beberapa ciri ciri karet support shockbreaker rusak, jika ciri ini sudah terjadi pada kendaraan maka segeralah untuk mengganti karet support dengan yang baru. Agar kendaraan nyaman untuk digunakan kembali.

 

Related posts