Ini Panduan Cara Cek Pulsa Smartfren Lewat SMS, Lengkap Dengan Alternatif Lainnya

Ini Panduan Cara Cek Pulsa Smartfren Lewat SMS, Lengkap Dengan Alternatif Lainnya

Pulsa termasuk salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan. Tanpa pulsa, pengguna jaringan hampir tidak dapat melakukan komunikasi. Untuk pengguna Smartfren, provider jaringan ini menyiapkan beberapa cara untuk cek pulsa pengguna. Cara cek pulsa Smartfren lewat SMS merupakan satu dari sekian cara mengecek pulsa yang paling simpel di Smartfren.

Cek Pulsa Smartfren Lewat SMS

Langkah untuk mengetahui sisa pulsa Smartfren lewat SMS dapat dikatakan sangat simpel. Pengecekan lewat SMS ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan lain dan hanya memerlukan waktu pengecekan yang sebentar. Selain itu, bukti hasil pengecekan pulsa lewat SMS juga bisa disimpan. Untuk mengecek pulsa Smartfren lewat SMS, silahkan ikuti tahapan berikut ini:

Read More

1. Buka Aplikasi Pesan

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu adalah membuka aplikasi pesan yang ada di ponsel. Setelahnya pergi ke menu tulis pesan. Bisa juga tekan ikon tambah yang biasanya terdapat di pojok kanan bawah menu. Intinya, buat pilihan untuk menulis pesan baru.

Baca Juga : Khusus Pengguna Baru! Begini Cara Cek Pulsa Internet Indosat Anti Ribet

2. Ketik Nomor 999

Dalam kotak pesan, ada dua kotak terpisah lainnya. Salah satu kotak tersebut berisi keterangan nomor tujuan. Tambahkan nomor cek pulsa Smartfren ke dalam kotak tersebut. Apabila tidak memilikinya, tuliskan nomor 999. Nomor tersebut bisa dibilang merupakan nomor operator pulsa Smartfren.

3. Tulis Cek

Selain kotak nomor tujuan, di bagian bawah ada satu kotak lain yang berisi kotak pesan. Dalam kotak inilah pesan akan ditulis. Untuk mengetahui sisa saldo pulsa yang dimiliki pengguna, tuliskan kata ‘Cek’ pada kotak tersebut. Kata ‘Cek’ bisa dikatakan merupakan kata kunci untuk mengecek pulsa.

4. Kirim

Setelah menulis kedua langkah di atas, langkah selanjutnya adalah mengirim pesan. Tekan ikon surat yang tersedia di bawah, atau tekan tombol kirim. Semua tergantung jenis ponsel masing masing. Mengirim pesan pada operator adalah hal yang dimaksud dengan cara cek pulsa Smartfren lewat SMS di ponsel.

Baca Juga : Berikut Cara Cek Pulsa Dan Kuota Smartfren Dengan Mudah

5. Terima Balasan

Sebenarnya, cara mengecek pulsa Smartfren lewat SMS sudah selesai sampai tahap ke empat. Karena, setelah mengirim pesan tersebut, operator akan langsung membalas. Balasan tersebut itulah yang isinya merupakan informasi saldo pengguna beserta keterangan masa aktif kartu.

Mengecek pulsa melalui SMS seperti ini memiliki keuntungan yaitu pengguna bisa menyimpan rekam jejak sisa saldo. Balasan dari operator tadi bisa disimpan dan dilihat kembali. Dibandingkan cara cek pulsa lewat jalur lain yang harus melakukan pengecekan ulang jika pengguna lupa tentang informasinya.

Alternatif Lain Untuk Tahu Sisa Pulsa di Smartfren

Selain menggunakan cara cek pulsa Smartfren lewat SMS, operator jaringan Smartfren juga menyediakan beberapa cara lain untuk mengecek pulsa. Cara ini dibedakan dalam 4 jenis. Keempat cara tersebut adalah:

  • Mengecek pulsa melalui dial up, setiap jaringan kartu memiliki nomor USSD, begitu juga Smartfren. Nomor USSD milik Smartfren untuk mengecek pulsa adalah *999#. Pilih menu info kartu dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengetahui hasil akhir saldo pulsa pengguna.
  • Menelepon operator secara langsung, jaringan Smartfren menyediakan layanan telepon pelanggan yang bisa dihubungi untuk mengetahui informasi kartu. Caranya adalah buka menu telepon dan ketik 999. Tunggu sampai muncul suara operator dan ikuti kode instruksi yang diberikan.
  • Melalui aplikasi MySmartfren, provider Smartfren juga memiliki layanan aplikasi yang menyuguhkan seluruh informasi kartu. Mulai dari info kuota sampai info pulsa. Buka aplikasi ini dan tekan menu cek pulsa untuk mendapatkan informasi saldo pulsa.
  • Membuka website MySmartfren, cara terakhir adalah membuka website Smartfren sendiri. Buka aplikasi browser yang ada di ponsel, lalu ketikkan alamat website Login dengan nomor ponsel dan pilih informasi sisa pulsa serta masa aktif pulsa.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu XL dan Tujuan Untuk Melakukan Registrasi

Begitulah cara cek pulsa Smartfren lewat SMS, lakukan langkah paling mudah untuk mendapatkan informasi tersebut. Bisa juga lakukan cara lain yang sudah dituliskan di atas untuk mengecek pulsa. Meski cara lain diatas dituliskan hanya untuk referensi, tidak ada salahnya untuk mempraktikkannya.

 

Related posts