Cara Merekam Layar Laptop, Mudah dan Praktis!

Cara Merekam Layar Laptop, Mudah dan Praktis!

Merekam layar pada laptop banyak dibutuhkan saat ini. Hal tersebut biasanya digunakan ketika sedang membuat video tutorial tentang IT, gaming, atau untuk menyimpan tayangan tertentu. Cara merekam layar laptop dapat dilakukan dengan bermodalkan fitur bawaan dari laptop tersebut atau menggunakan aplikasi tambahan.

Pada beberapa OS telah menyediakan fitur untuk merekam layar tanpa bantuan aplikasi. Namun bagi OS yang tidak memiliki fitur tersebut masih ada cara lain yang dapat digunakan. Oleh sebab itu untuk mengetahui cara merekam layar pada laptop simak cara selengkapnya berikut ini!

Read More

Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Untuk merekam layar di laptop pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan yang ada pada OS yang digunakan oleh laptop. Dengan menggunakan cara ini merekam layar bisa lebih mudah dan pengguna tidak perlu repot lagi menginstal aplikasi lain. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan ekstensi Chrome. Untuk mengetahui cara lengkapnya, simak penjelasan berikut!

Baca Juga : Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Terlengkap!

1. Menggunakan Game Bar

Pertama, pengguna bisa merekam layar menggunakan fitur Game Bar yang ada pada laptop dengan Windows 10. Fitur ini disematkan pada Windows 10 untuk memaksimalkan performa laptop bagi para gamer. Namun fitur ini juga bisa untuk merekam layar, untuk mengetahui cara menggunakannya simak berikut ini!

  • Nyalakan fitur Game Bar pada laptop melalui menu setting.
  • Pilih pada menu gaming, setelah itu nyalakan fitur Game Bar.
  • Kemudian buka aplikasi yang akan direkam.
  • Setelah itu pengguna hanya perlu menekan tombol Windows dan G secara bersamaan untuk merekam layar. Secara otomatis akan muncul tampilan panel kontrol dari Game Bar.
  • Klik tombol record yang berupa ikon bulat berwarna merah untuk mulai merekam layar. Dengan demikian layar akan otomatis terekam, pengguna juga bisa mengatur penggunaan mic proses ini. Apakah pengguna hanya ingin merekam suara dari laptop saja atau juga merekam suara dengan mic.

Setelah selesai merekam layar, hasil dari rekaman layar tersebut akan tersimpan di library. Pengguna bisa membukanya pada bagian This PC, di dalam folder videos yaitu folder capture. Selain itu pengguna juga bisa langsung membukanya melalui Game Bar.

2. Menggunakan Fitur Bawaan Mac OS

Selain Windows, laptop Mac OS juga memiliki fitur bawaan yang bisa digunakan untuk merekam layar tanpa perlu aplikasi tambahan. Untuk menggunakan car aini cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol shift, command dan 5 secara bersamaan. Setelah itu akan muncul panel kontrol untuk melakukan rekam layar.

Pengguna bisa merekam seluruh layar, layar yang dipilih saja atau merekam aplikasi tertentu. Pengguna juga bisa memilih opsi untuk merekam suara dari audio di laptop saja tau menggunakan mic eksternal juga. Setelah itu pilih opsi penyimpanan hasil rekaman dan secara otomatis prOSes rekam layar akan dimulai setelah hitung mundur.

3. Menggunakan Ekstensi di Chrome

Jika pengguna menggunakan Windows yang belum memiliki fitur Game Bar tidak perlu khawatir, sebab masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk merekam layar di laptop tanpa aplikasi. Untuk melakukannya pengguna bisa memanfaatkan ekstensi Chrome. Untuk menggunakan cara ini simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Baca Juga : Efektif ! 6 Cara Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

  • Buka Chrome web store.
  • Kemudian pada kolom pencarian cari screen recorder atau perekam layar.
  • Setelah menemukannya, klik add to Chrome.
  • Untuk mulai merekam layar klik ekstensi yang baru saja ditambahkan, setelah itu pilih recorder.
  • Klik start recording untuk mulai merekam layar.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan

Selanjutnya, cara yang bisa digunakan adalah menggunakan aplikasi tambahan. Pengguna bisa memilih salah satu aplikasi tambahan untuk membantu merekam layar. Untuk mengetahui apa saja aplikasi yang bisa digunakan, simak penjelasan berikut ini!

1. Menggunakan Aplikasi VLC

VLC

VlC adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk memutar media di laptop, aplikasi ini juga merupakan aplikasi bawaan. Selain untuk memutar media pengguna juga bisa merekam layar menggunakan aplikasi dengan ikon traffic cone ini. untuk mengetahui Cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi vlc, simak selengkapnya berikut ini:

  • Buka aplikasi VLC lalu pilih pada menu media.
  • Kemudian klik pada pilihan capture device.
  • Untuk melakukan rekam layar klik capture mode lalu pilih desktop.
  • Setelah itu klik pada ikon panah dan pilih convert.
  • Untuk memulai rekaman pengguna hanya perlu klik start dan layar akan otomatis direkam.

2. Menggunakan Aplikasi OBS

OBS

OBS juga bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi untuk merekam layar. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan cara menggunakannya juga cukup mudah. Untuk menggunakan aplikasi dalam merekam layar, simak cara menggunakannya sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah Tanpa Ribet

  • Install aplikasi OBS studio ke laptop pengguna.
  • Buka aplikasi tersebut dan klik menu auto configuration.
  • Pengguna bisa mengatur resolusi dan FPS sesuai keinginan, Setelah itu klik apply.
  • Klik pada ikon plus di aplikasi dan pilih display capture.
  • Beri nama file dan klik ok.
  • Untuk mulai merekam layar klik start recording.

3.  Menggunakan Aplikasi Screenpresso

Screenpresso

Berikutnya, cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi bisa dilakukan dengan aplikasi perekam layar Screenpresso. Aplikasi yang satu ini cukup banyak digunakan untuk merekam layar dan melakukan webcam seperti yang dilakukan para streamer dan youtuber. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna juga bisa langsung membagikan hasil rekaman ke sosial media.

Pengguna bisa aplikasi Screenpresso dengan cara berlangganan. Namun pengguna juga bisa memakai gratis dengan ketentuan tertentu seperti hanya bisa merekam layar dengan durasi maksimal 3 menit saja. Selain itu pengguna juga harus puas dengan hasil video dengan adanya watermark.

Untuk mendapatkan akses penuh dari aplikasi ini pengguna harus berlangganan terlebih dahulu. Dengan menggunakan versi berbayar pula video hasil rekam layar juga tidak akan memiliki watermark. Untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi ini simak penjelasannya berikut:

  • Unduh aplikasi Screenpresso melalui internet dan install aplikasi tersebut ke laptop.
  • Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih menu capture.
  • Setelah itu klik record video dan secara otomatis semua aktivitas di layar laptop akan terekam.

4. Menggunakan Quicktime Player

Quicktime Player

Jika aplikasi di atas ditujukan untuk pengguna Windows, aplikasi yang satu ini dapat digunakan oleh para pengguna Mac OS. Cara merekam layar laptop pada laptop Mac OS selain menggunakan fitur bawaan bisa juga menggunakan aplikasi yang satu ini. Untuk menggunakannya tentunya pengguna harus menginstal aplikasi tersebut ke perangkat terlebih dahulu.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Untuk merekam layar klik pada menu file dan pilih new screen recording untuk memulai merekam layar. Aplikasi akan meminta izin akses, untuk bisa digunakan. oleh sebab itu pengguna bisa membuka pengaturan pada laptop dan masuk ke bagian system preference kemudian aktifkan izin agar aplikasi dapat merekam layar di laptop Mac OS.

Itu tadi adalah beberapa cara merekam layar laptop. Untuk melakukan rekaman layar di laptop bukanlah hal yang sulit. Pengguna bisa memanfaatkan fitur rekam layar baik dari bawaan OS maupun aplikasi tambahan untuk berbagai keperluan.

Related posts