Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Terlengkap!

Ini Dia Cara Screenshot di Laptop Terlengkap!

Melakukan screenshot di hp mungkin sudah biasa dilakukan. Namun bagaimana jika melakukan screenshot melalui laptop? Sebenarnya fitur tersebut juga tersedia di laptop dan dapat digunakan oleh penggunanya. Namun beberapa orang mungkin masih kurang paham mengenai cara screenshot di laptop. Padahal fitur tersebut sangat berguna sekali dalam beberapa kegiatan.

Adapun diantaranya seperti untuk menangkap gambar dari cuplikan video, gambar presentasi dan sebagainya. Untuk melakukan screenshot bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan atau menggunakan kombinasi tombol tertentu pada keyboard laptop.

Read More

Cara SS di Laptop Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara pertama untuk melakukan screenshot dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun. Untuk melakukan cara ini maka pengguna harus mengingat kombinasi tombol apa saja yang bisa digunakan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak beberapa cara screenshot di laptop yang berbasis Windows maupun Mac OS berikut ini:

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Bagi Pemula

1. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows+Prtsc

Kombinasi tombol pertama yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows untuk melakukan screenshot adalah dengan menekan Windows+prtsc secara bersamaan. Setelah tombol ditekan maka layar akan berkedip untuk menangkap gambar. Dengan demikian secara otomatis gambar yang di screenshot akan tersimpan.

2. Menggunakan Tombol Prtsc dan Paint

Selanjutnya cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan tombol Paint Screen. Untuk menggunakan cara ini pengguna membutuhkan bantuan dari aplikasi Paint yang ada di Windows. Cara menyimpan gambar dengan cara ini juga termasuk mudah, simak berikut ini:

  • Buka pada halaman yang ingin di screenshot.
  • Setelah itu klik tombol paint screen atau prt sc, dengan menekan tombol tersebut otomatis layar yang terbuka tadi sudah tersalin di clipboard.
  • Untuk menyimpannya, buka aplikasi paint kemudian tempelkan hasil screenshot tadi dengan cara menekan ctrl+v. Dengan demikian hasil tangkapan layar akan ditampilkan pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya atur hasil tangkapan layar seperti memotong bagian yang dirasa tidak perlu.
  • Setelah itu simpan dengan cara klik save as.

3. Menggunakan Paint Screen dan Alt

Selanjutnya untuk menangkap layar di Windows dapat digunakan dengan cara menekan alt dan prt sc secara bersamaan. Cara ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada jendela yang aktif saya bukan keseluruhan layar laptop. Untuk mengetahui cara lengkapnya, simak caranya berikut ini:

Baca Juga : Efektif ! 6 Cara Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

  • Buka jendela yang ingin di screenshot.
  • Kemudian tekan alt dan prt sc secara bersamaan, maka otomatis gambar akan tersalin ke clipboard.
  • Setelah itu buka aplikasi Paint.
  • Tempelkan hasil tangkapan layar di aplikasi paint dengan menekan ctrl dan V bersamaan.
  • Terakhir klik save untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

4. Menggunakan Tombol Windows, Shift dan S

Kombinasi tombol selanjutnya yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows adalah dengan menekan Windows, shift dan S secara bersamaan. Cara yang satu ini merupakan fitur dari Windows yang bernama Snip and Sketch. Dengan menggunakan cara tersebut pengguna bisa menscreenshot pada bagian layar tertentu yang diinginkan.

Dengan demikian pengguna tidak perlu lagi mengedit hasil screenshot menggunakan aplikasi lain untuk menghilangkan bagian yang tidak perlu. Cara menggunakannya cukup tekan kombinasi tombol tersebut secara bersamaan. Secara otomatis layar akan otomatis berubah warna menjadi keabu-abuan.

Setelah itu pilih area yang ingin di screenshot dengan menggerakkan kursor. Area yang dipilih akan berwarna lebih terang, pengguna juga bisa langsung mengedit hasil tangkapan layar dengan menambahkan highlighter atau coretan lainnya. Untuk menyelesaikannya klik ikon save maka gambar akan otomatis tersimpan.

5. Menggunakan Shift, Command dan 3

Selanjutnya, kombinasi tombol berikut ini merupakan cara screenshot di laptop Mac OS. Dengan menggunakan kombinasi tombol ini pengguna bisa menghasilkan screenshot seluruh layar laptop. Untuk melakukannya juga sangat mudah, tekan ketika tombol tadi secara bersamaan. Setelah itu layar akan berkedip untuk melakukan screenshot. Setelah itu secara otomatis hasil tangkapan layar sudah tersimpan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows

6. Menggunakan Shift, Command dan 4

Sama seperti pada Windows, pengguna Mac OS juga bisa melakukan screenshot untuk bagian tertentu saja. Cara ini tentunya lebih praktis untuk menyimpan sebuah screenshot. Dengan demikian pengguna tidak perlu menyimpan hasil tangkapan layar yang tidak perlu, terutama ketika hendak menempelkan hasil tangkapan layar tersebut ke dokumen sehingga tidak perlu repot mengedit lagi.

Untuk melakukannya cukup mudah, yaitu buka halaman yang ingin di screenshot. Setelah itu tekan shift, command dan 4 secara bersamaan. Setelah itu tekan dan tahan kursor pada bagian yang ingin di screenshot. Apabila sudah, lepaskan kursor dan gambar yang akan otomatis tersimpan.

7. Menggunakan Shift, Command dan 5

Cara selanjutnya yang bisa digunakan pengguna Mac OS ini bisa digunakan untuk melakukan screenshot pada bagian jendela yang dibuka saja. Untuk melakukannya hanya perlu menekan kombinasi tombol shift, command dan 5 secara bersamaan. Setelah itu hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi

Dengan menggunakan cara di atas, pengguna hanya bisa melakukan screenshot pada tampilan yang ada di layar saat itu juga. Padahal seringkali pengguna juga perlu melakukan screenshot memanjang memanjang seperti untuk mengambil tangkapan layar pada sebuah web tertentu. Tujuannya tentu saja agar semua bagian web dapat tertangkap dalam screenshot.

Untuk melakukan hal tersebut tidak bisa dilakukan menggunakan fitur bawaan laptop seperti menggunakan kombinasi tombol di atas. Namun bisa menggunakan bantuan beberapa aplikasi screenshot terbaik untuk laptop berikut ini. Untuk mengetahui selengkapnya, simak cara screenshot di laptop di bawah ini!

1. Gunakan Aplikasi Snagit

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membantu keperluan pengguna dalam mengambil tangkapan layar adalah aplikasi Snagit. Tak hanya digunakan untuk menangkap gambar, namun juga bisa dilakukan untuk merekam layar. pengguna juga bisa menggunakan berbagai fitur menarik di dalam aplikasi untuk mengedit hasil screenshot.

Baca Juga : Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah Tanpa Ribet

Untuk melakukan screenshot memanjang, pengguna bisa menggunakan fitur capture. Hasil dari capture akan memiliki tanda air jika pengguna menggunakan fitur secara gratis. Oleh sebab itu untuk menikmati fitur secara lengkap tanpa adanya halangan pengguna harus berlangganan terlebih dahulu.

2. Screenshot Lewat Aplikasi Screenshot Captor

Screenshot Captor

Aplikasi selanjutnya adalah Screenshot Captor. Aplikasi yang satu ini berguna bagi para pengguna laptop untuk melakukan screenshot memanjang, maupun screenshot pada bagian tertentu saja. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan tools di aplikasi untuk mengedit hasil tangkapan layar yang diambil.

3. Manfaatkan Aplikasi Picpick

Aplikasi Picpick

Selanjutnya cara ss di laptop bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Picpick. Dengan menggunakan aplikasi Picpick ini pengguna bisa melakukan screenshot memanjang dengan sangat mudah. Pengguna juga bisa mengedit dengan menambahkan warna, zoom, highlight dan sebagainya.

Itu tadi adalah beberapa cara screenshot di laptop yang dapat pengguna gunakan. Melakukan screenshot d laptop memang terkadang cukup sulit bagi sebagian orang sebab tidak mengetahui caranya. Untuk itu ingat kombinasi tombol di atas atau bisa juga gunakan aplikasi tambahan agar memudahkan ketika butuh melakukan screenshot.

Related posts