Baterai Cepat Habis, Ketahui Cara Cek Battery Health iPhone Ini!

Baterai Cepat Habis, Ketahui Cara Cek Battery Health iPhone Ini!

Salah satu keunggulan dari ponsel dengan sistem operasi iOS adalah bisa mengetahui informasi lengkap mengenai baterai hp. Pengguna iPhone bisa mengecek penggunaan baterai, aplikasi apa saja yang menggunakan daya baterai, serta battery health. Untuk mengetahui selengkapnya seputar battery health dan cara cek battery health iPhone, simak ulasan berikut ini:

Tentang Battery Health

Battery health ialah indikator kesehatan baterai. Fitur ini memberikan akses untuk pengguna iPhone mengetahui kapasitas performa baterai hp. Apabila baterai hp masih memiliki performa optimal seperti halnya di hp baru, battery health hp ini biasanya akan menunjukkan angka 100%. Namun, angka ini tidak akan sama seterusnya.

Penggunaan hp akan membuat angka battery health menurun. Bukan hanya itu saja, kebiasaan buruk penggunaan lainnya juga dapat membuat battery health lebih cepat menurun. Contohnya seperti membiarkan baterai hp kehabisan daya, menggunakan hp sambil dicas, mengisi daya terlalu lama, dan melakukan pengisian daya terlalu sering.

Baca Juga : Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa penyebab yang membuat battery health turun dengan pesat. Tentunya jika battery health menurun drastis, performa hp juga menjadi berkurang. Ponsel iPhone akan lebih cepat kehabisan daya baterai. Semakin diisi daya nya, battery health akan semakin menurun. Untuk itu, kebiasaan buruk penggunaan tersebut perlu dihindari.

Cara Memeriksa Battery Health

Battery Health Iphone

Untuk memeriksa battery health tidaklah susah. Meski ada dua cara untuk mengecek battery health, keduanya cukup praktis. Hp dalam keadaan dicas maupun tidak, tidak akan mempengaruhi hasil pemeriksaan battery health. Berikut ini dua cara cek battery health iPhone 5S ke bawah dan iPhone 6 ke atas:

1. Cara Periksa Battery Health iPhone 5S ke Bawah

iPhone versi 5S dan sebelumnya kini sudah termasuk dalam versi iPhone lawas. Pada iPhone generasi ini, pengecekkan battery health tidak bisa dilakukan dengan hanya mengakses menu pengaturan saja. Pengguna perlu menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengetahui kesehatan dan indeks performa baterai. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan ruang penyimpanan masih cukup untuk mengunduh aplikasi.
  • Buka App Store dan cari aplikasi Battery Life. Sebenarnya banyak aplikasi pemeriksaan baterai lain yang bisa digunakan. Namun, untuk ponsel iPhone 5S ke bawah, Battery Life merupakan salah satu aplikasi yang masih dapat digunakan untuk iPhone generasi ini.
  • Tunggu hingga proses unggah selesai.
  • Buka aplikasi usai selesai diunduh.
  • Pada halaman utama, pengguna akan disajikan indeks angka battery health. Tekan tombol Raw Data untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai penggunaan baterai di hp.

Baca Juga : Praktis! Inilah 3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di iPhone

2. Cara Periksa Battery Health iPhone 6 ke Atas

Untuk iPhone seri 6 ke atas, pemeriksaan battery health lebih praktis. Pengguna cukup mengakses menu pengaturan iPhone saja. Tanpa memerlukan dukungan dari aplikasi pihak ketiga, cara cek battery health iPhone versi ini lebih praktis sebab tersedia di dalam hp. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan ikon pengaturan untuk masuk ke menu pengaturan di hp iPhone.
  • Gulir ke bawah dan tekan menu Battery untuk masuk ke informasi lebih detail.
  • Selanjutnya, dalam menu ini pengguna akan diperlihatkan beberapa pengaturan seputar baterai hp. Tekan Battery Health untuk masuk ke informasi kesehatan baterai hp.
  • Selesai, pengguna bisa melihat kondisi kesehatan baterai hp. Angka pada kolom Maximum Capacity menunjukkan indeks performa baterai hp.

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone dengan Mudah

Itulah dua cara cek battery health iPhone yang sebaiknya pembaca ketahui. Hindari penggunaan hp saat pengisian daya dan mengisi daya terlalu lama. Gunakan hp dan beri jeda untuk hp serta baterai hp beristirahat. Sekian dan terima kasih.

 

Related posts