Cara Cek Kampas Rem Mobil Simpel, Tidak Perlu Ke Bengkel!

cara cek kampas rem mobil
cara cek kampas rem mobil

Kampas rem adalah salah satu komponen yang terbilang penting dalam satu kesatuan mobil. Tanpa kampas rem, keselamatan pengendara mobil bisa terancam bahaya. Apabila kampas rem yang digunakan menipis atau habis, sebaiknya langsung diganti baru. Cara cek kampas rem mobil bisa dilakukan sendiri, tidak perlu pergi ke bengkel.

Alat yang dibutuhkan untuk membuka dan mengecek kampas rem mobil adalah kunci pass. Bisa juga menggantinya dengan tang, namun membuka baut dengan tang tidak semudah membuka baut dengan kunci pass. Setelah menyiapkan alatnya, langsung saja inilah cara mengecek kampas rem mobil:

1. Dinginkan Dahulu Rem Mobil

Rem adalah bagian mobil yang bisa cepat bereaksi panas. Meskipun perjalanan yang dilakukan mobil tidak jauh, reaksi rem tetap mengeluarkan panas yang luar biasa. Apabila kondisi rem sedang panas, seorang pemilik mobil tidak baik melanjutkan untuk memeriksa kampas. Ini dilakukan demi keselamatan pemilik mobil dan mobil itu sendiri.

Jadi, langkah untuk mendinginkan rem adalah langkah yang tepat. Biarkan mobil diam tidak terpakai minimal selama satu jam. Jangan hidupkan mesin mobil selama pendinginan, meskipun hanya menyalakan lampu, itu juga tidak boleh. Pendinginan mobil benar benar ditujukan agar rem mobil kembali pada suhu normalnya.

2. Cek Roda

Sembari menunggu rem dingin, akan lebih baik jika waktu yang ada digunakan untuk hal bermanfaat. Contohnya adalah mengecek roda mobil. Pengecekan dilakukan guna mencari tahu apakah kampas rem benar benar habis menipis atau belum.

Normalnya, apabila ada penumpukan debu di roda, itu artinya kampas rem masih bagus dan seharusnya berfungsi dengan baik. Sebaliknya, apabila debu pada roda sudah bersih, itu berarti kampas memang sudah habis. Pengecekan dengan cara ini sebenarnya cukup, namun jika kurang yakin, silakan lanjutkan pada langkah ketiga.

3. Lepas Baut Roda

Langkah ketiga dalam rangkaian cara cek kampas rem mobil adalah melepas baut roda satu per satu. Pada tahap inilah kegunaan kunci pass dibutuhkan. Baut baut yang terpasang di roda biasanya disetel dengan kekuatan yang cukup. Untuk bisa membukanya, dibutuhkan kekuatan yang cukup pula.

Tempatkan mobil di tanah datar, lalu dongkrak ban mobil sedikit tinggi. Putar setiap baut dengan teliti dan runtut. Jangan lupa simpan baut di tempat yang terjangkau dan secara bergerombol. Ini untuk memudahkan pemasangan baut kembali. Setelah selesai melepaskan baut roda, lepaskan ban secara hati hati juga.

4. Buka Kampas Rem

Setelah roda terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka kampas rem. Saluran rem, rotor, dan kampas rem akan terlihat jelas saat ban sudah terlepas dari tempatnya. Kampas rem yang akan diperiksa diambil secara hati hati dari tempatnya. Lakukan saja secara santai agar tidak mengenai komponen yang lainnya.

Buka baut yang melingkupi kampas rem. Ambil kampas dengan tangan. Apabila nanti akan memulangkan kampas ke tempatnya, lakukan juga secara pelan. Hati hati dengan kelicinan oli mesin yang bisa membuat tangan tergelincir.

5. Cek Kampas Rem

Apabila kampas rem sudah dibuka, saatnya untuk mengecek kampas rem. Ciri kampas rem yang sudah habis yaitu kampas hanya memiliki ketebalan sekitar seperempat dari kampas yang baru. Kira kira setebal 0,6 sentimeter atau bisa kurang dari itu.

Bila kampas ditemukan masih belum tipis, cukup amplas saja permukaan kampas agar kampas kembali kasar dan bekerja seperti sebelumnya. Sebaliknya, jika kampas sudah benar-benar tipis, lakukan penggantian kampas lama dengan yang baru. Setelahnya, pasang kembali kampas rem ke tempatnya. Pasang juga kembali roda yang dilepas.

Cara cek kampas rem mobil dilakukan saat rem dirasa sudah tidak tajam lagi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi pemilik mobil agar mengganti kampas secepat mungkin. Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara, seorang pemilik kendaraan memang harus rajin memeriksa komponen kendaraannya.

 

Related posts