Pengertian Dan Cara Daftar NPWP Online Untuk Pribadi Dan Badan Usaha

Pengertian Dan Cara Daftar NPWP Online Untuk Pribadi Dan Badan Usaha

NPWP merupakan sebuah kartu identitas yang menyatakan bahwa pemiliknya adalah seorang wajib pajak. Biasanya, kartu ini dimiliki oleh pribadi maupun badan usaha yang penghasilannya melebihi penghasilan yang tidak dikenai pajak. Saat ini, untuk membuat NPWP dapat dilakukan secara online. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai NPWP dan cara daftar NPWP online dengan mudah.

Pengertian NPWP

Nomor ini wajib dimiliki oleh warga negara yang memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata. Dengan mempunyai nomor ini dan membayar pajak dengan jujur maka pelaku telah berhasil memenuhi hak serta kewajiban perpajakan sebagai warga Negara.

Read More

Diketahui, NPWP ini terdiri dari 15 kode yang berbeda-beda. Dengan  demikian, nomor tersebut pun tidak akan tertukar dengan yang lain. Kemudian, batas jumlah penghasilan wajib pajak pun berbeda-beda per tahunnya, tergantung dari kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Kemudian, NPWP juga terbagi menjadi dua yaitu untuk pribadi dan badan usaha. Pribadi adalah semua warga negara yang mempunyai pendapatan melebihi rata-rata diharuskan untuk membayar pajak. Sedangkan badan usaha adalah perusahan  yang wajib membayar pajak.

Fungsi NPWP

Adapun fungsi dari NPWP ini sangat penting. Karena setiap pemilik NPWP memiliki kode yang berbeda maka data pengguna pun tidak akan tertukar nantinya. Selain itu, NPWP juga banyak digunakan sebagai persyaratan administrasi dalam hal tertentu misalnya mengajukan kredit atau pinjaman, mengurus surat ijin usaha dagang, mengurus restitusi dan juga yang lainnya.

Dengan memiliki NPWP ini maka urusan pun menjadi lebih mudah dalam perpajakan. Kemudian bila tidak memiliki kartu NPWP ini tetapi penghasilannya tinggi maka pajak yang dikenakan juga akan lebih besar.

Cara Membuat NPWP

Untuk membuat NPWP bisa dilakukan secara online dan juga offline. Namun, untuk saat ini pembuatan secara online akan lebih cepat dan efektif. Cara daftar NPWP online terbilang cukup mudah, tetapi pendaftar haruslah memenuhi persyaratan yang diberikan dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah caranya.

1. NPWP Pribadi

Bagi tiap-tiap warga Negara yang bekerja dan memiliki pendapatan di atas rata-rata maka diwajibkan untuk memiliki kartu NPWP pribadi. Pendaftar pun bisa mendaftar di rumah saja dengan bermodalkan internet dan laptop. Cara daftar NPWP online untuk pribadi bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Syarat-Syarat Daftar NPWP Pribadi

Pertama, pendaftar harus memiliki email yang masih aktif guna mendaftar akun nantinya. Kemudian, diperlukan pula kartu identitas berupa KTP yang menunjukkan bahwa pendaftar adalah WNI. Sedangkan, untuk WNA yang tinggal di Indonesia dan memiliki penghasilan tinggi pun perlu membayar pajak juga. Untuk itu, diperlukan fotokopi  paspor serta kartu izin tinggal secara tetap ataupun terbatas sebagai persyaratannya.

Bagi yang ingin mengajukan NPWP untuk pribadi sebagai pekerja bebas ataupun menjalankan usaha maka memerlukan fotokopi identitas KTP untuk warga Negara Indonesia. Kemudian ada pula surat pernyataan dengan materai yang berisi pernyataan bahwa pelaku memang benar sebagai pekerja ataupun memiliki usaha.

Lalu, bagi WNA perlu memiliki fotokopi paspor, kartu izin tinggal serta kartu ijin untuk melakukan usaha yang diterbitkan pihak terkait . Kemudian juga diperlukan  surat keterangan berupa tempat usahanya dan juga pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah daerahnya. Bisa juga menggunakan struk tagihan listrik sebagai buktinya.

Sedangkan, bagi perempuan yang sudah menikah dan termasuk ke dalam wajib pajak maka juga harus membayarkan pajaknya secara terpisah dari pasangannya bila memang mengajukan pemisahan penghasilan. Selain identitas diri dan juga surat pernyataan, perempuan yang telah menikah juga perlu melampirkan dokumen lain. Dokumen tersebut antara lain NPWP milik pasangan yang difotokopi, kartu keluarga serta surat pemisahan penghasilan.

Cara Daftar NPWP Pribadi Online

Setelah memenuhi persyaratan tersebut maka pendaftar bisa langsung mendaftar secara online. Berikut langkah-langkahnya.

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar dtks kemensos go id Secara Online Sekaligus Pengecekannya

  • Bukalah browser kemudian tulis www.ereg.pajak.go.id lalu klik cari.
  • Setelah masuk ke situs pajak maka berikutnya klik menu Daftar Akun yang ada di sana.
  • Berikutnya, tulislah email pribadi beserta password di kolom yang tersedia.
  • Masukkan pula kode captcha yang muncul di sana dengan benar, jika salah sama ulangi lagi kemudian klik Daftar.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai mendapatkan email berisi link untuk melakukan aktivasi. Klik link tersebut.
  • Kemudian, masukkan nama asli pendaftar lalu email aktif dan juga passwordnya.
  • Masukkan juga nomor handphone yang bisa dihubungi di kolom yang disediakan.
  • Berikutnya, jawablah pertanyaan keamanan lalu masukkan kode captcha dan tekan Daftar.
  • Nantinya akan muncul notifikasi dan juga email baru yang masuk.
  • Bukalah link tersebut dan proses aktivasi pun selesai.
  • Kemudian, pendaftar harus login kembali untuk melakukan registrasi.
  • Masukkan pula data yang diperlukan secara benar serta juga lengkap, lalu klik

Daftar untuk mengirimkan formulir pendaftaran tersebut. Pendaftaran pun akan diproses.

  • Setelah itu, bukalah halaman awal situs tersebut dan akan terlihat status pendaftarannya.
  • Berikutnya, klik Kirim Token lalu masukkan kode captcha keamanan kemudian klik tombol Submit.
  • Pilih konfirmasi melalui email lalu salin token tersebut.
  • Bukalah menu token guna mendapatkan kode syarat dari pengajuan tersebut.
  • Lihatlah email untuk melihat token yang dikirimkan.
  • Tunggu hingga pendaftaran disetujui.
  • Jika sudah maka kartu NPWP pun akan dikirimkan ke alamat pendaftar melalui pos oleh kantor pajak.
  • Cara daftar NPWP online untuk pribadi pun telah selesai.

2. NPWP Badan Usaha

Selanjutnya adalah membuat NPWP secara online untuk sebuah badan usaha. Tentunya, badan usaha juga perlu memiliki kartu NPWP supaya nantinya proses perpajakan akan menjadi lebih mudah. Berikut adalah penjelasannya.

Syarat-Syarat Pembuatan

Untuk persyaratan cara daftar NPWP online untuk usaha terbagi menjadi tiga jenis usaha yaitu perusahaan laba, nirlaba dan juga kerja sama. Ketiganya memiliki persyaratan yang mirip namun ada sedikit perbedaan. Pemilik usaha tentunya perlu memperhatikan jenis usahanya sesuai dengan yang mana.

Baca Juga :  Inilah Informasi Lengkap Terkait Cara Daftar UMKM Terbaru 2022 yang Sangat Mudah

Bagi perusahaan laba dan nirlaba maka perlu memiliki surat keterangan dan juga akta pendirian usaha tersebut jika pemiliknya ada di dalam negeri. Namun, jika perusahaan asing dan hanya perwakilan saja maka perlu adanya fotokopi surat keterangan terkait.

Lalu, diperlukan pula kartu identitas asli yang berwenang untuk WNI dan untuk WNA maka perlu paspor. Kemudian, sertakan pula NPWP pribadi dan surat pernyataan bermaterai berupa lokasi dan jenis usahanya.

Sedangkan untuk perusahaan kerja sama maka perlu adanya surat perjanjian kerjasama dan juga akta pendiriannya. Lalu, cantumkan pula NPWP pribadi tiap anggota yang ikut bekerjasama. Siapkan pula kartu identitas pribadi serta paspor bagi WNA. Tak lupa pula surat pernyataan bermaterai tentang jenis usaha yang dilakukan.

Cara Daftar NPWP Usaha Online

Jika syarat-syarat yang ada sudah lengkap maka selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Cara daftar NPWP online untuk badan usaha adalah sebagai berikut.

  • Bukalah browser lalu ketik http://ereg.pajak.go.id/daftar  kemudian cari.
  • Setelah masuk ke situsnya, selanjutnya daftar menggunakan email milik pendaftar yang masih aktif.
  • Masukkan captcha sesuai yang tertulis di sana lalu klik Daftar.
  • Nantinya akan muncul notifikasi untuk melakukan aktivasi.
  • Kemudian, isilah pula formulir yang disediakan di sana dengan lengkap lalu klik NPWP Badan.
  • Masukkan semua informasi yang diperlukan kemudian masukkan pula captcha dan klik Daftar.
  • Kemudian, jika berhasil maka pendaftar akan mendapatkan notifikasi dan nantinya formulir yang telah diisi akan dikirimkan secara otomatis.
  • Download formulir tersebut lalu tandatangani dan sertakan pula syarat lainnya dan kirim ke kantor pajak melalui pos.
  • Setelah itu, tunggu beberapa hari sampai NPWP badan usaha berhasil dibuat dan akan dikirim kembali melalui pos ke alamat milik pendaftar.

Baca Juga : 3 Cara Cek Saldo Brizzi Tanpa NFC dengan Mudah

Itulah penjelasan mengenai NPWP, persyaratan yang harus dipenuhi serta cara daftar NPWP online untuk pribadi maupun badan usaha. Dengan mengetahui informasi ini maka wajib pajak pun bisa mengikuti alurnya hingga mendapatkan NPWP seperti yang dibutuhkannya.

 

Related posts