Ketahui Cara Daftar Kartu Telkomsel Bagi WNI Maupun WNA Sebelum Menggunakannya

Sebelum memutuskan menggunakan kartu tertentu untuk dijadikan sebagai media komunikasi, tentu saja penting bagi pengguna ponsel untuk mengetahui bagaimana cara pendaftarannya. Apalagi lagi jika ingin menggunakan kartu Telkomsel. Penting untuk mengetahui terlebih dahulu cara daftar kartu Telkomsel supaya kartunya aktif dan bisa dipakai.

Tapi perlu diketahui, cara mendaftarkan kartu Telkomsel bagi WNI ataupun WNI berbeda caranya. Jadi, tidak sembarangan memakai cara tanpa mengetahui keakuratan cara tersebut untuk WNI atau WNA. Bagi yang ingin tahu cara registrasi kartu Telkomsel baik untuk WNI maupun WNA sebaiknya membaca ulasan ini!

Read More

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Bagi WNI (Warga Negara Indonesia)

Sebelum mengetahui cara pendaftaran kartu Telkomsel bagi WNA, di sini akan diulas terlebih dahulu cara pendaftaran untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Ada berbagai cara untuk meregistrasikan kartu Telkomsel bagi WNI diantaranya:

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar dtks kemensos go id Secara Online Sekaligus Pengecekannya

1. Daftar Via SMS

Daftar Via SMS

Registrasi kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan berbagai cara. Paling mudahnya bisa memilih pendaftaran melalui SMS yang langsung dilakukan lewat ponsel. Langkah-langkah pendaftaran yang harus diikuti diantaranya:

  • Persiapkan persyaratannya yaitu itu Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Cari NIK yang tercantum pada KTP. Biasanya nomor tersebut berjumlah 16 digit angka. Bisa ditemukan pada bagian atas nama pemilik KTP.
  •  Temukan nomor KK sebab nantinya akan digunakan untuk proses pendaftaran.
  • Lakukan proses registrasi kartu Telkomsel dengan ketik SMS format REG<spasi>NIK#Nomor KK#. Contohnya, REG 1334560890123476#3202060401130029.
  • Pastikan nomor NIK dan KK yang dimasukkan valid. Upaya ini agar menghindari kegagalan dalam melakukan registrasi kartu Telkomsel.
  • Kirim format SMS tersebut ke Nomor 4444.
  • Tuggu notifikasi aktivasi dari Telkomsel. Biasanya akan dikirim melalui SMS di nomor yang sudah diregistrasikan. Tetapi juga bisa berbentuk pop up yang di muncul di layar setelah melakukan registrasi.

2. Daftar Melalui Grapari

Selain melalui SMS cara daftar kartu Telkomsel juga bisa dilakukan melalui Grapari. Caranya terbilang cukup memakan waktu dibandingkan dengan biaya SMS karena harus mengunjungi Grapari. Persyaratannya juga sama harus menyiapkan KTP dan KK. Lebih jelasnya untuk cara pendaftarannya yaitu sebagai berikut:

  • Kunjungi Grapari setelah itu langsung saja ambil nomor antrian untuk melakukan pendaftaran kartu Telkomsel.
  • Setelah itu tinggal tunggu saja sampai nomor antrian disebut atau dipanggil oleh petugas di sana.
  • Tahap terakhir, ikuti saja panduan pendaftaran kartu Telkomsel sesuai dengan yang diarahkan oleh customer service di Grapari.

Baca Juga : Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

3. Registrasi Melalui Call Center

Call Center

Tidak hanya bisa mendaftarkan kartu Telkomsel dengan via SMS maupun Grapari. Tentu saja persyaratannya sama yaitu KK dan KTP, hanya berbeda di cara daftar kartu Telkomsel melalui metodenya. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin mendaftarkan melalui call center:

  • Siapkan terlebih dahulu KK dan KTP terbaru sebagai syarat utama untuk meregistrasikan kartu Telkomsel.
  • Selanjutnya pergi ke menu telepon, lanjutkan dengan memasukkan kode 188 ke layar nomor panggilan.
  • Jika sudah melakukan panggilan pastikan setelahnya memilih opsi layanan registrasi kartu supaya bisa melanjutkan langkah pendaftaran berikutnya.
  • Ikuti langkah-langkahnya sesuai instruksi saat panggilan tersebut dilakukan. Tunggu notifikasi verifikasi pengaktifan kartu Telkomsel.

4. Daftar Melalui USSD

Pendaftaran kartu Telkomsel juga bisa dilakukan melalui via USSD. Cara ini tentu sudah banyak diketahui oleh para pengguna SIM card seperti Telkomsel dan lainnya. Tergolong mudah sama halnya dengan menggunakan call center maupun SMS. Tetapi tentu ada perbedaan mengenai langkah cara pendaftarannya. Bagi yang belum tahu berikut ini langkah-langkah cara daftar kartu Telkomsel via USSD:

  • Langkah awal untuk mendaftarkan kartu Telkomsel adalah menyiapkan dokumen KTP dan KK sama halnya dengan cara-cara sebelumnya.
  • Setelah dokumen disiapkan langsung saja melakukan panggilan ke nomor *444#. Pastikan panggilan tersebut sukses agar bisa melakukan langkah berikutnya.
  • Ikuti instruksi dari panggilan seperti memasukkan nomor KK dan NIK.
  • Tunggu proses pendaftaran sampai muncul notifikasi berupa pop-up maupun SMS dari Telkomsel.

Baca Juga : Cara Menghapus Email di HP dengan Berbagai Sistem Operasi

Itulah beberapa cara yang bisa ikuti oleh pengguna kartu Telkomsel bagi WNI. Mulai dari via SMS, mengunjungi Grapari, call center maupun USSD. Pengguna bisa memilih salah satunya yang paling mudah. Hanya saja disarankan untuk via SMS dan USSD saja agar lebih mudah.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel bagi Warga Negara Asing (WNA)

Bagi pengguna kartu Telkomsel yang berasal dari Warga Negara Asing (WNA) tidak perlu khawatir. Sebab, caranya juga tidak kalah mudah dengan cara daftar kartu Telkomsel bagi WNI. Hanya saja terdapat perbedaan di persyaratannya. Oleh sebab itu, agar cara pendaftaran yang benar penting bagi pengguna kartu Telkomsel harus menerapkan cara berikut:

1. Registrasi Melalui Grapari

Cara registrasi melalui Grapari bagi WNA tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan oleh pengguna kartu Telkomsel WNI. Lebih jelasnya bisa menyimak langkah-langkahnya yang sudah diuraikan berikut:

  • Persiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan yaitu meliputi paspor, KITAP atau KITAS. Dokumen tersebut harus dibawa ke GraPARI.
  • Ambil nomor antrian dan tunggu sampai dipanggil, jika sudah sampai di kantor Grapari. Disarankan agar selalu menyimak dengan cermat supaya tidak terlewat.
  • Ikuti saran registrasi dari customer service yang melayani untuk meregistrasikan kartu Telkomsel bagi WNA.

Baca Juga : 4 Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang Paling Efektif

2. Daftar Melalui Call Center

Bisa juga registrasi melalui call center. Cara daftar kartu Telkomsel melalui call center juga terbilang sangat mudah dan cenderung dipilih orang karena tidak memakan waktu lama untuk prosesnya, nah bagaimana caranya? Yaitu:

  • Siapkan dokumen paspor, KITAS atau KITAP.
  • Masuk ke menu panggilan lalu panggil nomor 188.
  • Pilih layanan daftar kartu Telkomsel.
  • Lanjutkan dengan mengikuti instruksi yang sudah ditentukan. Mulai dari memasukkan nomor paspor atau nomor dari dokumen lainnya.

3. Registrasi Via USSD

Warga negara asing yang menggunakan kartu Telkomsel juga bisa meregistrasikan kartu tersebut melalui USSD. Langkah-langkah yang bisa diikuti untuk melakukan pendaftaran via USSD tersebut yaitu:

  • Siapkan terlebih dahulu dokumen persyaratan diantaranya paspor, KITAP maupun KITAS yang dimiliki sebelum registrasi.
  • Mulai panggilan ke nomor *444#. Pastikan panggilan tersampaikan agar tahapan berikutnya bisa dilangsungkan.
  •  Ikuti instruksi memasukkan data-data yang sudah diminta oleh Telkomsel melalui panggilan tersebut.

Tentu saja cara sekaligus langkah-langkah yang sudah disebutkan pada setiap media pendaftaran untuk aktivasi kartu Telkomsel di atas sudah cukup lengkap kan? Jadi, pengguna ponsel tidak perlu ragu untuk menggunakan kartu Telkomsel sebagai media komunikasi sesama teman ataupun keluarga. Sebab, cara pendaftarannya cukup mudah dilakukan apalagi yang via SMS dan USSD.

Baca Juga : Siapa Bilang Cara Daftar Shopee Food Susah, Ikuti Langkah Berikut!

Tapi perlu ditekankan mengenai cara daftar kartu Telkomsel yang sudah diulas panjang lebar di atas harus diperhatikan persyaratannya masing-masing. Baik itu persyaratan untuk pendaftaran kartu Telkomsel bagi WNI maupun WNA. Perhatian ini agar proses pendaftaran sukses dan kartu Telkomsel dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Related posts