Syarat dan Cara Daftar dtks kemensos go id Secara Online Sekaligus Pengecekannya

Syarat dan Cara Daftar dtks kemensos go id Secara Online Sekaligus Pengecekannya

Ramai sekali masyarakat mencari cara daftar dtks kemensos go id untuk kepentingannya. Tentu saja alasannya karena banyak masyarakat dari kalangan bawah membutuhkan bantuan DTKS dari Kemensos tersebut. Tapi sayangnya beberapa masih kurang tahu syarat untuk mendapatkan bantuan DTKS.

Sebelum menguras banyak agar bisa lebih paham cara dan syarat dari pendaftaran pembantuan DTKS ini penting sekali memahami terlebih dahulu jenis bantuan dari Kemensos ini. DTKS adalah singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Data tersebut meliputi PSKS, PPKS, Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial.

Read More

40% penduduk Indonesia diketahui memiliki status rendah kesejahteraan sosial. Tentu saja didalamnya meliputi warga Indonesia yang yang miskin maupun rawan miskin serta membutuhkan Bansos dari pemerintah. Jadi, adanya Bansos DTKS dari Kemensos ini menyasar masyarakat yang memang memiliki kesulitan ekonomi yang paling parah.

Baca Juga : Siapa Bilang Cara Daftar Shopee Food Susah, Ikuti Langkah Berikut!

Persyaratan Daftar DTKS Kemensos

Nah, perlu diketahui selain hanya miskin ada beberapa saat lagi yang harus dipenuhi oleh masyarakat berhak menerima bansos DTKS. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar Bansos DTKS dari Kemensos penerima harus memenuhi persyaratan pendaftarannya. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi diantaranya:

  • Keluarga penerima manfaat miskin atau rawan miskin. Seperti yang sudah sempat diulas pada awal pembahasan, bahwasanya masyarakat bisa menerima bantuan sosial DTKS apabila kurang mampu atau miskin. Selain itu, juga tergolong rawan miskin. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa menerima bantuan ini.
  • Penerima bantuan tidak berprofesi yang dikecualikan. Tidak sembarang profesi yang dikecualikan untuk menerima bantuan DTKS ini. Tapi profesi tertentu seperti anggota PNS, Polri maupun TNI.
  • Bansos khusus program PKH. Syarat berikutnya untuk mendaftar sekaligus mendapatkan Bansos DTKS dari Kemensos ini adalah masyarakat yang terkena Covid-19. Selain itu juga masyarakat yang di PHK atau diputus hubungan kerjanya.

Memang semua orang bisa mendaftar bantuan DTKS Kemensos. Tetapi untuk bisa diterima sebagai calon penerima tentu harus memenuhi persyaratan tersebut supaya bisa dikategorikan sebagai keluarga penerima manfaat DTKS Kemensos.

Apabila sudah dirasa layak dan terpenuhi 3 persyaratan tersebut. Masyarakat tidak perlu lagu untuk mendatangi kantor Kelurahan melakukan pengajuan. Kalau memang sudah memenuhi persyaratan petugas pasti akan segera memproses dan pemasukan sebagai keluarga penerima manfaat Bansos tersebut.

Baca Juga : Inilah Informasi Lengkap Terkait Cara Daftar UMKM Terbaru 2022 yang Sangat Mudah

Cara Daftar sebagai Penerima Bansos DTKS Kemensos secara Online

Setelah memenuhi persyaratan yang sudah dirinci pada ulasan sebelumnya bisa langsung mendaftarkan diri sebagai keluarga penerima manfaat dari Bansos DTKS Kemensos. Mendaftar sebagai penerima Bansos atau keluarga penerima DTKS Kemensos harus mengetahui cara daftar dtks kemensos go id dengan benar.

Selain itu, sebelum mendaftar sebagai keluarga penerima manfaat DTKS harus dengan beberapa panduan tertentu. Di bawah ini penjelasan lengkapnya terkait cara pendaftaran Bansos DTKS dari Kemensos secara online:

1. Unduh Aplikasi Cek Bansos

Langkah pertama untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bansos DTKS adalah dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah di Play Store. Tinggal ikuti langkah-langkah penginstalannya maka bisa langsung digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai keluarga penerima manfaat Bansos dari Kemensos tersebut.





2. Buat Akun

Tentu saja setelah aplikasi terinstal sempurna langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Cek Bansos tersebut. Sampai di halaman utama klik Buat Akun Baru. Apabila sudah mempunyai akun tinggal langsung ke tombol login saja dengan memasukkan username dan password.

3. Isi Data Diri

Tidak semerta-merta membuat akun di aplikasi Cek Bansos ini. Pendaftar harus mengisi data diri secara lengkap pada formulir yang sudah disediakan oleh aplikasi dan pastinya sesuai dengan ketentuan dari Kemensos.

Data diri yang perlu dilengkapi oleh pendaftar meliputi nomor NIK, KK, nama asli dan domisili. Pada data alamat harus disertakan dengan lengkap yaitu meliputi provinsi, kabupaten atau kota kecamatan, desa sekaligus RT dan RW.

Baca Juga : Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

4. Masukkan Data Khusus Login

Selain memasukkan data-data yang sudah disebutkan pada poin ketiga untuk cara daftar dtks kemensos go id di atas. Ada juga data yang menjadi syarat login diantaranya nomor HP, alamat email, password sekaligus username. Masukkan data tersebut dan lakukan langkah cara berikutnya.

5. Unggah Foto KTP dan Swafoto

Langkah kelima yang perlu dilakukan oleh pendaftar adalah mengunggah foto KTP dan foto dengan KTP asli. Unggah pada kolom yang sudah disediakan dan tunggu sampai proses pengunggahan selesai.

6. Periksa Data

Supaya tidak terjadi kesalahan dalam mendaftarkan diri sekaligus login ke aplikasi cek Bansos penting sekali untuk memeriksa data sebelum membuat akun. Scroll secara teliti data-data yang sudah dimasukkan jika dirasa benar klik saja tombol Buat Akun Baru. Setelah langkah tersebut terselesaikan itu artinya sudah berhasil melakukan registrasi akun Cek Bansos.

7. Buat Usulan

Jika proses registrasi sudah dilakukan dengan benar oleh pendaftar selanjutnya tinggal masuk ke halaman utama aplikasi. Pada halaman tersebut langsung klik saja tombol Daftar Usulan. Setelah itu klik opsi Tambahkan Usulan dan lanjutkan dengan mengisi data diri sesuai dengan data di KK dan KTP secara benar.

Baca Juga : Ketahui Analisa Usaha Warung Kopi Indomie Agar Bisnis Bisa Berkembang Pesat!

8. Tunggu Verifikasi dan Validasi Data

Proses selanjutnya dari cara daftar dtks kemensos go id adalah menunggu verifikasi sekaligus validasi data yang sudah dimasukkan pada kolom sesuai ketentuan. Prosesnya terbilang membutuhkan kesabaran karena relatif lama.

Cara Cek DTKS Online di Aplikasi Cek Bansos

Proses registrasi untuk mendapatkan bantuan sosial DTKS dari Kemensos tidak hanya mendaftarkan diri saja melalui aplikasi Cek Bansos. Tetapi pendaftar harus memastikan dengan cara memeriksa apakah pengajuan diterima atau tidak oleh Kemensos. Cara untuk cek DTKS secara online bisa melalui aplikasi Cek Bansos dan cekbansos.kemensos.go.id. Berikut ini langkah cara yang perlu dilakukan:




  • Buka aplikasi. Langkah pertama adalah menjalankan aplikasi Cek Bansos di
  • Masuk ke menu Cek Bansos. Sudah sampai ke halaman utama langsung saja login dan cari menu Cek Bansos. Kemudian masuk ke menu tersebut.
  • Masukkan alamat dan nama. Berikutnya adalah mengisi alamat pada kolom yang disediakan mulai dari provinsi, kota, kecamatan dan kelurahan. Lanjutkan dengan mengisi nama sesuai dengan KTP. Pastikan jangan sampai salah huruf atau kata.
  • Isi kode captcha dan cari data. Langkah terakhir adalah memasukkan kode chapta yang sudah disediakan dengan benar. Setelah itu cari data dengan Klik tombol Cari Data. Tunggu hasilnya sampai muncul pada laman tersebut.

Apabila hasilnya diterima sebagai penerima bantuan sosial DTKS dari Kemensos. Langsung tunggu dananya akan segera cair. Selain itu bisa tunggu informasi-informasi lebih lanjut terkait pencairan berikutnya. Tapi perlu diingat untuk bisa diterima sebagai penerima bantuan ini tentu saja harus memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Tidak hanya cukup memenuhi persyaratannya saja, cara daftar dtks kemensos go id harus dilakukan dengan benar. Cermati setiap langkahnya dan lakukan secara teliti agar tidak salah, khususnya ketika tahap memasukkan data-data penting. Untuk memastikannya benar-benar sesuai periksa ulang sesuai dengan saran yang sudah ditegaskan pada langkah-langkah pendaftarannya.

Related posts