Siapa Bilang Cara Daftar Shopee Food Susah, Ikuti Langkah Berikut!

Siapa Bilang Cara Daftar Shopee Food Susah, Ikuti Langkah Berikut!

Penggunaan Shopee Food sebagai mitra usaha saat ini mulai dilirik oleh banyak orang. Alasannya karena banyak pengusaha yang mendaftarkan usahanya pada Shopee Food. Cara daftar Shopee Food pun sangat mudah untuk dilakukan, asalkan produk yang diajukan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Selain mudah dilakukan, Shopee Food juga memberikan fitur unggulan yang menarik. Diskon harga hingga cara pembayaran yang mudah sering ditawarkan oleh pihak Shopee Food. Tentu, hal tersebut membuat banyak orang semakin ingin mendaftarkan usahanya pada Shopee Food. Di bawah ini merupakan cara yang harus dilakukan untuk mendaftar Shopee Food pada usaha makanan dan minuman:

Read More

1. Isi Formulir Pendaftaran

Sebelum menjadi mitra usaha Shopee Food, pemilik usaha harus mengisi pendaftaran formulir terlebih dahulu. Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan keadaan usaha yang sebenarnya. Lakukan pendaftaran pada link https://help.shopee.co.id/portal/webform.

Baca Juga : Inilah Informasi Lengkap Terkait Cara Daftar UMKM Terbaru 2022 yang Sangat Mudah

Jangan lakukan kecurangan dalam mengisi formulir pendaftaran. Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan besar outlet yang dimiliki tidak akan diterima oleh tim Shopee Food. Apabila halaman pertama sudah terisi dengan lengkap, klik halaman berikutnya.

2. Isi Data Diri

Cara Daftar Shopee Food yang kedua yaitu mengisi data diri. Pada cara kedua ini, pemilik usaha akan diminta mengunggah data diri seperti nomor ponsel dan alamat email yang aktif. Tujuannya tentu agar pemberitahuan verifikasi dapat dikirim melalui email tersebut.

Tidak hanya itu, pemilik usaha juga diminta untuk mengunggah foto buku rekening yang digunakan. Tidak perlu khawatir untuk disalahgunakan. Pengunggahan ini dilakukan agar tim Shopee Food dapat mencocokkan keseluruhan data diri yang telah diunggah sebelumnya terhadap usaha yang diajukan. Jika sudah, lanjutkan pada halaman berikutnya.

3. Pilih Lokasi Alamat

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pemilik usaha yaitu menetapkan lokasi alamat usaha. Hingga saat ini, Shopee Food baru tersedia pada beberapa kota dan kabupaten saja. Beberapa daerah tersebut tersebar pada pulau Jawa, pulau Bali, pulau Sumatera dan pulau Sulawesi.

Baca Juga : Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

Apabila alamat lokasi yang akan didaftarkan belum tersedia pada pilihan opsi, pemilik usaha bisa memilih “Others”. Kemudian pilih halaman berikutnya. Tim Shopee Food akan mempertimbangkan ketersediaan  dan kelayakan Shopee Food pada daerah tersebut. Diperlukan waktu yang lama dalam meninjau ketersediaan dan kelayakan pada mitra Shopee Food.

4. Isi Jenis Usaha

Berikutnya, pemilik usaha diminta untuk mengisi jenis usaha yang dimiliki. Jenis usaha tersebut seperti perseorangan, badan hukum maupun franchise. Selain itu, pemilik juga harus mengisi nama usaha yang sedang dijalankan. Tidak hanya itu, pemilik juga diminta untuk menyebutkan apakah usaha yang sedang dijalankan berbentuk perseorangan atau memiliki badan hukum.

Selanjutnya isi kolom mengenai alamat kantor beserta kota dan kode pos sesuai lokasi outlet pusat. Pemilik usaha juga  harus memastikan bahwa apa yang telah didata sebelumnya sudah tepat dan akurat. Karena hal tersebut akan dijadikan acuan ketika driver menjemput makanan maupun minuman.

5. Isi Kategori dan Bentuk Usaha yang Dijalankan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan pemilik usaha pada cara daftar Shopee Food yaitu mengisi kategori usaha yang sesuai. Pada bagian ini, pemilik usaha dapat mencantumkan jumlah cabang usaha yang telah dimiliki. Apabila usaha yang dijalankan belum memiliki cabang, maka tidak perlu mengisi kolom tersebut.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Pengisian kolom berlaku apabila usaha yang dimiliki berbentuk perseorangan, seperti contohnya UMKM. Tujuannya agar seluruh cabang yang dimiliki dapat terdaftar pada aplikasi Shopee Food tanpa terkecuali. Sehingga pemilik usaha tidak perlu mendaftarkan usahanya satu per satu. Selain itu, konsumen juga akan memilih lokasi cabang yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

6. Unggah Foto Usaha yang Dimiliki

Setelah mengisi kategori dan bentuk usaha yang dijalankan, pemilik usaha harus mengunggah foto usaha yang sedang dijalankan. Foto ini dilakukan untuk mempermudah driver dan pelanggan dalam mencari outlet usaha yang sedang dijalankan. Adapun foto yang harus diunggah setidaknya yaitu foto bagian depan toko dan foto bagian dapur pembuatan.

Pemilik usaha juga bisa mengunggah beberapa foto menu yang tersedia pada usaha yang sedang dijalankan. Pengunggahan foto tersebut nantinya akan dicantumkan pada bagian menu restoran. Untuk mengunggah foto tersebut, klik bagian “Add File”. Kemudian pilih “Next”. Tunggu proses pengunggahan hingga selesai.

7. Lakukan Konfirmasi Pendaftaran

Apabila telah mengunggah foto usaha yang sedang dijalankan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu konfirmasi pendaftaran. Pada tahapan ini, pemilik usaha harus menjawab pertanyaan mengenai cara pendaftaran Shopee Food. Tidak hanya itu, pemilik usaha juga akan ditanya mengenai asal usul mengetahui Shopee Food.

Baca Juga : Auto jadi Selebgram! Ikuti Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Ini!

Pertanyaan yang akan disebutkan meliputi pengetahuan pemilik usaha mengenai Shopee Food. Apabila pertanyaan tersebut sudah dijawab, langkah selanjutnya yaitu mengisi pernyataan jika data yang telah diisi sebelumnya bersifat benar. Kemudian, pilih “Submit”.

8. Verifikasi

Pada tahap verifikasi ini, pemilik usaha hanya perlu menunggu tim Shopee Food menyetujui. Maka dari itu, penting mengisi data dengan benar dalam mendaftarkan merchant pada Shopee Food. Tim Shopee Food akan menghubungi pemilik usaha pada nomor telepon maupun email yang telah dicantumkan sebelumnya.

Biasanya proses verifikasi membutuhkan waktu paling tidak satu bulan lamanya. Apabila belum mendapat kepastian dalam jangka waktu satu bulan, pemilik usaha bisa menghubungi tim Shopee Food melalui fitur chat live pada aplikasi Shopee.

9. Pastikan Berkas Lengkap

Cara daftar Shopee Food selanjutnya yaitu melakukan proses verifikasi. Pada langkah ini, pemilik usaha diminta untuk mengisi dan melengkapi beberapa berkas yang diminta tim Shopee Food. Dalam hal ini, terdapat satu berkas penting yang harus diisi oleh pemilik usaha. Berkas tersebut yaitu surat perjanjian antara tim Shopee Food dan pemilik usaha.

Sebelum mengunggah surat perjanjian, ada baiknya pemilik usaha membaca peraturan tersebut dengan seksama. Ketika sudah melengkapi beberapa berkas yang diminta, kirim dokumen tersebut melalui email yang telah disebutkan. Harap memperhatikan alamat email dengan cermat agar tidak melakukan kesalahan pengiriman berkas.

Baca Juga : Cari Tahu Jadwal Upload TikTok Biar FYP!

10. Tim Shopee Food Melakukan Peninjauan

Setelah mengirim berkas, tim Shopee Food akan mendatangi outlet yang telah diajukan sebelumnya. Adapun waktu peninjauan tersebut dilakukan maksimal 15 hingga 20 hari setelah proses pengiriman berkas dilakukan. Tidak hanya melakukan peninjauan terhadap foto yang diunggah dan berkas, tim Shopee Food pun juga akan melakukan pelatihan.

Pelatihan yang dilakukan ini memiliki tujuan agar pemilik usaha tidak kebingungan terhadap sistem pengoperasian fitur Shopee Food. Terlebih, pada bagian pembayaran nontunai. Pelatihan yang dilakukan oleh tim Shopee Food pun tidak akan memakan waktu lama. Apabila pemilik usaha masih kebingungan, pemilik usaha bisa menghubungi tim Shopee Food kembali.

Cara daftar Shopee Food sangat mudah dilakukan bukan?. Namun yang perlu diperhatikan, yaitu pengisian formulir dan data diri yang diminta oleh pihak Shopee Food. Apabila terdapat kekeliruan, pemilik usaha bisa menghubungi tim Shopee Food. Dengan begitu, data yang terlanjur dikirim akan ditinjau ulang terlebih dahulu.

Related posts