Ketahui Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Ketahui Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Software apapun tidak pernah terlepas dari pembajak. Ada saja orang yang ingin mencari keuntungan dari orang lain dengan cara yang kurang pantas. Pembajakan tidak hanya terjadi pada software dengan skala kecil saja. Termasuk software sekelas Windows juga terdapat versi bajakannya. Ketahui perbedaan Windows original dan bajakan serta cara membedakannya berikut!

Perbedaan Windows Versi Asli dan Bajakan

Meskipun kedua versi Windows, baik original dan bajakan mirip, namun bukan berarti tidak terdapat perbedaan di antara keduanya. Secara tampilan mungkin tidak tampak berbeda. Namun, mari ketahui perbedaan Windows original dan bajakan khususnya pada kinerja sistemnya berikut:

Read More

1. Update Versi

Perbedaan paling mencolok antara kedua versi ini adalah update versi. Windows versi asli akan selalu mendapatkan update rutin dari Microsoft untuk merawat dan memperbaiki gangguan yang ada di sistem. Tentunya update rutin ini akan membantu kinerja Windows dan meningkatkan keamanan, sehingga pengguna bisa menggunakan Windows dengan nyaman.

Baca Juga ; Atasi Masalah Tidak Bisa Memasukkan Kode Undangan TikTok, Ikuti Langkah Jitu Ini!

Versi bajakan tidak akan mendapatkan update rutin dari Microsoft. Sekalipun ada, pengguna Windows bajakan tidak disarankan untuk melakukannya. Update versi pada Windows bajakan berarti bahwa Microsoft mendeteksi ada yang salah dengan sistem tersebut. Jika pengguna melakukan update, maka akan ada beberapa fitur dan aplikasi yang tidak dapat dijalankan.

2. Keamanan

Soal keamanan tentu Windows bajakan lebih rentan. Umumnya Windows bajakan disisipi oleh virus atau kode yang tidak aman. Tentu ini membuat PC atau laptop menjadi mudah rusak dikarenakan adanya virus yang tidak diketahui.

Sementara itu, untuk pengguna Windows original keamanannya terjamin oleh sistem keamanan Windows yang langsung didukung oleh Microsoft. Tentu hal ini perlu diketahui dengan baik oleh pengguna agar tidak mengalami permasalahan nantinya.

3. Harga

Terakhir, perbedaan Windows original dan bajakan yang paling mencolok lainnya adalah dari segi harga. Windows original memiliki harga yang lebih mahal daripada Windows versi bajakan. Dengan demikian, pengguna bisa lebih skeptis apabila ditawari software Windows dengan harga miring. Sangat mungkin bahwa yang ditawarkan tersebut adalah versi bajakan.

Baca Juga : 2 Cara Menambahkan Printer di Windows 10 Melalui Kabel USB dan Wifi

Cara Membedakan Versi Asli dengan Bajakan

Apabila ketiga perbedaan di atas masih terlalu susah untuk membantu pembaca mengenali Windows original dan bajakan, ada cara yang bisa digunakan untuk memeriksa versi Windows. Tentu saja cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Buka perangkat laptop atau PC yang dipunya
  • Setelah terbuka dan nyala, klik Start pada sudut kiri bawah tampilan layar
  • Lan jutkan dengan klik ikon bergambar roda gigi untuk masuk ke menu Settings
  • Tunggu jendela Settings hingga muncul pada tampilan
  • Usai jendela muncul, klik pada menu Update & Security untuk masuk ke informasi seputar sistem operasi Windows
  • Pada bagian kiri akan ditampilkan banyak pilihan menu konfigurasi. Pilih menu Activation
  • Pengguna bisa melihat keterangan versi Windows yang digunakan oleh perangkat pada tampilan berikutnya
  • Pastikan pada tampilan Activation, terdapat tulisan Windows is activated with a digital license. Tulisan ini menandakan bahwa Windows yang digunakan oleh pengguna sudah diaktivasi dengan lisensi. Namun, apabila tulisannya berbunyi, Windows is not activated, ini artinya Windows yang digunakan di perangkat pengguna tidak berlisensi.

Baca Juga : 6 Penyebab Flashdisk tidak Terbaca di Windows 10

Itulah ulasan mengenai perbedaan Windows original dan bajakan serta cara membedakannya. Semoga dengan informasi di atas pengguna bisa mengenali versi Windows yang dimiliki dan lebih berhati-hati jika akan membeli software satu ini.

 

Related posts