Ikuti Cara Menonaktifkan YouTube Premium Ini dan Tetap Nikmati Akses Gratis Masa Uji Coba!

Ikuti Cara Menonaktifkan YouTube Premium Ini dan Tetap Nikmati Akses Gratis Masa Uji Coba!

Sudah tahu layanan eksklusif  dari YouTube? Tentu saja, bisa dibilang YouTube premium adalah layanan yang berlangganan guna menonton video tanpa menonton iklan. Sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Hanya saja, tidak semua fitur digunakan terus-menerus, ada kalanya pengguna ingin menonaktifkan layanan ini. Berikut ini langkah-langkah dari cara menonaktifkan YouTube premium:

1. Periksa Langganan Terakhir

Pertama-tama, tentunya pengguna perlu memeriksa riwayat langganan terakhir. Layanan eksklusif YouTube premium menawarkan bukan hanya 1 jenis langganan saja. Pengguna bisa berlangganan dengan paket per bulan hingga per tahun. Tentunya dengan harga yang bervariasi sesuai dengan lama waktu dan fiturnya.

Read More

Tujuan memeriksa langganan terakhir adalah untuk memastikan kembali langganan dan sisa waktunya. Khusus untuk pelanggan dengan masa uji coba gratis tidak dapat menonaktifkan langganannya. Jika di tengah-tengah waktu berlangganan pengguna menonaktifkannya, uji coba gratis akan tetap berjalan hingga batas waktu yang ditentukan di awal.

Basca Juga : Cara Mempromosikan Channel Youtube Supaya Lebih Berkembang

Namun, ini bukan berarti pengguna tidak perlu menonaktifkan langganan. Sebab, jika tidak dinonaktifkan pengguna bisa mendapatkan tagihan untuk langganan untuk periode berikutnya. Apabila pengguna tidak ingin memperpanjang langganan namun sudah memasukkan data kartu kredit, maka lanjutkan dengan melakukan langkah berikutnya.

2. Gunakan Browser PC atau Laptop

Sama seperti pengaturan creator untuk YouTube, soal langganan YouTube premium sebaiknya juga diakses menggunakan perangkat PC atau laptop. Hal ini dikarenakan fiturnya yang jauh lebih lengkap daripada di YouTube versi hp. Usahakan untuk menggunakan perangkat PC atau laptop untuk menghentikan langganan.

3. Buka YouTube.com/premium

Cara menonaktifkan YouTube premium selanjutnya adalah dengan membuka YouTube melalui browser PC atau laptop. Untuk masuk ke versi premium, pengguna bisa langsung mengetikkan https://www.youtube.com/premium di kolom pencarian alamat situs. Pengguna akan langsung terhubung ke layanan YouTube premium.

Pastikan juga pengguna melakukan login akun. Periksa kembali akun Google yang layanan YouTube premiumnya akan dinonaktifkan. Pengguna harus melakukan pemeriksaan ini agar tidak terjadi kesalahan dalam menonaktifkan layanan  premium.

Basca Juga : Cara Membuat Status Wa Lagu dari Youtube Agar Terlihat Menarik

4. Kelola Langganan

Pada tampilan awal situs ini, pengguna akan melihat tombol biru yang berada di tengah layar bertuliskan Kelola. Klik tombol tersebut untuk mengelola langganan YouTube. Kemudian, tampilan layar pengguna akan dialihkan ke pengaturan pengelolaan langganan YouTube premium. Pengguna bisa memeriksa kembali informasi data pribadi dan data pembayaran yang sudah dimasukkan.

Pada bagian ini, pengguna juga bisa memastikan kembali jenis langganan yang sedang digunakan oleh pelanggan. Jika jenis langganan adalah paket keluarga, maka layanan YouTube premium yang dinonaktifkan juga akan non-aktif  di perangkat lain yang menggunakan layanan tersebut.  Ini dikarenakan 5 akses yang tersedia terdaftar atas 1 subscription.

5. Nonaktifkan Layanan Premium

Tanggal berakhirnya langganan juga akan tercantum pada tampilan ini. Sebenarnya, jika tanggal langganan masih cukup lama, namun pengguna sedang tidak sering menggunakan layanan ini, pengguna bisa menggunakan alternatif lain untuk menjeda langganan. Layanan langganan akan dijeda sampai waktu yang pengguna inginkan. Rentang waktunya bisa mulai dari 1 hingga 6 bulan.

Untuk menonaktifkan langganan, tekan tombol Nonaktifkan yang tersedia di samping tanggal batas langganan. Selanjutnya, jika ditampilkan beberapa pilihan, pilih Lanjut membatalkan langganan. Namun jika pengguna ingin menjeda, tekan pilihan Jeda. Konfirmasi pilihan dengan menekan tombol Ya, Batalkan untuk menonaktifkan langganan YouTube premium.

Basca Juga : 5 Cara Mengatasi Youtube Yang Lemot Di Android Dengan Praktis

Itulah langkah-langkah dari cara menonaktifkan YouTube premium yang sangat mudah. Jika pengguna kesulitan untuk menonaktifkan langganan, periksa kembali riwayat tagihan Google atau Apple. Apabila riwayat langganan tidak bermasalah, hubungi YouTube help center untuk meminta bantuan.

 

 

Related posts