Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima

Ingin Mendaftar E-Form BRI, Inilah Cara Daftar E-Form BRI Supaya Diterima (1)

Salah satu pembangkit sektor ekonomi untuk negara Indonesia adalah pelaku UMKM. Namun adanya pandemi Covid-19, banyak pelaku UMKM yang membutuhkan bantuan. Untuk itu pemerintah memberikan program bantuan kepada pelaku UMKM. Bantuan tersebut bisa diajukan apabila sudah mendaftar melalui E-form BRI. Lantas bagaimana cara daftar E-Form BRI? Dalam ulasan ini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Apa Itu E-Form BRI

Sesuai Namanya, E-form BRI alias elektronik formulir BRI adalah sebuah formulir elektronik yang dimiliki Bank Rakyat Indonesia. Formulir tersebut ditujukan untuk penerima BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro atau lebih familiar dengan nama Bantuan Langsung Tunai alias BLT .Bantuan ini dikhususkan pelaku UMKM alias pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

Read More

Adanya E-form ini tentunya memudahkan pelaku UMKM dalam mengisi data hingga mengecek bantuan yang akan diterima. Tidak hanya itu, pelaku UMKM dapat membuat akun sendiri. Hal ini tentunya dapat membantu dalam rangka meminimalisir praktik korupsi dari bantuan tersebut. Bantuan yang diberikan pemerintah mengalami perubahan dalam jumlah dana yang diterima.

Baca Juga : Ingin Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Begini Caranya!

Hal ini bukan karena alasan, pasalnya pendaftar bantuan setiap tahun berbeda-beda. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai ratusan ribu lebih banyak. Tercatat pada tahun 2020 nilai bantuan mencapai Rp 2,4 juta rupiah, saat ini bantuan yang diterima nilainya turun drastis. Jumlah bantuan BPUM saat ini tidak lebih banyak dibandingkan tahun 2020. Saat ini pemerintah hanya memberikan setengahnya dari bantuan sebelumnya.

Dulu nilai bantuan adalah Rp 2,4 juta setiap orang. Nilai tersebut menurun signifikan karena jumlah pemohon bantuan sudah berlipat ganda. Dalam pencairannya, bantuan dari pemerintah untuk pelaku UMKM dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada 12,8 juta pelaku UMKM. Empat bulan pertama tahun 2021, pemerintah berhasil menyalurkan dana bantuan ke 6,7 juta penerima.

Total nilai bantuan ini mencapai angka yang sangat fantastis yaitu 6,2 triliun. Penerima bantuan dapat memastikan bantuannya sudah cair atau belum secara mandiri melalui E-form BRI UMKM yang bisa didapatkan ketika mendaftar. Jenis bantuan BUMP dibagi menjadi dua. Kelompok pertama adalah penerima bantuan UMKM yang pernah menerima di tahun sebelumnya. Kedua, adalah kelompok yang belum pernah mendaftar bantuan UMKM.

Cara Daftar E-form BRI Supaya Diterima

Penerima bantuan mengetahui cara daftar e-form BRI menjadi hal wajib bagi calon penerima bantuan. Banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara mendaftar e-form BRI, padahal tanpa mendaftar tentunya penerima tidak bisa mencairkan bantuan dari pemerintah. Berikut ini cara-cara mendaftar e-form BRI yang harus diketahui:

Baca Juga : Begini 10 Cara Membuka Pola HP yang Lupa, Mudah!

1. Siapkan Persyaratan Supaya Proses Pendaftaran Diterima

Tidak semua pendaftar dapat menerima bantuan dari pemerintah. Ada persyaratan dan kriteria yang harus terpenuhi. Sebaiknya, apabila calon penerima masih mampu, tidak perlu mendaftarkan diri untuk menerima bantuan UMKM. Untuk lebih jelasnya, pahami poin-poin di bawah ini!

  • Asli Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP dan KK).
  • Benar-benar pelaku usaha (melampirkan foto usahanya).
  • Memiliki SKU atau NIB.
  • Terbebas dari tanggungan KUR atau kredit lain di perbankan.
  • Tidak Bekerja di pemerintahan atau kedinasan baik Negara atau Daerah Persyaratan dan kriteria di atas diberikan oleh pemerintah kepada calon penerima bukan tanpa alasan.

Tujuan pemerintah adalah supaya bantuan yang disalurkan tepat sasaran, sehingga tidak ada yang merasa bahwa pemerintah tidak adil. Sebaiknya gunakan bantuan tersebut dengan hati-hati dan sebaik mungkin.

2. Lakukan Proses Pendaftaran Secara Benar

Ada beberapa cara untuk proses pendaftaran bantuan. Salah satunya adalah melalui e-form BRI untuk pengguna bank BRI. Prosesnya juga terbilang sangat mudah dan mudah dipahami oleh siapa saja. Nah, berikut ini urutan cara daftar e-form BRI dengan benar:

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

  • Buka website dengan alamat link eform.bri.co.id/bpum (dapat diakses melalui Komputer maupun HP).
  • Pilih pendaftaran kemudian klik garis tiga di bagian pojok kanan atas halaman website.
  • Klik registrasi untuk memulai proses pendaftaran.
  • Pilih buka rekening.
  • Isi semua formulir yang tersedia.
  • Selesai
  • Setelah semua formulir terisi, akan muncul nomor referensi. Catat nomor referensi tersebut (nanti digunakan untuk mencairkan bantuan ke Bank BRI atau secara online).

Proses pendaftaran selesai, tunggu hingga waktu yang dijanjikan pemerintah. Biasanya ada beberapa tahap atau gelombang pencairan. Sabarlah menunggu, namun biasanya pencairan tidak berlangsung lama. Semua tergantung jumlah antrian waktu pendaftaran.

Cara Cek Daftar E-Form BRI Diterima Atau Tidak

Setelah melakukan serangkaian cara daftar e-form BRI, calon penerima harus mengecek apakah pengajuannya di terima atau tidak. Cara cek bantuan tidaklah sulit apabila sudah membaca artikel ini. Berikut cara cek bantuan yang telah diajukan sebelumnya :

1. E-Form BRI Diterima

Proses daftar e-form BRI hanya akan menghasilkan dua kemungkinan antara diterima atau ditolak. Kemungkinan akan diterima apabila sudah mengikuti cara daftar e-form BRI dengan benar. Berikut ini cara cek e-form BRI apabila diterima :

Baca Juga : Yuk Simak Ulasan Cara Membuat Linktree Di Instagram

  • Buka link e-form BRI melalui website resminya (bisa kunjungi eformbri.co.id).
  • Pilih menu BPUM setelah masuk pada halaman utama web.
  • Setelah itu akan keluar kolom untuk Cek Penerima BPUM UMKM, isikan dengan nomor KTP dan kode verifikasi.
  • selanjutnya proses, tunggu beberapa saat hingga keluar notifikasi bahwa layak menerima bantuan atau tidak.

Apabila pendaftaran diterima, maka akan muncul tulisan “selamat pendaftaran diterima”. Kini pendaftar hanya tinggal menunggu bantuan tersebut dicairkan. Biasanya sesuai dengan antrian dan bertahap sesuai ketentuan pemerintah.

2. E-Form BRI Ditolak

Proses daftar e-form BRI hanya akan menghasilkan dua kemungkinan antara diterima atau ditolak. Kemungkinan akan diterima apabila sudah mengikuti cara daftar e-form BRI dengan benar. Berikut ini cara cek e-form BRI apabila diterima :

  • Buka link e-form BRI melalui website resminya (bisa kunjungi alamat eform.bri.co.id).
  • Pilih menu BPUM setelah masuk pada halaman utama web.
  • Setelah itu akan keluar kolom untuk Cek Penerima BPUM UMKM, isikan dengan nomor KTP dan kode verifikasi.
  • selanjutnya proses, tunggu beberapa saat hingga keluar notifikasi bahwa layak menerima bantuan atau tidak.

Apabila pendaftaran tidak diterima, maka tidak akan muncul tulisan “selamat pendaftaran diterima”. Evaluasi kembali kenapa pendaftaran tidak diterima, pastikan sudah terisi lengkap. Selain itu pastikan bahwa sesuai persyaratan yang diwajibkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Inilah Keunggulan Serta Langkah Cara Flash Android Qualcomm Terbaru

Gunakan sesuai kebutuhan mengembangkan usaha. Jangan pernah menyalahgunakan bantuan yang diberikan karena akan berdampak dengan usaha yang dijalani. Banyak juga orang yang belum tentu memiliki kesempatan mendapat bantuan BPUM UMKM. Setelah membaca artikel ini tentunya pembaca lebih paham mengenai E-Form Bank Rakyat Indonesia dan cara daftar E-Form BRI.

Perlu digaris bawahi bahwa bantuan untuk BPUM UMKM tidak hanya bisa diakses melalui Bank BRI. Calon penerima bisa menggunakan metode lain untuk mengakses hingga menerima bantuan tersebut. Bisa menggunakan Bank BNI dan Kantor Pos, namun caranya pasti berbeda dengan cara daftar e-form BRI.

Search term : eform bri co id bpum, e form bri, cek e-form bri, eform bri co id bpum pakai ktp, e-form bri co id umkm

Related posts